Analisis Kesuksesan E-Commerce Shopee di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Delone & MClean Is Success Model (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Tanjungpura)

Syarifah Zella AlQadrie, Dian Prawira, Ilhamsyah Ilhamsyah

Sari


Shopee menjadi marketplace dengan kunjungan harian terbanyak pada Desember 2021 yaitu 33,27 juta kali di dominasi umur 20 - 24 tahun menurut survei Jakpat. Jika dikategorikan, usia ini masuk kalangan mahasiswa/pekerja. Universitas Tanjungpura memiliki populasi mahasiswa sebesar 35.231 pada tahun 2021. Banyak mahasiswa belum memanfaatkan peluang bisnis di Shopee karena minimnya pengetahuan. Dengan diadakannya penelitian ini diharapkan bisa memberikan rekomendasi dan informasi kesuksesan Shopee sehingga menarik minat pengguna. Delone & Mclean IS Success Model memiliki enam variabel yaitu kualitas informasi (KI), kualitas sistem (KS), kualitas layanan (KP), penggunaan (P), kepuasan pengguna (K), dan manfaat bersih (MB) untuk mengukur kesuksesan. 100 data responden mahasiswa UNTAN dianalisis dengan Multiple Linear Regression diperoleh lewat penyebaran kuesioner. Terdapat 10 hipotesis hubungan antar variabel pada penelitian ini dengan hasil pengujian menyatakan lima hubungan berpengaruh signifikan yaitu kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna sebesar 27,1%, kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna sebesar 21%, penggunaan terhadap kepuasan pengguna sebesar 42,6%, kepuasan pengguna terhadap penggunaan sebesar 62,8%, dan kepuasan pengguna terhadap manfaat bersih sebesar 59,7%.

Kata Kunci


Delone & Mclean IS Success Model; Multiple Linear Regression; Shopee

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Electric, S. (2022). Penguatan Infrastruktur

Digital Dukung E-Commerce Lebih

Sustain

https://www.ojk.go.id/ojkinstitute/0/news/read/855/penguataninfrastruktur-digital-dukung-ecommerce-lebih-sustain

Cashman, S. (2011). Discovering Computers –

Fundamentals, 2011 Edition. In Course

Technology

Uli. (2021). Konsumen Belanja Online RI

Melonjak 88 Persen Pada 2021.

https://www.cnnindonesia.com/ekono

mi/20211229141536-92-

/konsumen-belanja-online-rimelonjak-88-persen-pada-2021

Putri, A & Zakaria, R. (2020). Analisis

Pemetaan E-commerce Terbesar Di

Indonesia Berdasarkan Model Kekuatan

Ekonomi Digital. Seminar dan

Konferensi Nasional IDEC 2020.

Darmawan, E. (2022). Hasil Riset Ipsos: Shopee

Jadi E-commerce yang Paling Banyak

Digunakan Pada 2021.

https://money.kompas.com/read/2022

/01/31/204500426/hasil-riset-ipsosshopee-jadi-e-commerce-yang-palingbanyak-digunakan-pada?page=all




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v10i2.13389

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v10i2.13389.g5712

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta