SISTEM INFORMASI PIUTANG SEWA TEMPAT BERBASIS VB.NET PADA PT GALUH CITARUM KARAWANG

Arif Maulana Yusuf, Indaryono Indaryono, Hasmizal Hasmizal, Apit Priatna

Sari


Intisari Aktifitas piutang sewa tempat PT GALUH CITARUM KARAWANG adalah perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan atau jasa pusat perbelanjaan umum. Untuk meningkatkan dana perusahaan, diberlakukan kepada setiap tenant yang melakukan sewa tempat secara kredit yang diharapkan dalam kurun waktu beberapa bulan, dana-dana yang diperoleh ini dapat memperbesar pendapatan perusahaan. Metodelogi yang digunakan dalam tugas akhir ini meliputi Analisa Sistem, Perancangan Sistem, dan Implementasi Sistem. Analisa Sistem dalam bahasa, hal ini meliputi Analisa Sistem yang berjalan dan analisa masalah serta solusi. Perancangan Sistem meliputi Perancangan Masukan, Keluaran, Proses dan Database. Sedangkan Metode Implementasi Sistem meliputi penyusunan program dan tes program. Dalam piutang sewa tempat ini secara administratif belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik. Seperti aktivitas pencatatan data sewa tempat ini masih ditemukan adanya kendala seperti pembuatan laporan pencatatan piutang dilakukan dengan merekap data pada buku piutang. Berdasarkan permasalan tersebut diatas, penulis berpendapat bahwa untuk mengatasi permasalahan yang terjadi tersebut, perlu dirancang dan diimplementasikan suatu sistem yang terintegrasi antar fungsi-fungsi yang terkait dalam perusahaan, dengan menggunakan microsoft visual basic.net 2008 dan SQL Server 2005 sebagai databasenya. Dengan menerapan sistem ini diharapkan akan dapat bermanfaat bagi perusahaan dalam operasionalnya dimasa yang akan datang.


Kata Kunci


Piutang, Sistem, Data, VB.Net.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


(Rosa & Shalahuddin). (2016). Penerapan Metode Waterfall Dalam Sistem Informasi Registrasi Pendakian Gunung Sindoro Berbasis Web. Sistem Informasi Pendakian Gunung Sindore.

Asfali, I. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Aktivitas, Pertumbuhann Penjualan Terhadap Financial Distress Perusahaan Kimia Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen.

Bastian, I., Winardi, R. D., & Fatmawati, D. (2018). Metoda Wawancara. Metoda Pengumpulan Dan Teknik Analisis Data.

Dits Prasanti, D. R. F. (2018). Penelitian Studi Kepustakaan. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas.

Dr. Harnovinsah, A. (2019). Modul 3 Metode Pengumpulan Data. Metodologi Penelitian.

Fauzia, K. (2020). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Piutang Usaha Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL. Jurnal Tekno Kompak. https://doi.org/10.33365/jtk.v14i2.746

Gulo, C., Syahputri, N., & Puspita, K. (2018). Sistem Informasi Akuntansi Piutang Nasabah Menggunakan Metode Cadangan ( Allowace ). Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi 2018.

Khasanah, A. (2019). Observasi. METODE PENELITIAN.

Rachmawati, T. (2016). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian. 25 Febuari.

Rosa A.S, M. S. (2016). Rosa A.S, M. S. (2016). Model Waterfall. 2016. Bandung: Informatika.Model Waterfall. 2016.

Tumalun, L. T., & Pangerapan, S. (2019). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit Di Pt Nusantara Sakti Cabang Manado Analysis of Credit Sales Accounting Information System At Pt Nusantara. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit Di Pt Nusantara Sakti Cabang Manado Analysis.




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v10i1.10439

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v10i1.10439.g5473

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta