SISTEM INFORMASI TUTEP DAN TOEFL ITP ONLINE PADA UPT BAHASA UNIVERSITAS TANJUNGPURA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

Edwin Rianto, Ilham Syah, Dwi Marisa Midyanti

Sari


Intisari - Telah dirancang dan dibangun Sistem Informasi Pendaftaran TUTEP dan TOEFL ITP pada UPT Bahasa Universitas Tanjungpura berbasis web menggunakan framework laravel. Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design, dimulai dengan melakukan penyebaran kepada Staff UPT Bahasa Universitas Tanjungpura, Dosen,Mahasiswa, dan operator untuk mengumpulkan kebutuhan untuk membangun sistem. Dilakukan pengujian fungsionalitas sistem yang dilakukan kepada pihak Staff UPT Bahasa Untan untuk mengukur sistem yang dibangun dapat berjalan sesuai fungsi yang telah dirancang. Dari hasil pengujian antarmuka sistem untuk mengukur tingkat penerimaan pengguna terhadap sistem diperoleh persentase 78,95% Sistem dibangun sudah diterima oleh pengguna.

Kata Kunci


Sistem Informasi;Test TOEFL/TUTEP;User Centered Design

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Husna, A. (2012). Penerapan Metode User Centered Design Pada Aplikasi Katalog Wisata Kuliner Berbasis Web: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rahman, N. (2018). Implementasi User Centred Design Pada Pengembangan Gim Matematika Berbasis Desktop Bagi Siswa Sd Negeri 1 Candiwulan : Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia .

Nugroho. (2010). Pengantar UML. Yogyakarta: Andi.

UPT Bahasa UNTAN, 2020, TOEFL Predicition Untan. Retrieved from UPT Bahasa Untan: diakses pada 20 Maret 2020 http://uptbahasauntan.ac.id/toefl-prediciton-untan.

Williams, A. (2009). User Centered Design Activity Centered Design and Goal Directed Design: A Review of Three Methods For Designing Web Applications.

Yunus, A. I. (2018). Perancangan User Interface dan User Experience Pada Aplikasi Siakad dengan Menggunakan Metode User Centered Design pada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya : Fakultas Teknologi dan Informatika Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v9i1.10015

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v9i1.10015.g4870

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta