Faktor Eksternal Dan Internal Dalam Pengembangan Daya Tarik Wisata Taman Buah Kusuma Agrowisata Kabupaten Batu Malang

Hesti Purwaningrum

Sari


Abstrak

 

Faktor yang mempengaruhi strategi pengembangan Kusuma Agrowisata di Batu Malang adalah pengembangan tempat wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis faktor eksternal dan internal dalam bentuk kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancamannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan fenomena sosial dan alam secara sistematis, faktual dan akurat sehingga dapat menganalisis faktor internal dan eksternal sebagai kekuatan ataupun kelemahan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa faktor eksternal yang ditemukan meliputi sifat, ekonomi, teknologi, regulasi, politik, persaingan pasar dan faktor internal seperti tanah, produk harga, distribusi, sumber daya, modal dapat menjadi peluang dan kekuatan dalam pengembangan daya tarik wisata di Kabupaten Batu, Malang.

 

Kata kunci: faktor eksternal, faktor internal, agrowisata.

 

External And Internal Factors In The Development  Of Tourism For Kusuma Agrowisata,

Batu Malang District

 

Abstract

 

Factors that influence the development strategy of Kusuma Agro-tourism in Batu Malang are the development of tourist attractions. This research aims to determine the analysis of external and internal factors in the form of strengths and weaknesses as well as opportunities and threats. This study uses a qualitative descriptive method, namely research that aims to describe social and natural phenomena systematically, factually and accurately so that it can analyze internal and external factors as strengths or weaknesses. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the external factors found include nature, economy, technology, regulation, politics, market competition and internal factors such as land, product prices, distribution, resources, capital can be opportunities and strengths in the development of tourist attractions. in Batu, Malang.

 

Keywords: external factor, internal factor, agrotourism


Kata Kunci


Pariwisata, Agrowisata

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Yoeti, O.A. (2003).Tours And Travel Marketting. Jakarta: Pradnya Paramita.

Damanik, Janianton Dan Helmut F. Weber. (2006).Perencanaan Ekowisata:Dari Teori Ke Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Salindri, Yerika Ayu. (2015). Tingkat Kepuasan Wisatawan Pada Aktivitas Wisata Arung Jeram Sungai Serayu. Yogyakarta: Sekolah PascasarjanaUniversitas Gadjah Mada. (Tesis)

Sutjipta, I Nyoman. (2001). Agrowisata. Badung: Universitas UdayanaMagister Manajemn Agribisnis.(Diktat)

Rilla, E. (1999).Bring The City & County Together. California Coast And Ocean. Vol. 15, No. 2. 10p.

Utama, I Gusti Bagus Rai. (2011). Agrowisata Sebagai Pariwisata Alternatif. Badung: Universitas Dhyana Pura Bali. Dalam Https://Www.Researchgate.Net/Publication/277074027_Agrowisata_Sebagai_Pariwisata_Alternatif diunduh pada 4 Agustus 2019 pkl 11.41 WIB.

Marpaung, Happy. (2002).Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v11i2.8855

====================================================================

Terbit setiap bulan Maret & September, ISSN : 2087-0086 (print), 2655-5433 (online)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License