Pengaruh Sarana Dan Prasarana Pendukung Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Umbul Ponggok, Klaten

Amin Kiswantoro, Dwiyono Rudi Susanto

Sari


Abstract-- This study aims to examine the effect of innovation in infrastructure on visitor satisfaction at Ponggok Umbul tourist attraction, Klaten. The research method used is quantitative descriptive analysis method. The data collection technique is carried out through questionnaires using non probability sampling techniques to 100 respondents in Umbul Ponggok tourism object, with taking using incidental sampling techniques. The collected data is tabulated and then analyzed using simple linear regression analysis. From the results of calculations using SPSS 16, the results show that infrastructure facilities have an influence on the satisfaction of tourists visiting Umbul Ponggok with a value of 5.78%, and 94.22% influenced by other variables not examined in this study. And from the results of the T test it is known that the significance results are 0.016 or <from the probability value of 0.05, this result shows that the innovation of infrastructure means has a significant effect on visitor satisfaction at the Ponggok Umbul attraction, Klaten.

 

Keywords: Tourist Satisfaction, Infrastructure Innovation, Umbul Ponggok

 

Abstrak-- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi sarana dan prasarana terhadap kepuasan wisatawan di objek wisata Umbul Ponggok, Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner menggunakan teknik non probability sampling untuk 100 responden di objek wisata Umbul Ponggok, dengan pengambilan menggunakan teknik sampling insidental. Data yang dikumpulkan ditabulasi dan kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil perhitungan menggunakan SPSS 16, hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas sarana dan prasarana memiliki pengaruh terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Umbul Ponggok dengan nilai 5,78%, dan 94,22% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dan dari hasil uji T diketahui bahwa hasil signifikansi 0,016 atau < dari nilai probabilitas 0,05, hasil ini menunjukkan bahwa inovasi sarana dan prasarana memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengunjung di objek wisata Umbul Ponggok, Klaten.

 

Kata kunci: Kepuasan Wisatawan, Inovasi Sarana dan Prasarana, Umbul Ponggok


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ellitan, Lena&Anatan. (2009). MANAJEMEN INOVASI : Transformasi Menuju Organisasi Kelas Dunia. Bandung : Alfabeta.

Maria, Sylvia et.al. (2002). Hubungan Citra toko dengan kepuasan konsumen

pada pasar swalayan BP Surabaya. Unitas Vol 11 No. 1

Ratnasari, Ririn & Aksa, Mastuti. (2011). Manajemen Pemasaran. Bogor:Jasa Ghalia Indonesia.

Suchaina. (2014). Pengaruh Kualitas Fasilitas Sarana Dan Prasarana Terhadap

Peningkatan Jumlah Pengunjung Wisata Danau Ranu Grati. STKIP PGRI pasuruan.

Sukarmen et.al. (2013). Analisis pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan

Konsumen dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Gula Pasir Sebelas (GUPALAS) Pabrik Gula Semboro PTPN XI (PERSERO). JEAM vol XII No. 1/2013.

Sunyoto, Danang. (2013). Teori, Kuesioner, &Analisis Data. Yogjakarta:

Graha Ilmu Suryani, Tati.(2008). Perilaku Konsumen. Jogyakarta: Graha Ilmu.

Veri et.al. Pengaruh Diferensiasi, Variasi, dan Inovasi Terhadap Kepuasan

Konsumen Melalui Keunggulan Bersaing Pada Produk Edamame PT. Mitratani 27 Jember. UNEJ. E-journal Ekonomi dan Akutansi.

Yoeti, A. Yoeka. (2012) .Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v10i2.6373