Strategi Pengembangan Pantai Pengklik Sebagai Tujuan Wisata Alternatif Di Kabupaten Bantul

I Putu Hardani HD

Sari


Abstract - Bantul Regency is one of 5 (five) districts in Yogyakarta. Tourism located in Bantul is currently growing rapidly, one of the tourist destinations are much in demand by tourists when traveling to Bantul is a beach tour. However, many tourists who visit the beaches are famous only while a lot of beach tourism that has not been famous that basically has the same charm with the beaches. One of them is Pengklik Beach located in Bantul Regency. Therefore the researchers are interested to conduct research with the title "Strategy Development Pengklik Beach As Alternative Tourism Destination In Bantul". The research method used in this research is using qualitative method. The collecting technique used is interview, observation, and documentation, while in data analysis method the researcher uses data reduction, data display, conclusion and also using SWOT analysis method. The research results show that the Department of Tourism so far only acts as a companion, has not seen the efforts made by the Department of Tourism in terms of coastal development, especially for infrastructure development in Pengklik Beach, the existing infrastructure built there by the beach manager whose funds derived from tourism conscious from central government, development. From the results of socialization analysis of the government is very influential for the progress tourism conscious group existing there, the promotion made from the tourism conscious group can be one way for Pengklik Beach can be an alternative tourism destination in Bantul and increase tourist visits. In addition to optimizing the existing attractions in Pengklik Beach can be a special attraction so that the level of tourist visits can increase and become  alternative destination of tourism.

Keywords: Strategy, Development, Pengklik Beach

 

Abstrak - Kabupaten Bantul adalah satu dari 5 (lima) kabupaten di Yogyakarta. Pariwisata yang terletak di Bantul saat ini berkembang pesat, salah satu tujuan wisata yang banyak diminati oleh wisatawan ketika bepergian ke Bantul adalah wisata pantai. Namun, banyak wisatawan yang mengunjungi pantai hanya terkenal sementara banyak wisata pantai yang belum terkenal yang pada dasarnya memiliki pesona yang sama dengan pantai. Salah satunya adalah Pantai Pengklik yang terletak di Kabupaten Bantul. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul "Strategi Pengembangan Pantai Pengklik Sebagai Destinasi Wisata Alternatif Di Bantul". Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan dalam metode analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan juga menggunakan metode analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Departemen Pariwisata sejauh ini hanya bertindak sebagai pendamping, belum melihat upaya yang dilakukan oleh Departemen Pariwisata dalam hal pengembangan pantai, terutama untuk pembangunan infrastruktur di Pantai Pengklik, infrastruktur yang ada dibangun di tepi pantai. Manajer yang dana berasal dari pariwisata sadar dari pemerintah pusat, pengembangan. Dari hasil analisis sosialisasi pemerintah sangat berpengaruh terhadap kemajuan kelompok sadar pariwisata yang ada di sana, promosi yang dilakukan oleh kelompok sadar wisata dapat menjadi salah satu cara agar Pantai Pengklik dapat menjadi alternatif tujuan wisata di Bantul dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Selain mengoptimalkan objek wisata yang ada di Pantai Pengklik dapat menjadi daya tarik khusus sehingga tingkat kunjungan wisatawan dapat meningkat dan menjadi alternatif tujuan wisata.

Kata kunci: Strategi, Pengembangan, Pantai Pengklik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Undang-Undang Republik Indonesia No 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

Effendy dan Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Yoeti, Oka A. 2008. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita.

Yulianto, Atun. 2017. Analisis Objek Daya Tarik Wisata Favorit Berdasarkan Jumlah Pengunjung Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Media Wisata, Volume 15 Nomor 2 November 2017. Yogyakarta : STP AMPTA Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v10i2.6372

====================================================================

Terbit setiap bulan Maret & September, ISSN : 2655-5433 (online)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License