Pengaruh Kualitas Restoran Terhadap Kepuasan Pelanggan Cengkir Heritage Resto And Coffe
Sari
Keyword: Restaurant quality, customer satisfaction.
Abstraks – Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas restoran terhadap kepuasan pelanggan. Subyek penelitian adalah pengunjung restoran Cengkir Heritage Resto and Coffe Yogyakarta. Penelitian ini mengembangkan suatu model teoritis dengan membuat tiga hipotesis yang akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) melalui program aplikasi AMOS 18. Metode survei yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner kepada 120 responden. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling, yaitu responden dipilih secara acak sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas restoran yang terdiri dari kualitas pelayanan, kualitas makanan dan physical environment berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.
Kata kunci: Kualitas restoran, kepuasan pelanggan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Canny, I. (2014), “Measuring the Mediating Role of Dining Experience Attributes on Customer Satisfaction and its Impact on Behavioral Intentions of Casual Dining Restaurant In Jakarta”. International Journal of Innovation, Management and Technology, Vol 5, No.1, 25-29.
Gagic, S., Tesanovic, D.,Jovicic, A. (2013), “The Vital Components of Restaurant Quality that Affect Guest Satisfaction. TURIZAM, Vol 17, No.4, 166-176.
Irawan, H. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kanta, K., Srivalli, P. (2014), “A Study on Service Quality in Indian Restaurants with Decision and Experiential-Oriented Perspectives”. International Journal of Research and Development-A Management Review, Vol. 3, No.1, 16-24.
Kotler, Philip. (2007). Manajemen Pemasaran. Terjemahan. Edisi 10. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Terjemahan. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Malik, H., Jaswal, L., Malik, S., Awan, T. (2013), “Measuring Service Quality Perceptions of The Customers of Restaurants in Pakistan”. International Journal for Quality Research, Vol. 7, No.2, 187-200.
Pecotic, M., Bazdan, V., Samardzija, J. (2014), “Interior Design in Restaurants as a Factor Influencing Customer Satisfaction”. RIThink, 4, 10-14.
Saglik, E., Gulluce, A., Kaya, U., Ozhan, C. (2014), ”Service Quality and Customer Satisfaction Relationship: A Research in Erzurum Ataturk University Refectory”. American International Journal of Contemporary Research, Vol. 4, No.1, 100-117.
Saraiva, M., Cid, M., Baiao, C. (2011), “The Degree of Customer Satisfaction in University Restaurants: The case of the University of Evora in Portugal”. Proceedings of EDULEARN 11 Conference, 4-6 July 2011, Barcelona, Spain.
Schiffman, Leon. G dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi ke-7, Penerbit Diterjemahkan oleh Zoelkifi Kasip.Jakarta. PT. Indeks.
Sugiarto, E. (1999). Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tat, H., Sook-Min, S., Ai-Chin, T., Rasli, A., Hamid, A.A. (2011), ”Consumer’s Purchase Intention in Fast Food Restaurants: An Empirical Study on Undergraduate Students”. The Special Issue on Contemporary Issues in Business and Economics, 2(5), 214-221.
Tjiptono, F. (2003). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta. Andi.
WA, Marsum (1994). Restoran dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta, Andi.
DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v10i1.5639