Pengaruh Inovasi Dan Pengambilan Risiko Terhadap Perkembangan Wirausaha Muda Dalam Bidang Kuliner Di Wilayah Binong Tangerang

Juliana Juliana

Sari


Abstract - This research was conducted to find out whether there is a significant influence between the variables of innovation and risk taking on the development of young entrepreneurs who run their businesses in the culinary field in the Binong area of Tangerang. The population of this study is young entrepreneurs in the culinary field in the Binong area of Tangerang. The sampling method is done by purposive sampling technique. The method of data collection is done by questionnaire method by giving questionnaires to 50 respondents. All data analysis techniques use the IBM SPSS Statistics 22 program. Test assumptions have shown that all data has passed the assumption requirements. Based on the results of the partial t test, it shows a hypothesis that the innovation variable is not significant to the development of young entrepreneurs who run culinary businesses in the Binong area of Tangerang. Whereas the risk taking variable has a significant influence on the development of young entrepreneurs who run culinary businesses in the Binong area of Tangerang.

Keywords: Innovation, risk taking, entrepreneur,culinary

Abstrak - Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel inovasi dan pengambilan risiko terhadap perkembangan wirausaha muda yang menjalankan usahanya dalam bidang kuliner wilayah Binong Tangerang. Populasi dari penelitian ini adalah wirausaha muda di bidang kuliner yang berada di wilayah Binong Tangerang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel tak acak bertujuan (Purposive sampling). Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode angket / kuesioner dengan memberikan kuesioner kepada 50 responden. Semua teknik analisis data menggunakan program IBM SPSS Statistics 22. Uji asumsi telah menunjukkan bahwa seluruh data telah lolos dari persyaratan asumsi. Berdasarkan hasil dari uji t parsial menunjukkan sebuah hipotesis bahwa variabel inovasi tidak signifikan terhadap perkembangan wirausaha muda yang menjalankan usaha kuliner di wilayah Binong Tangerang. Sedangkan untuk variabel pengambilan risiko memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan wirausaha muda yang menjalankan usaha kuliner di wilayah Binong Tangerang.

Kata Kunci : Inovasi, pengambilan risiko,wirausaha, kuliner

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bayraktaroglu. S, Kutanis. R.O. (2015). Testing Hypotheses Of Entrepreneurial Characteristics: A Cross Cultural Perspective. Sakarya University, Turkey.

Behroozi. M. (2012). Survey on University Role in Preparation Graduated Students in to Entrepreneurs Universities Towards a Conceptual Framework: Iran's Perspective, Procedia-Social and Behavioral Sciences. 46, 2414-2418.

Bustami, Bernadien, Nurlela, Sandra, Ferry. (2007). Mari Membangun Usaha Mandiri. Pedoman Praktis Bagi UKM. Penerbit: Graha Ilmu Yogyakarta.

David and Cromie, S. (2008). Relation Marketing Entrepreneur and Bussines Performance. Journal SMEs: Marketing Entrepreneur, Vol. 4, No. 1.

Dewi. R. S. (2013). Pengaruh Faktor Modal Psikologis, Karakteristik Entrepreneur, Inovasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Dan Karakteristik UKM Terhadap Perkembangan Usaha Pedagang Di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pada Pedagang Sembako Dan Snack Di Pasar Peterongan). Jurnal Administrasi Bisnis, 2 (1).

Djojosoedarso, S. (2003). Prinsip-Prinsip Manajemen Risiko dan Asuransi. Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Hadiyati. (2010). Pemasaran Untuk UMKM (Teori dan Aplikasi). Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Penerbit: Bayumedia Publishing, Malang

Hatta, I. H. (2014). Analisis Pengaruh Inovasi, Pengambilan Risiko, Otonomi, Dan Reaksi Proaktif Terhadap Kapabilitas Pemasaran UKM Kuliner Daerah Di JABODETABEK. Jurnal manajemen Pemasaran, 8(2), 90-96

Kasali, Rhenald., Nasution, Hakim Nasution,. , Purnomo, Boyke R., et. al. (2010). Modul Kewirausahaan Untuk Program Strata I. Penerbit: Hikmah

Kearney. Claudine., Hisrich. Robert D. (2013). Managing Innovation And Entrepreneurship. Penerbit: ASA Bookstore

Kotler, Philip. & Gary Amstrong. (2006). Principles Of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Larsen, P. & A. Lewis. (2007). How Award Winning SMEs Manage The Barriers to Innovation, Journal Creativity and Innovation Management, page: 141-151.

Litbang “Kompas” / IWN, disarikan dari laman kementrian koperasi dan UKM, Kompas. Com, dan sumber lain.

Malhotra, N. K. (2010). Marketing research. An applied orientation. New Jersey: Prentice Hall International Editions.

Nur Shabrina Oktarilis. (2012). Pengaruh Faktor-Faktor Yang Dapat Memotivasi Mahasiswa Berkeinginan Wirausaha. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, Universitas Gunadarma

Purwanti, Endang.2012 . Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. STIE AMA Salatiga.Among Makarti, Vol.5 No.9, Juli 2012

Pratiwi, Putri Eliza. (2013). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Universitas Pendidikan Indonesia). Universitas Pendidikan Indonesia.

Robbins, Stephen P. & Coulter, Mary. (2010). Manajemen (Edisi Kesepuluh). Jakarta : Erlangga.

Sugiyono, Dr., Prof., (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sekaran,Uma & Bougie, Roger.2016. Research Method for Business A Skill Building Approach. United Kingdom:John Wiley&Sons Ltd.

Tama, Angki adi. (2010). Analisis Faktor-faktor yang Memotivasi Mahasiswa Berkeinginan Menjadi Entrepreneur. Jurnal Universitas Diponogoro. 2(6). h. 20-32.

Timmons, Jeffry A. (2008). New Venture Creation : Entrepreneurship For The 21st Century (Edisi 6). Penerbit: Andi, Yogyakarta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

www.readersdigest.co.id/investasi-dan-bisnis/pentingnya+inovasi+dalam+bisnis




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v10i1.5623