Pengaruh Inovasi Dan Pengambilan Risiko Terhadap Perkembangan Wirausaha Muda Dalam Bidang Kuliner Di Wilayah Binong Tangerang
Sari
Keywords: Innovation, risk taking, entrepreneur,culinary
Abstrak - Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel inovasi dan pengambilan risiko terhadap perkembangan wirausaha muda yang menjalankan usahanya dalam bidang kuliner wilayah Binong Tangerang. Populasi dari penelitian ini adalah wirausaha muda di bidang kuliner yang berada di wilayah Binong Tangerang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel tak acak bertujuan (Purposive sampling). Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode angket / kuesioner dengan memberikan kuesioner kepada 50 responden. Semua teknik analisis data menggunakan program IBM SPSS Statistics 22. Uji asumsi telah menunjukkan bahwa seluruh data telah lolos dari persyaratan asumsi. Berdasarkan hasil dari uji t parsial menunjukkan sebuah hipotesis bahwa variabel inovasi tidak signifikan terhadap perkembangan wirausaha muda yang menjalankan usaha kuliner di wilayah Binong Tangerang. Sedangkan untuk variabel pengambilan risiko memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan wirausaha muda yang menjalankan usaha kuliner di wilayah Binong Tangerang.
Kata Kunci : Inovasi, pengambilan risiko,wirausaha, kuliner
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bayraktaroglu. S, Kutanis. R.O. (2015). Testing Hypotheses Of Entrepreneurial Characteristics: A Cross Cultural Perspective. Sakarya University, Turkey.
Behroozi. M. (2012). Survey on University Role in Preparation Graduated Students in to Entrepreneurs Universities Towards a Conceptual Framework: Iran's Perspective, Procedia-Social and Behavioral Sciences. 46, 2414-2418.
Bustami, Bernadien, Nurlela, Sandra, Ferry. (2007). Mari Membangun Usaha Mandiri. Pedoman Praktis Bagi UKM. Penerbit: Graha Ilmu Yogyakarta.
David and Cromie, S. (2008). Relation Marketing Entrepreneur and Bussines Performance. Journal SMEs: Marketing Entrepreneur, Vol. 4, No. 1.
Dewi. R. S. (2013). Pengaruh Faktor Modal Psikologis, Karakteristik Entrepreneur, Inovasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Dan Karakteristik UKM Terhadap Perkembangan Usaha Pedagang Di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pada Pedagang Sembako Dan Snack Di Pasar Peterongan). Jurnal Administrasi Bisnis, 2 (1).
Djojosoedarso, S. (2003). Prinsip-Prinsip Manajemen Risiko dan Asuransi. Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.
Hadiyati. (2010). Pemasaran Untuk UMKM (Teori dan Aplikasi). Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Penerbit: Bayumedia Publishing, Malang
Hatta, I. H. (2014). Analisis Pengaruh Inovasi, Pengambilan Risiko, Otonomi, Dan Reaksi Proaktif Terhadap Kapabilitas Pemasaran UKM Kuliner Daerah Di JABODETABEK. Jurnal manajemen Pemasaran, 8(2), 90-96
Kasali, Rhenald., Nasution, Hakim Nasution,. , Purnomo, Boyke R., et. al. (2010). Modul Kewirausahaan Untuk Program Strata I. Penerbit: Hikmah
Kearney. Claudine., Hisrich. Robert D. (2013). Managing Innovation And Entrepreneurship. Penerbit: ASA Bookstore
Kotler, Philip. & Gary Amstrong. (2006). Principles Of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Larsen, P. & A. Lewis. (2007). How Award Winning SMEs Manage The Barriers to Innovation, Journal Creativity and Innovation Management, page: 141-151.
Litbang “Kompas” / IWN, disarikan dari laman kementrian koperasi dan UKM, Kompas. Com, dan sumber lain.
Malhotra, N. K. (2010). Marketing research. An applied orientation. New Jersey: Prentice Hall International Editions.
Nur Shabrina Oktarilis. (2012). Pengaruh Faktor-Faktor Yang Dapat Memotivasi Mahasiswa Berkeinginan Wirausaha. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, Universitas Gunadarma
Purwanti, Endang.2012 . Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. STIE AMA Salatiga.Among Makarti, Vol.5 No.9, Juli 2012
Pratiwi, Putri Eliza. (2013). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Universitas Pendidikan Indonesia). Universitas Pendidikan Indonesia.
Robbins, Stephen P. & Coulter, Mary. (2010). Manajemen (Edisi Kesepuluh). Jakarta : Erlangga.
Sugiyono, Dr., Prof., (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sekaran,Uma & Bougie, Roger.2016. Research Method for Business A Skill Building Approach. United Kingdom:John Wiley&Sons Ltd.
Tama, Angki adi. (2010). Analisis Faktor-faktor yang Memotivasi Mahasiswa Berkeinginan Menjadi Entrepreneur. Jurnal Universitas Diponogoro. 2(6). h. 20-32.
Timmons, Jeffry A. (2008). New Venture Creation : Entrepreneurship For The 21st Century (Edisi 6). Penerbit: Andi, Yogyakarta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi
www.readersdigest.co.id/investasi-dan-bisnis/pentingnya+inovasi+dalam+bisnis
DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v10i1.5623