Langkah Promosi Objek Wisata Daerah Untuk Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Pada Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olah Raga Kabupaten Magelang
Sari
Keyword : Objects, Promotions, Tourism
Abstrak - Kabupaten Magelang memiliki banyak objek wisata daerah yang dapat eksplorasi masyarakat, mulai dari alam, religi maupun buatan. Hingga saat ini jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Magelang belum merata pada keseluruhan obyek wisata yang ada. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain belum dikenalnya obyek-obyek wisata lain selain candi Borobudur di Kabupaten Magelang. Langkah promosi bjek wisata daerah oleh Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olah Raga Kabupaten Magelang (DISPARPORA) dilaksanakan melaui beberapa media, baik cetak maupun elektronik. Langkah promosi ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas tentang banyaknya potensi yang berupa objek wisata daerah yang dimiliki Kabupaten Magelang. Penyajian penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif yang didukung survey untuk memberikan gambaran nyata atas kegiatan Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olah Raga dalam melaksanakan langkah-langkah promosi wisata daerahnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi pergeseran langkah promosi yang telah dilakukan oleh DISPARPORA Kabupaten Magelang dalam mempromosikan daya tarik wisatanya. Pergeseran cara promosi ini terletak pada media yang digunakan dengan kecenderungan dilakukan melalui media online dibanding cara konvensional (offline) untuk tahun-tahun sekarang ini. Cara berpromosi ini sangat tepat digunakan melihat kecenderungan masyarakat jaman sekarang yang lebih banyak menggunakan sarana gadget untuk berselancar didunia maya melalui media sosial dan fasilitas online lainnya. Namun demikian masih ada kendala dalam menjalankan upaya promosi wisata ini yaitu keterbatasan sumber daya manusia yang dapat mengelola dengan baik segala macam account media sosial maupun website DISPARORA Kabupaten Magelang. SDM lebih banyak disibukkan dengan pekerjaan formal kedinasan. Hal ini menjadikan langkah promosi daya tarik wisata daerah yang dimiliki Kabupaten Magelang belum optimal tersampaikan kepada masyarakat. Adapun langkah penyelesaiakan masalah ini adalah dengan penyelenggaraan pelatihan-pelatihan terkait tehnologi informasi yang berkembang saat ini.
Kata Kunci: Objek, Promosi, Wisata
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Basahona, Ato. 2016. Pengertian obyek. https://www.atobasahona.com/2016/07/pengertian-objek-wisata.html. 5 Februari 2017
Basu, Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta: Liberty.
Gitosudarmo, Indriyo. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta. BPFE Yogyakarta.
Hanief, Shofwan Dan Pramana, Dian. 2018. Pengembangan Bisnis Pariwisata dengan Media Sistem Informasi. Yogyakarta : Penerbit ANDI
Larisa, Vany. 2018. 15 Candi di Magelang Jawa Tengah Beserta Penjelasannya. http://sejarahlengkap.com/bangunan/candi-di-magelang. 5 Agustus 2018
Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Salemba.
Moelong, L.J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suryadana, M. Liga. 2013. Buku Sosiologi Pariwisata : Kajian Kepariwisataan Dalam Paradigma Integratif-Transformatif Menuju Wisata Spiritual. Bandung : Humaniora
Tribun Wisata. 2016. Pengertian Wisata, Kepariwisataan, Wisatawan, dan Objek Wisata. http://www.tribunwisata.com/2016/09/pengertian-wisata-kepariwisataan-wisatawan-dan-objek-wisata.html . 5 Feruari 2017
UU RI Nomor 9 Tahun 1990. Tentang Kepariwisataan.
UU RI Nomor 10 Tahun 2009. Tentang Kepariwisataan
DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v9i2.5230