Tasikmalaya Oktober Festival sebagai Pembuktian Destinasi Wisata Industri Kreatif dalam Memasarkan Produk Unggulan ke Mancanegara
Sari
Keywords: Tasik October Festival (TOF), creative industry,
Abstrak - Perhelatan Tasikmalaya October Festival merupakan event tahunan yang diselengarakan oleh pemerintah kota Tasikmalaya dalam rangka memperingati hari jadi kota Tasikmalaya setiap bulan oktober. Pelaksanaan TOF sendiri merupakan ajang gabungan event-event besar yang menjadi agenda tahunan di Kota Tasikmalaya. Salah satunya adalah Tasik Halal Culinary Festival, Tasik Invesment Expo & Conference (TIEC), Tasikmalaya Culture & Craft Festival, serta Tasikmalaya Creative Festival (TCF). Kegiatan itu dimeriahkan oleh tampilan beberapa kesenian khas Tasikmalaya serta pemutaran video profil Kota Tasikmalaya yang mendapat sambutan hangat dari pihak kementerian dan seluruh undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut.Kota Tasikmalaya pun menjadi penopang pembangunan industri bagi daerah-daerah yang berada di wilayah Priangan timur.Agar seluruh potensi tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal, terutama dalam mendongkrak perekonomian daerah, maka perlu ada promosi yang simultan dan tepat sasaran Seperti diketahui, Kota Tasikmalaya memiliki sedikitnya 4.500 unit industri kreatif berskala kecil menengah dan mikro,industri kreatif di Kota Tasikmalaya tidak hanya bordir, tapi juga batik yangsekarang tengah naik daun. Kota Tasikmalaya dengan segala modal dan potensi industri kreatifnya, memang pantas untuk terus didorong sehingga menjadi kota pariwisata termaju di Priangan Timur.. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif,menganalisis hanya sampai pada taraf diskriptif,yaitu menganalisis dan menyajikan faktasecara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan ,serta dokumentasi dan studi pustaka,Hasil dari penelitian di atas disimpulkan dengan penyelenggaran Tasik Oktober Festival mendongkrak wisatawan untuk berkunjung ke Tasikmalaya dan berdampak positif bagi kegiatan perekonomian Tasikmalaya.
Kata kunci : Tasik Oktober Festival (TOF), Industri kreatif
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Azwar, Saifudin.2010 Metode Penelitian Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Perdagangan Republik Indonesia. 2008. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta : Depdag RI.
Howkins, J . 2001. The Creative Economy: How People Make Money from Ideas. London: Penguins Books.
Irawan, Koko. 2010. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana ,Pt Pradnya,Jakarta.
Kusumaningrum. 2009, Ekonomi Pariwisata. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan Kepariwisataan Edisi Revisi. Bandung : Alfabeta
Pramudia, Teguh S. 2006. Perjalanan si Konsep Seksi ,SWA Sembada. No 26/XIII/19 Desember 2005-11 Januari 2006. Sajian Utama. Hal 46-50
Simatupang, Togar. 2007. Ekonomi Kreatif: Menuju Era Kompetisi dan Persaingan Usaha Ekonomi Gelombang IV. Bandung: ITB
Yoeti, Oka A. 2008 .Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata Jakarta : Pt. Pradaya Pramta ,
Yoeti, Oka A. 2003 Pemasaran Pariwisata, Bandung : PT Angkasa
Sumber lain:
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 10 Tahun 2009, Kepariwisataan, Jakarta 2009.
http://jabarprov.go.id/index.php/potensi_daerahdetail/133/1
https://travel.kompas.com/read/2018/02/06/185000027/industri-kuliner-penopangtertinggiperekonomian-kreatif-di-indonesia
http://www.bekraf.go.id/subsektor/page/kuliner
DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v9i2.5226