Motivasi Wisatawan Mancanegara Dalam Kegiatan Trekking Di Bukit Lawang, Kabupaten Langkat Sumatera Utara
Sari
Keywords: Attractions, motivation, tourist satisfaction
Abstrak - Bukit Lawang adalah sebagian kawasan dari Taman Nasional Gunung Leuser yang memiliki kekayaan alam yang sangat indah, kekayaan flora dan fauna dan pusat rehabilitasi orangutan.Motivasi merupakan dorongan yang timbul pada seseorang untuk melakukan sesuatu yang didasari atas kebutuhan dalam diri untuk mencapai suatu tujuan tertentu.Salah satu atraksi wisata yang bisa dilakukan dan digemari oleh wisatawan terutama wisatawan mancanegara adalah trekking.Namun, atraksi trekking diBukit Lawang masih belum bisa menarik kunjungan wisatawan mancanegara datang berkunjung ke Bukit Lawang, ditandai dengan penurunan data kunjungan wisatawan ke Bukit Lawang.Penelitian dilakukan di Bukit Lawang Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa observasi, studi kepustakaan, dan kuesioner.Berdasarkan hasil observasi dan pengelolaan data menunjukkan bahwa pihak pengelola Bukit Lawang dalam mengemas paket wisata trekking masih kurang maksimal baik dari variasi/keragaman kegiatan trekking mulai dari penambahan rute trekking dan variasi durasi paket trekking, sehingga faktor-faktor motivasi wisatawan dalam melakukan kegiatan trekking baik pull and pushfactor yang dimiliki oleh wisatawan tidak terlalu tinggi. Sehingga akan berpengaruh pada kepuasan wisatawan mancanegara yang melakukan kegiatan trekking.
Kata Kunci :Atraksi, motivasi, Kepuasan wisatawan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi. (2006). Metodologi Penelitian. Jogjakarta: Bina Aksara.
Chaplin.J.P (2008). Perencanaan Wisata. Bandung: Angkasa.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Kodhyat, H (2013). Sejarah Kepariwisataan & Perkembangannya di Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk LSPPI-Lembaga Study Pengembangan Pariwisata Indonesia., Jakarta.
Marpaung, Happy & Bahar (2000). Pengetahuan Kepariwisataan,Bandung: Alfabeta.
Fahmi. (2013). Harapan Dan Motivasi Dalam Diri.Jakarta: Wira Mandala
Ismayanti. (2005). Pengantar Pariwisata. Jakarta: PT. Grasindo.
Nandi. (2008). Kepariwisatan dan Perjalanan.Jakarta: Rajawali Pers.
I Gusti Bagus Rai Utama. (2011). Pemasaran Pariwisata.Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Nuriata. (2014). Paket Wisata.Bandung: Alfabeta.
Oka A. Yoeti. (2002). Pemasaran Pariwisata.Bandung: Angkasa.
Pitana, I Gde, Putu. G. Gayatri. (2005). Sosiologi Pariwisata. Andi, Yogyakarta.
Sadirman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Alfabeta. Bandung
Susatyo. (2014). Basic Marketing. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Soekadijo. (2000). Anatomi Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka utama.
Suryadana. (2013). Sosiologi Pariwisata. Bandung: Humaniora.
DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v9i2.5225