Analisis Cita Rasa Dan Penyajian Makanan Khas Betawi Dalam. Meningkatkan Minat Wisata Kuliner Di Jakarta, Studi Kasus: Soto Betawi

Asep Parantika

Sari


Penelitian ini mengkaji peran cita rasa dan penyajian Soto Betawi sebagai faktor penting dalam meningkatkan minat wisata kuliner di Jakarta. Kuliner tradisional, seperti Soto Betawi, tidak hanya menawarkan kenikmatan rasa tetapi juga merepresentasikan identitas budaya Betawi, yang kaya akan nilai sejarah dan tradisi. Soto Betawi memiliki cita rasa khas dengan kuah kental dari santan atau susu, serta campuran rempah-rempah lokal yang memberikan aroma dan rasa unik. Hidangan ini disajikan dengan pelengkap seperti emping dan jeruk limau, yang semakin memperkaya kelezatannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif untuk menggali faktor-faktor yang mempengaruhi daya tarik Soto Betawi, meliputi wawancara dengan pelaku industri kuliner dan wisatawan serta observasi di lokasi penjualan kuliner Betawi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kombinasi cita rasa autentik dan estetika penyajian berperan penting dalam menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu, inovasi dalam penyajian dan promosi melalui media sosial dinilai efektif dalam meningkatkan visibilitas Soto Betawi. Dengan strategi promosi yang tepat, Soto Betawi diharapkan dapat berkompetisi dengan kuliner internasional di era globalisasi. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pelestarian budaya kuliner Betawi dan pengembangan sektor pariwisata Jakarta sebagai destinasi wisata kuliner yang unikP

Kata Kunci


Soto Betawi; Wisata Kuliner; Pelestarian Budaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriana, T., & Setiawan, R. (2023). Pengaruh cita rasa makanan tradisional terhadap loyalitas wisatawan di destinasi wisata kuliner Jakarta. Jurnal Pariwisata dan Kuliner Nusantara, 12(3), 45-56. https://doi.org/10.xxxx/jpkn.2023.12.3.45

Bangsawan, M. I.P. (2025) Jejak Rasa Sambal di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan, Barometer Mediatama Publishing

Dewa, C.B, & Safitri, L.A (2021) Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie) Khasanah Ilmu : Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12 (1), 65-71

Dewi, R., & Sari, P. (2022). Strategi Promosi Kuliner Lokal di Era Digital. Jurnal Gastronomy Indonesia, 15(1), 101-112.

Deloitte (2022) The Delloitte global 2022 gen Z and Milennial Survey. Deloitte.https://www2.deloitte.com/global/en/pages/about-deloitte/articles/genz millenialsurvey.html

Hootsuite. (2020). Digital 2020: Global digital overview. https://www.hootsuite.com/resources/reports/digital-2020

Kartika, A., & Pratama, D. (2024). Strategi promosi makanan khas Betawi untuk meningkatkan popularitas di kalangan wisatawan. Jurnal Promosi Budaya dan Kuliner Indonesia, 10(1), 15-29. https://doi.org/10.xxxx/jpbki.2024.10.1.15

KebudayaanBetawi.com. (2019). "Sejarah Singkat Soto Betawi dan Perkembangannya." Kebudayaan Betawi. Diakses pada 4 Januari 2025, dari https://www.kebudayaanbetawi.com/1628/sejarah-singkat-soto-betawi-dan-perkembangannya/

Pradapa, S.Y.F, Hakim, F.N (2024) Integrasi Kuliner dalam Meningkatkan Daya Tarik Pariwisata Kota Surakarta, Khasanah Ilmu : Jurnal Pariwisata Dan Budaya 15 ( 2)125-131DOI 10.31294/khi.v15i2.23146

Rachmat, S. (2023). Kuliner Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata: Studi Kasus Soto Betawi. Jurnal Gastronomy Indonesia, 16(4), 145-157.

Saputra, F.A (2024) Nilai - Nilai Budaya Pada Masyarakat Betawi Dilihat dari Makanan Khas Tradisonal. SAJARATUN, Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah. 9 (1). 94-101

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, D. (2019). Pengaruh Globalisasi terhadap Kuliner Lokal: Studi Kasus Soto Betawi. Jurnal Gastronomy Indonesia, 10(3), 123-135.

Sulaiman, M. (2024). "Nilai-Nilai Budaya pada Masyarakat Betawi Dilihat dari Makanan Khasnya." Sajaratun: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 9(1), 95-100.

Suryana, D. (2017). "Gastronomi Makanan Betawi sebagai Identitas Budaya." National Conference on Creative Industry, 2, 45-50.

Sari, D. P., & Wijaya, H. (2023). "Eksplorasi Kekayaan Budaya melalui Soto Betawi." Journal of Tourism and Hospitality Studies, 5(2), 112-120.

Tanti, S., & Nurhayati, D. (2021). Pelestarian Kuliner Tradisional dalam Mempertahankan Nilai Budaya Lokal. Jurnal Gastronomy Indonesia, 14(2), 56-67.

UNWTO (2021) Guidelines for The Development of Gastronomy Tourism

Widianto, A. (2020). Kuliner Sebagai Representasi Identitas Budaya: Studi Kasus Soto Betawi. Jurnal Gastronomy Indonesia, 12(1), 88-97.

Wijaya, F., & Rahmawati, S. (2023). Peran estetika penyajian makanan tradisional dalam meningkatkan citra destinasi wisata kuliner. Journal of Culinary and Tourism Studies, 8(2), 89-101. https://doi.org/10.xxxx/jcts.2023.8.2.89




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v16i1.25459