Studi Kasus Citra Destinasi: Dinamika Perilaku Wisatawan Lokal dan Niat Berkunjung Kembali ke Destinasi Wisata Jembatan 1 Barelang Kota Batam
Sari
Berwisata sangat penting dalam membantu seseorang bersantai dan beristirahat. Perilaku wisatawan merupakan respon pada niat berkunjung kembali ke objek dan destinasi wisata, tetapi perilaku wisatawan juga sebagai respon tidak mengunjungi kembali ke objek dan destinasi wisata tersebut. Hal ini dapat disebabkan karena citra destinasi yang positif atau negatif berdasarkan pengalaman wisatawan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan wisatawan berkunjung ke Jembatan 1 Barelang dan persepsi masyarakat serta pedagang sekitarnya mengenai perilaku wisatawan lokal. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang membahas secara rinci mengenai perilaku wisatawan lokal berdasarkan persepsi masyarakat dan pedagang setempat. Berdasarkan hasil penelitian, perilaku wisatawan lokal menunjukkan bahwa sebagian besar (77,8%) wisatawan yang berkunjung merupakan masyarakat Kota Batam. Sedangkan perilaku wisatawan lokal ramah dan baik (61,1%), hal tersebut disebabkan karena wisatawan yang datang berkunjung dengan tujuan untuk berlibur dan berekreasi dengan demikian terjadi interaksi yang terkesan lebih akrab. Saran untuk pihak pengelola agar mengembangkan lokasi melihat sunset lebih luas, dan variasi dari menu pedagang kuliner sehingga dapat meningkatkan citra dan niat berkunjung kembali. Rekomendasi untuk penelitian lanjut, dapat menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan objek penelitian fokus pada perilaku pedagang dari sudut pandang wisatawan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afifah Putri Dwi Lestari, & Wiji Safitri. (2024). Pengaruh Peranan Sikap, Norma Subjektif, dan Perceived Behavior Control Terhadap Niat Mengunjungi Kembali Studi Kasus pada Wisata Central Park Meikarta Cikarang. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(4), 3292–3305. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i4.2010
Akhmad Saifi, Heri Susanto, & Fitri Mardiani. (2024). Analisis Perilaku Wisatawan Dalam Membuang Sampah Di Kawasan Benteng Somba Opu Makassar. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 373–383. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i1.3579
Almeida, G. G. F., & Almeida, P. (2023). The influence of destination image within the territorial brand on regional development. Cogent Social Sciences, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2023.2233260
Anggraini, E. M., & Wibisono, N. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Niat Wisatawan Untuk Berkunjung Kembali Ke Destinasi Wisata : Studi Kasus Dago Dream Park Bandung. The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar, 1017–1023.
Anindita Arnandy, D., Sudarmaningtyas, P., & Arrosyidi, A. (2023). Pelatihan Desain Flyer Canva untuk Staf Tata Usaha Yayasan Barunawati Biru Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(4), 533–538. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1366
Aris, S. K. M., Arisman, A., & Pauzy, D. M. (2023). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Berdasarkan Visit Experience (Survei Pada Pengunjung Wisata Pantai Pangandaran) Aris Sandi Krisna Mulyana Depy Muhamad Pauzy. Jurnal GLORY ( Global Leadership Organizational Research in Management) , 1(4), 136–153. https://doi.org/10.59841/glory.v1i4.355
Arlianti, Pangestika, R. R., & Ngazizah, N. (2021). Analisis Respon dan Keaktifan Peserta Didik terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan Zoom. Jurnal Dharma PGSD, 94(103), 2021. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha
Asrulla, Risnita, Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332.
Aulia, N., Gunawan, W., & Yunita, D. (2024). Proses Pembentukan Citra Diri Melalui Media Sosial Instagram. 17.
Bpbatam. (2022). Batam: Kota Industri dan Perkembangannya di Masa Mendatang. Bpbatam.Go.Id. https://bpbatam.go.id/batam-kota-industri/
Dewanto, R. F. (2022). Pengaruh Digitalisasi dan Citra Destinasi Pariwisata Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung di Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 6(4), 537–552. https://doi.org/10.22219/jie.v6i4.22278
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233
Dewi, K., Angligan, I. G. K. H., & Mahardika, I. M. N. O. (2023). Strategi Meningkatkan Peran Media Sosial Dalam Membranding Destinasi Wisata Sebagai Media Pemasaran. Waisya : Jurnal Ekonomi Hindu, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.53977/jw.v2i1.923
Ester, A., Syarifah, H., & ZA Zainurossalamia Saida. (2020). Pengaruh daya tarik wisata citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN
Hariyanto, O. I. B. (2023). RELEVANSI KEBUDAYAAN DAN MAKNA MAKANAN DALAM KONTEKS PARIWISATA PADA KEHIDUPAN MANUSIA DI ERA 4.0. In repository.uib.ac.id (Issue September). https://repository.uib.ac.id/5282/1/Final Buku Orasi Ilmiah - Prof. Oda FINAL.pdf
Hariyanto, O. I. B., & Sihombing, D. A. (2024). Effort to Drink Attractive Coffee : Kopi Ameng Image as a Culinary Tourism Object and Destination. 14(12), 2076–2084. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v14-i12/24171
Hudani, A. (2020). Pengaruh faktor budaya, faktor social, dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(2), 99–107. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i2.195
Kusumah, E. P., Hendrayati, H., Ecodemica, J., & April, V. N. (2020). Keterlibatan Merek terhadap Kepuasan dan Niat Berkunjung Kembali Konsumen Resort Terpadu. Jurnal Manajemenmen, 5(1), 1–4.
Mahfudhotin, S., & Nurfarida, I. N. (2020). Analisis Pengaruh Citra Destinasi, Lokasi Dan Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Kampoeng Heritage Kajoetangan Malang. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 6(2), 1–6.
Nasution, M. A. M. (2021). Determinan minat berkunjung kembali wisatawan di Objek Wisata Aek Sabaon. http://etd.uinsyahada.ac.id/6830/
Nurahma, G. A., & Hendriani, W. (2021). Tinjauan Sistematis Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Mediapsi, 7(2), 119–129. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.02.4
Prakoso, D. B., Pujiastuti, E. E., & Sadeli. (2020). Pengaruh Pengalaman Wisatawan Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Serta Niat Berkunjung Kembali (Studi Pada Wisatawan Di Wisata Alam Posong Temanggung). DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(2), 185–201.
Purnama, N., & Marlena, N. (2022). Pengaruh E-Wom Dan Harga Terhadap Niat Berkunjung Kembali Pada Gunung Semeru. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1626–1634. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1626-1634
Rahmat. (2023). Entrepreneur Pengaruh Experience Quality Terhadap Minat Kunjung Ulang Melalui Persepsi Nilai, Citra Destinasi Dan Kepuasan. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2), 50–68. http://ejournal.unma.ac.id/index.php/entrepreneur
Raja, D., Saragih, U., & Said, F. (2024). WoM Role on The Tourist Attraction Image and Re-visit Intention. 5(2), 173–187.
Riyanti, N. K. I., Kusuma, I. G. A. N. E. T., & Rihayana, I. G. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Niat Berkunjung Kembali Di Villa Rendezvous Bali. Widya Amerta, 7(1), 84–99. https://doi.org/10.37637/wa.v7i1.591
Salsabila, K. A., Rizqi, M., & Sudaryanto, E. (2023). Strategi Branding Nongsa Sensation Kota Batam. 619–628.
Sanjaya, C., & Mulyono, F. (2023). Pemodelan kepuasan konsumen dan niat berkunjung kembali terhadap Restoran Cocorico. Jurnal Manajemen Maranatha, 23(1), 15–32. https://doi.org/10.28932/jmm.v23i1.7017
Sari, N. W. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja. Human Care Journal, 5(3), 813. https://doi.org/10.32883/hcj.v5i3.857
Sembiring, M. B. (2020). Pengaruh Tourist Reviews Terhadap Proses Keputusan Berkunjung Wisatawan di Puncak Sosok, Bantul. http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/823%0Ahttp://repository.ampta.ac.id/823/3/BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf
Septianing, A. D., & Farida, N. (2021). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Berkunjung Kembali Melalui Kepuasan Pengunjung (Studi Obyek Wisata Goa Kreo Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 781–792. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29796
Shalli Habiibika Baaq, Sarah Fadila, Esti Dwi Rahmawati, & Haris Novy Admadianto. (2022). Peran Kepuasan Dan Motivasi Pengunjung Terhadap Niat Berkunjung Kembali Ke Taman Satwa Taru Jurug. OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(4), 14–24. https://doi.org/10.55606/optimal.v2i4.692
Suhartapa, S., & Sulistyo, A. (2021). Pengaruh Persepsi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Ulang di Pantai Baru Yogyakarta. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 115–122. https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.10579
Sukardi, A. S., & Afidah, E. U. (2024). Pengaruh citra destinasi, fasilitas, dan presepsi harga terhadap minat berkunjung wisatawan ke objek wisata pantai di Kabupaten Jepara. Journal of Management and Digital Business, 4(1), 15–29. https://doi.org/10.53088/jmdb.v4i1.789
Utami, M. C., Jahar, A. S., & Zulkifli, Z. (2021). Tinjauan Scoping Review Dan Studi Kasus. RADIAL : Jurnal Peradaban Sains, Rekayasa Dan Teknologi, 9(2), 152–172. https://doi.org/10.37971/radial.v9i2.231
Wahyu, A. Y. M., Berto, A. R., & Murwani, E. (2022). Storytelling, citra destinasi, dan pengalaman merek pada video promosi kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 6(2), 679–698. https://doi.org/10.25139/jsk.v6i2.4928
Wang, D., Hu, S., Feng, L., & Lu, Y. (2022). Tourism Destination Image Perception Model Based on Clustering and PCA from the Perspective of New Media and Wireless Communication Network: A Case Study of Leshan. Wireless Communications and Mobile Computing, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/8630927
Wicaksono, R., I Putu Gde, S., & I Nyoman Darma, P. (2023). Pengaruh Faktor Psikologi Wisatawan Terhadap Pengambilan Keputusan Berkunjung Kembali Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Wisata Pujon Kidul. Jurnal Belantara, 6(2), 268–278. https://doi.org/10.29303/jbl.v6i2.954
Wisnu, I. A., & Sholahuddin, M. (2023). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Obyek Wisata Waduk Kedung Ombo. Value, 4(1), 13–33. https://doi.org/10.36490/value.v4i1.717
Yen, N. T. H., Quynh, N. T. T., Dinh, T. D., Mai, T. T. H., Duyen, N. T. H., Hong, P. N., & Duc, B. M. (2024). The Impact of Destination Quality and Image on Tourists’ Loyalty. Journal of Law and Sustainable Development, 12(1), e2728. https://doi.org/10.55908/sdgs.v12i1.2728
Yuliana, Y., Rini, E. S., Sirojuzilam, Situmorang, S. H., & Silalahi, A. S. (2023). Mediating role of authenticity in the relationship between destination image and destination loyalty. Innovative Marketing, 19(4), 14–25. https://doi.org/10.21511/im.19(4).2023.02
DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v16i1.25276