Pengaruh Web Experience, Social Factor, Dan Ease Of Use Terhadap Penggunaan Reservasi Hotel Secara Online

Diah Pradiatiningtyas - AMIK BSI Yogyakarta

Sari


Abstract - One of the most heavily adopted business benefits of the internet or online system is the hotel industry. One example is hotel reservation online. Online booking is part of public life in traveling. The use or selection of online or conventional reservation (offline) by consumers is likely to be determined by consumer buying behavior. Further research is to examine the influence of web experience, social factors, and ease of use on online hotel reservation usage in Yogyakarta. Researchers choose Yogyakarta because Yogyakarta is one of the cities in Indonesia that became a World tourism destination. The purpose of this study is to get the influence of web experience, social factors, and ease of use in using online hotel reservation and help tourism and hotel actors find strategies to increase the level of visits and occupancy in order to increase business and regional income D.I. Yogyakarta through digital marketing with online based reservation. This research is a quantitative research, by using Linear Regression as a test tool to three hypotheses. The results show that only ease of use influences the use of online hotel reservation.

Keyword : Reservasi, Hotel, Online, Web, Social Factor, Ease of Use

Abstrak - Salah satu bisnis yang mendapat banyak dengan mengadopsi internet atau sistem online adalah industri perhotelan. Salah satu contohnya adalah reservasi hotel secara online. Pemesanan online adalah bagian dari masyarakat yang menyukai travelling. Penggunaan atau pemilihan reservasi online atau konvensional (offline) oleh konsumen kemungkinan besar akan ditentukan oleh perilaku pembelian konsumen. Penelitian lebih lanjut adalah untuk menguji pengaruh pengalaman web, faktor sosial, dan kemudahan penggunaan pada penggunaan reservasi hotel online di Yogyakarta. Peneliti memilih Yogyakarta karena Yogyakarta adalah salah satu kota di Indonesia yang menjadi tujuan wisata dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pengaruh pengalaman web, faktor sosial, dan kemudahan penggunaan dalam menggunakan reservasi hotel secara online dan membantu pelaku pariwisata dan pelaku hotel menemukan strategi untuk meningkatkan tingkat kunjungan dan hunian dalam rangka meningkatkan pendapatan usaha dan daerah D.I Yogyakarta melalui pemasaran digital dengan reservasi berbasis online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan Regresi Linier sebagai alat uji terhadap tiga hipotesis. Hasilnya menunjukkan bahwa hanya kemudahan penggunaan yang mempengaruhi penggunaan reservasi hotel secara online.

Kata Kunci : Reservasi, Hotel, Online, Web, Social Factor, Ease of Use



Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v8i2.2439