Analisis Faktor Pendorong dan Penarik Pengunjung Obyek Wisata Pandansili

Diah Ayu Solikah

Sari


 

Wisata Pandansili sebagai wisata desa dengan daya tarik alam dan budayanya mampu membuat banyak pengunjung tertarik untuk datang. Hal ini membuat Wisata Pandansili memiliki potensi untuk terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor pendorong dan penarik pengunjung Wisata Pandansili. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Penelitian ini menemukan bahwa, pengunjung Wisata Pandansili didorong oleh beberapa faktor yaitu menghilangkan kejenuhan, relaksasi, nostalgia, dan rasa ingin tahu terkait tradisi serta kepercayaan mengenai air sumber Pandansili. Selain itu, terdapat beberapa faktor penarik yang juga mempengaruhi pengunjung Wisata Pandansili, faktor-faktor tersebut adalah kemurnian dan khasiat air, pemandangan dan suasana alam yang asri, kuliner dengan harga yang murah, sikap ramah tamah petugas wisata dan masyarakat lokal, spot foto yang menarik, dan juga sebagai tempat start dan finish kegiatan komunitas komunitas tril, sepedah gunung, panther, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, para pengelola obyek Wisata Pandansili harus melakukan inovasi dalam pengembangan atraksi buatan yang mendukung atraksi alaminya sehingga pengunjung tidak merasa bosan dan eksistensi wisata tetap terjaga.

 

Keyword : Wisata Pandansili, Faktor Pendorong, Faktor Penarik

 


Kata Kunci


Pariwisata

Referensi


Alfisyahr, R., & Deasyana, L. R. D. (2019). Faktor Pendorong dan Faktor Penarik dari Wisatawan Domestik di Kabupaten Malang, Indonesia. Media Bina Ilmiah, 14(3), 2217. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i3.325

Awaritefe, O. D. (2004). Motivation and Other Considerations in Tourist Destination Choice: A Case Study of Nigeria. Tourism Geographies. An International Journal of Tourism Space, Place and Environment, 6(3), 303–330.

Bukhari, M. Y. A., & Putra, T. (2021). Motivasi Pengunjung Berwisata ke Daya Tarik Wisata Gunung Padang. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2(3), 304–310.

Darsono, K., & Bahri, A. S. (2019). Analisis Motivasi Pelanggan Datang Ke Fun World Central Park Jakarta Barat. Journal Fame, 2(2), 72–78.

Djabbar, A., Rizal, J., & Rizaly, E. N. (2021). Dampak Keberadaan Sektor Pariwisata Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Home Creative “Lentera Donggo” Kecamatan Soromandi Bima NTB. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pariwisata, 1(1), 14–20.

Firman, A. (2020). Kontribusi Wisata Hutan Mangrove Tongke-Tongke Terhadap Pendapatan Asli Daerah Sektor Pariwisata. AkMen, 17(1), 163–171.

Fitriana, R., Rahmitasari, N., & Yoseli, M. (2020). Analisis Motivasi Pengunjung Museum Macan Jakarta. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25(1), 76. https://doi.org/10.30647/jip.v25i1.1362

Harefa, M. (2020). Dampak Sektor Pariwisata terhadap Penerimaan Daerah di Kabupaten Belitung [Impact of Tourism Sector on Regional Income in Belitung Regency]. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 11(1), 65–77. https://doi.org/10.22212/jekp.v11i1.1487

Hasibuan, I. M., Mutthaqin, S., Erianto, R., & Harahap, I. (2023). Kontribusi Sektor Pariwisata terhadap Perekonomian Nasional. 8(2).

Jaimun, S. S., Suardana, I. W., & Suwena, I. K. (2020). Analisis Faktor Pendorong dan Penarik Wisatawan Berkunjung ke Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat. Jurnal IPTA, 8(2), 306. https://doi.org/10.24843/IPTA.2020.v08.i02.p15

Lingga, S., & Kemala, Z. (2022). Analisis Motivasi Wisatawan terhadap Keputusan Berkunjung di Desa Wisata Lamajang. Manajemen Dan Pariwisata, 1(1), 66–75.

Maun, M. R. T., Widana, I. B. G. A., & Susianti, W. (2023). Faktor Pendorong dan Faktor Penarik Wisatawan Domestik Berkunjung ke Kawasan Taman Nasional Komodo di Era Normal Baru. Journal of Applied Science in Tourism Destination, 1(1), 11–22.

Muksin, D. R. M., & Sunarti. (2018). Pengaruh Motivasi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 55(1), 196–203.

Pitana, I. G., & Gayatri, P. (2005). Sosiologi Pariwisata (1st ed.). ANDI.

Pratama, K. P., Ariusni, A., & Artha, D. P. (2023). Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Bukittinggi. Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan, 5(3), 93. https://doi.org/10.24036/jkep.v5i3.15290

Ratar, M., Saerang, D., Maramis, J., Worang, F., & Wenas, R. (2022). Waktu Senggang dan RekreasiI sebagai Motivasi Berkunjung di Kawasan Wisata Boulevard Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2), 991–100. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41294

Setyoningrum, D. P. A., & Ambarwati, R. D. (2022). Menakar Kontribusi Pendapatan Pajak Daerah Sektor Pariwisata terhadap PAD Kota Batu di Masa Pandemi. Jurnal Pajak Indonesia (Indonesian Tax Review), 6(2S), 663–673. https://doi.org/10.31092/jpi.v6i2S.1923

Syaiful, H., Wibowo, A. E., & Nasution, M. N. A. (2023). Pengaruh Motivasi terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan Mancanegara: Perspektif Faktor Penarik (Studi Destinasi Wisata Religi Masjid Di Kota Batam). 2(1).

Tanjung, R. S. S., Munajat, M. D. E., & Novianti, E. (2022). Pengaruh Faktor Pendorong dan Penarik terhadap Keputusan Berkunjung ke Devoyage Bogor. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(7), 7059–7072.

World Travel & Tourism Council. (2023). Economic Impact Research. https://wttc.org/research/economic-impact




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v15i2.21075