Peran Pemandu Wisata Dalam Pengembangan Keberlanjutan Pariwisata Pasar Seni Ubud, Bali

Lidya Lestari Sitohang, Eka Rahma Oktaviona, Clarista Wahyu Fa’addihillah, Wawan Alfi, Firdaus Adam Yuviansyah, Devi Fitriyah Hanifah

Sari


Kepuasan wisatawan dalam perjalanan wisata salah satunya dihasilkan oleh kualitas pelayanan melalui keterampilan pemandu wisata. Bali memiliki objek wisata menarik seperti Pasar Seni Ubud.Peran pemandu wisata atau tour guide dalam pengembangan objek wisatawan di Bali sangat penting. Studi ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris bagaimana peran pemandu wisata dalam pengembangan objek pariwisata di Pasar Seni Ubud, Bali. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.Teknik pengumpulan data berupa teknik triangulasi meliputi wawancara, observasi, catatan lapangan, dan studi kepustakaan. Teknik pemilhan nara sumber berdasarkan accidental sampling.  Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis tema. Hasil penelitian menujukkan bahwa peran pemandu wisata dalam pengembangan pariwisata di Bali terlihat dari kualitas karakter dan keterampilan berbahasa asing pemandu wisata. Peran pemandu wisata secara umum adalah penghubung antara destinasi wisata dan wisatawan. Peran pemandu wisata dalam pengembangan keberlanjutan pasar seni Ubud, Bali adalalah sebagai komunikator, pihak/agen yang menampung aspirasi, dan jembatan antara pemerintah dan wisatawan

 

Kata Kunci :  Pemandu Wisata, Peran Pemandu Wisata, Pengembangan Berkelanjutan Wisata


Kata Kunci


Pemandu Wisata; Peran Pemandu Wisata; Pengembangan Wisata Berkelanjutan

Referensi


Atmoko, H.P.T. 2014. Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Brajan Kabupaten Sleman. Jurnal Media Wisata, Vol. 12 (2) , November 2014. https://doi.org/10.36276/mws.v12i2.209

Barreto, M., Giantari, K. 2015. Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Panas Di Desa Marobo, Kabupaten Bobonaro, Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 4.11(2015) : 773-796. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/

Brahmanto, E., Hermawan, H., & Hamzah, F. 2017. Strategi Pengembangan Kampung Batu Malakasari Sebagai Daya Tarik Wisata Minat Khusus. Jurnal Media Wisata, Vol.15, No.02. https://doi.org/10.36276/mws.v15i2.112

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. 2024. Banyaknya Wisatawan Mancanegara Bulanan ke Bali Menurut Pintu Masuk. Diakses dari https://bali.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTA2IzI=/banyaknya-wisatawan-mancanegara-bulanan-ke-bali-menurut-pintu-masuk.html. Diakses tanggal 27 September 2024

Brigitha, B.T., Lapian, J., Taroreh, T. 2018. Pengaruh pengetahuan dan Keterampilan Tour Guide Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Bunaken (Studi Kasus Wisatawan Manado Tour Guide). Jurnal EMBA. Vol.6 No.2 April 2018, Hal. 848-849. https://doi.org/10.35794/emba.6.2.2018.19722

Cahyadi, R., & Gunawijaya, J. 2009. Pariwisata Pusaka: Masa Depan Bagi Kita, Alam dan Warisan Budaya Bersama. UNESCO Office, Jakarta. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000185505. Diakses tanggal: 27 September 2024

Cohen, E. (1985). The tourist guide: The origins, structure and dynamics of a role. Annals of Tourism Research, 12(1),5-29. https://doi.org/10.1016/0160-7383(85)90037-4

Creswell, J. W. 2014. Chapter 9: "Qualitative Procedures". Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Endiyanti, S. R., & Sarwadi, A. (2021). Pengelolaan Ekowisata Di Desa W isata Pancoh , Turi , Sleman , Yogyakarta. Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 21, 34–46. https://jurnal.uns.ac.id/cakra-wisata/article/view/55209

Hayati, D. E. dan Drihartati, S. 2021. Penerapan Teknik Kepemanduan Wisata dalam Narasi Pemandu Wisata Kota Lama Semarang. http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i1.2594

Hendrayantoro, A. 2014. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya (Studi Di Desa Wisata Brayut Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional. Vol. 20 (2). Hal. 49-57. https://journal.ugm.ac.id/jkn/article/view/6785

Hermawan, H. 2016. Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata. Vol. 3 (2). Hal. 105-117. https://doi.org/10.31294/par.v3i2.1383

Kalyoncu, M., & Yüksek, G. (2020). Tour Guides as Sustainable Cultural Heritage Tourism Interpreters: The Case of the Odunpazari Historical Urban Site. In Heritage Tourism Beyond Borders and Civilizations (pp. 57–69). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-15-5370-7_5

Kurniawati, A. R., Shaherani, N., Coutrier, L.L.B., Sukmawati, H. 2022. Peran Stakeholder dalam pengembangan pantai pulau merah Kabupaten Banyuwangi sebagai destinasi Wisata Bahari. Jurnal Kepariwisataan Indonesia. 16 (01) (2022), 52-60. https://doi.org/10.47608/jki.v16i12022.52-60

Lovelock, Wirtz. 2011. Services Marketing (People, Technology, Strategy). Pearson Education Limited. England.

Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Chapter 5: Conducting Effective Interviews. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation (4th ed.). San Francisco, CA: Jossey-Bass

Murti, A., Kusuma, A.D.A. 2023. Kecakapan Berbahasa Inggris Serta Keterlibatan Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Ekowisata Pancoh. Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol.14 No.01. https://doi.org/10.31294/khi.v14i1.15305

Pajriah, S. (2018). Peran Sumber Daya Manusia Dalam Pengembangan Pariwisata Budaya Di Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak, 5(1), 25. https://doi.org/10.25157/ja.v5i1.1913

Peraturan Daerah Jawa Tengah, Undang-Undang No. 09 Tahun 2000 Tentang Pramuwisata Tengah pada 27 November 2023 melalui (https://disporapar.jatengprov.go.id/)

Rahadiyanti, M., Kusumowidagdo, A., Wardhani, K., D., dkk. 2019. Sense Of Place Kawasan Wisata Pasar Ubud. National Academic Journal Of Architecture Vol.6 No.2, Hal 123. https://doi.org/10.24252/nature.v6i2a3

Rahadi, I., Nursaly, B. R., Handini, B. S., & Murcahyanto, H. (2021). Penguasaan Bahasa Inggris Masyarakat dan Partisipasinya dalam Pengembangan Desa Wisata. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 486–494. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.2827

Ramadhan, H.S., Suryawan, B.I., Sukana, M. 2022. Pemasaran Pariwisata pada Masa Pandemi Covid-19 di Bali Bird Park, Kabupaten Gianyar. Jurnal Pariwisata dan Budaya Vol.13 No.01. https://doi.org/10.31294/khi.v13i1.11037

Rombe, P., Y, Kaiba, O., A., Marisan, H.2021. Pengembangan Wisata Pantai Syari Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Momi Waren Ransiki Papua Barat. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan. Vol.2 No.1 Hal. 17. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v2i1.18312

Rusli Cahyadi & Jajang Gunawijaya. 2009. Pariwisata Pusaka: Masa Depan Bagi Kita, Alam dan Warisan Budaya Bersama. UNESCO Office, Jakarta.

Saepudin, E., Budiono, A., dan Rusmana, A. 2017. Karakteristik Pramuwisata dalam Pengembangan Desa Wisata Agro di Kabipaten Bandung Barat. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol.06 No.01. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v6i1.9689

Rusmiati, D., Malihah, E., & Andari, R. 2022. Peran Pemandu Wisata Dalam Pariwisata Pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian Vol 3 No. 02, Hal, 4765. https://doi.org/10.47492/jip.v3i2.1739 .

Saldana, J. (2014). The Coding Manual for Qualitative Researchers (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Sitohang, L., & Purnomo, N. H. (2023). Local Wisdom In The Context Of Sustainable Tourism: Two-Sided Phenomena Of Tri Hita Karana In Daily Tourism Activities In Bali. JURNAL GEOGRAFI Geografi Dan Pengajarannya, 21(1), 1–18. https://doi.org/10.26740/jggp.v21n1.p1-18

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Suyitno. 2005. Pemandu Wisata (Tour Guiding). Yogyakarta: Graha Ilmu

Nurinsani, A., Aini, W., &. Suardi. 2020. Analisis Kualitas Pelayanan Pramuwisata dalam Persepsi Wisatawan di Museum La Galigo Kota Makassar. Jurnal pariwisata, Vol.02 No. 02 Hal. 108. https://doi.org/10.31294/par.v7i2.8584

Trenggono., Suwarti., Yuliamir. S., Marhendi, M. 2022. Peran pemandu dalam membangun citra Kota Lama Semarang. Jurnal Manajemen STIE Muhammadyah Palopo, Vol.08 No.02. http://dx.doi.org/10.35906/jurman.v8i2.1244

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. https://www.dpr.go.id/

Winata, K. Winata, K. (2024, Januari 24). Gaet 5 Juta Wisman, Ini Strategi Bali di 2024. Bali Post. Diakses dari https://www.balipost.com/news/2024/01/24/384683/Gaet-5-Juta-Wisman,Ini...html. Diakses tanggal 27 September 2024




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v15i2.20441