Penerapan Hygiene Dan Sanitasi Public Restroom Di Beverly Hotel Batam

Nensi - Lapotulo, Devid Trinaldo Simatupang, Miratia Afriani, Dailami Dailami

Sari


Abstrak

Hygiene dan sanitasi sangat berperan penting dalam sebuah hotel yang befungsi untuk menjaga kualitas kebersihan. Hygiene merupakan upaya atau tindakan kesehatan dengan cara memelihara kebersihan diri dan lingkungan dari faktor yang bisa mempengaruhinya sedangkan sanitasi yaitu suatu cara pencegahan yang terfokus pada usaha kesehatan lingkungan hidup manusia. Untuk mengetahui penerapan hygiene dan sanitasi public restroom di Beverly Hotel Batam adalah merupakan tujuan dari penelitian. Aktivitas penelitian yaitu dengan metode kualitatif serta menggunakan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang di dapat bahwa penerapan hygiene dan sanitasi public restroom di Beverly Hotel Batam, sudah diterapkan dengan baik dan benar. Dengan diterapkannya hygiene dan sanitasi yang baik serta benar bisa membuat cleanliness quality tetap terjaga.

Kata Kunci: Hygiene, Sanitasi, Public Restroom

Kata Kunci


Hygiene, Sanitasi, Public Restroom

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AA Ayu Trisna Kusumayanti. 2022. “Penerapan Hygiene Sanitasi Di Dapur The Cakra Hotel Bali Selama Masa Pandemi Covid-19”. https://paris.ipb-intl.ac.id/index.php/paris/issue/view/5

Caroline, Clarissa, Suryana H. Achmad, and RizaTaufik. 2021. “Studi Komparasi Teknik Menghilangkan Kerak Dalam Toilet Menggunakan Asam Sitrat Dan PembersihToilet Biasa.” E-Proceedings of Applied Science 7.

Departemen Kesehatan RI. 2003. Pedoman Pemberantasan Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut Untuk Penaggulangan Pneumonia Pada Balita. Jakarta: Depkes RI.

Ehlers, V.M dan Steel, E.W., 1979. Municipal and Rural Sanitation, John Willy & Sons Inc, New York

Septian Emma Dwi Jatmika, Annisa Intan Fadila. 2019. ”Edukasi Mengenai Hygiene Dan Sanitasi Makanan Di Pasar Kaki Langit Dusun Mangunan Dlingo Bantul”. http://journal2.uad.ac.id/index.php/jpmuad/article/download/1117/pdf

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Pariwisata. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang (UU) tentang Hygne Usaha-Usaha Bagi Umum, https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/50691/uu-no-11-tahun-1962.

West B.B, Wood L, Harger VP. 2006. Food Service in Intituitions. New York: John Willey and Sons, Inc.

Yulianto, Wisnu Hadi, R. Jati Nur Cahyo (2020). Hygiene, Sanitasi dan K3. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v14i1.15618

====================================================================

Terbit setiap bulan Maret & September, ISSN : 2655-5433 (online)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License