Perencanaan Strategis Kampung Kuliner Klaten Sebagai Salah Wisata Kuliner Kabupaten Klaten Dengan Kearifan Lokal

Diah Pradiatiningtyas

Sari


Kabupaten Klaten memiliki kuliner yang beragam dan khas, namun selama ini belum banyak masyarakat yang mengetahui potensi tersebut. Selain lokasi kulinernya yang tersebar dan berjauhan, terkadang informasi mengenai potensi kulinernya tidak semua orang mengetahui. Kampung Kuliner Klaten pada awalnya mencoba membangun Sentra Kuliner di Klaten yang mengakomodir pengusaha kuliner local Klaten. Tahun 2020 sampai 2021 pertengahan adalah masa kejayaannya, dimana lalu terhantam pandemic covid 19 sehingga banyak warung yang memilih menutup gerainya. Saat ini hanya tersisa 12 warung saja. Penelitian ini berusaha menemukan jawaban, apa perencanaan strategis Kampung Kuliner Klaten dalam menyikapi meraih kembali pangsa pasar dan mampu mendukung wisata kuliner Klaten. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, dimana peneliti melakukan obesrvasi selama 5 bulan dan melakukan wawancara kepada pengelola Kampung Kuliner dan beberapa pemilik warung di Kampung Kuliner. Adapun data yang didapat akan dilakukan pengelompokan untuk memperoleh hasil Analisa SWOT. Hasil dari Matriks SWOT yang terbentuk, kekuatan Kampung Kuliner Klaten lebih besar daripada kelemahan, peluang, dan ancaman. Namun faktor weakness lebih besar dari peluang dan ancaman. Sehingga Kampung Kuliner Klaten harus benar-benar menggunakan keunggulan biaya, diferensiasi, dan fokus yang biasa disebut strategi umum (strategi generik).


Kata Kunci


Manajemen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminy, Muhammad Habibullah. 2018. Analisis SWOT D’Vul Restaurant and Café di Lombok International Airport dalam Upaya Mendukung Penghargaan World’s Best Halal Honeymoon Destination and World’s Best halal Tourism Destination. Jurnal Kompetitif: Media Informasi Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi

Vol. 4 No. 2, September.

David, Fred R. 2011. Manajemen Strategik. Jakarta: Salemba Empat

Kotler, Philips. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia Jakarta: Salemba Empat

Pearce, John A. dan Richard, B. Robinson, 2013. Manajemen Stratejik Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy. 2016. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sedarmayanti, 2014. Manajemen Strategi. Bandung: PT Refika Aditama

Siagian, Sondang P. 2018. Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara

https://dewey.petra.ac.id/repository/jiunkpe/jiunkpe/s1/mpar/2016/jiunkpe-is-s1-2016-35408025-37600-wisata-chapter2.pdf (diakses 26 September 2022)




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v13i2.14062

====================================================================

Terbit setiap bulan Maret & September, ISSN : 2655-5433 (online)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License