Implikasi Daya Tarik Wisata, Rekomendasi Untuk Berwisata dan Citra Destinasi Terhadap Kunjungan Wisatawan Ke Obyek Wisata Candi Sambisari

Wisnu Hadi, Atun Yulianto

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana implikasi daya tarik wisata, rekomendasi untuk berwisata dan citra destinasi terhadap kunjungan wisatawan ke obyek wisata Candi Sambisari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan tujuan utama untuk menemukan data dengan interprestasi yang tepat untuk membuat gambaran atau deskripsi tentang suatu keadan secara obyektif. Teknik pengambilan data mengunakan angket sebanyak 30  wisatawan yang saat itu berkunjung untuk menjadi responden sebagai sampel. Kemudian analisis yang digunakan adalah data kualitatif deskriptif  berupa data yang diperoleh (berupa kata-kata, gambar, perilaku). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% responden yang mengatakan obyek ini situs yang unik dan mempunyai kesan yang menyenangkan. Selain itu 100% responden menyebut faktor rekomendasi berwisata juga  menjadi keputusan wisatawan ingin berkunjung karena ada informasi yang positip yang mendukung bahwa obyek wisata sebagai wisata pendidikan dan sejarah. Kemudian 100% responden menanggap bahw faktor citra destinasi wisata sudah melekat pada candi Sambisari sebagai tujuan berkunjung para wisatawan karena menarik dikarenakan ditunjang oleh fasilitas yang nyaman dan menyenangkan.


Kata Kunci


Daya Tarik Wisata, Rekomendasi Berwisata, Citra Destinasi, Kunjungan Wisatawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andi Prastowo,(2011). Memahami Metode Penelitian.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Anggela, Martina Minnie ; Karini; Ni Made Oka; Wijaya, Ni Made Sofia.(2017). Persepsi Dan Motivasi Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daya Tarik Wisata Jembong Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Industri Perjalanan Wisata (IPTA).Vol. 5 No. 2 Desember 2017.

Deni , Muhammad; Winarni, Sri. (2017 ). Pengaruh Pramuwisata dan Promosi Terhadap Kunjungan Wisatawan Kota Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya .Vol.15 No 1

Hurriyati, Ratih. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Imam Ardiansyah dan Hari Iskandar.(2022). Analisis Potensi Ekowisata Di Taman Wisata Alam Gunung Pancar Dengan Menggunakan Metode Analisis Ado. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol.2 No.8 Januari 2022.

Kurniawan, Rahmat; Yahya,Saiful(2020). Perancangan Majalah Digital Candi-Candi Di Malang Raya Berbasis Infografis. Jurnal Desain. Vol.7, No.2, Januari-April 2020.

Pemerintah Indonesia.(2009). Undang Undang tentang Kepariwisataan,UU No. 10 Tahun 2009. Lembaran Negara RI Tahun 2009, No. 10. Sekretariat Negara. Jakarta.

Pemerintah Indonesia.(1969). Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1969 BAB 1 pasal 1 tentang Pedoman Pembinaan Pengembangan Kepariwisataan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 1969, No. 9. Sekretariat Negara. Jakarta.

Riyadi S, Muh. Sugeng; Susilowati, Heni (2021). Keputusan Berkunjung Wisatawan Ditinjau Dari Perspektif Harga Tiket, Citra Destinasi Dan Fasilitas Wisata Di Heritage Palace Kartasura. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis. Vol.14, No.1, Juli 2021.

Raka Gunawarman , Anak Agung Gede(2015). Kajian Proporsi Candi Tebing Gunung Kawi, Tampaksiring-Gianyar. Jurnal RUANG SPACE.Vol. 2, NO. 1, APRIL 2015.

Wardiyanta(2006). Metode Penelitian Pariwisata, Yogyakarta : CV. Andi. Offset.

Error! Hyperlink reference not valid..(Diakses tanggal 24 Mei 2022.

https://bpcbdiy.kemdikbud.go.id.(2021). Cagar Budaya Candi Sambisari. (Diakses tanggal 30 Mei 2022).

https://www.tempatwisata.pro.(2017).Candi Sambisari, Sejarah Yang Terkubur Ratusan Tahun Lalu. (Diakses tanggal 30 Mei 2022).




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v13i2.13307

====================================================================

Terbit setiap bulan Maret & September, ISSN : 2655-5433 (online)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License