Pemasaran Pariwisata pada Masa Pandemi Covid-19 di Bali Bird Park, Kabupaten Gianyar

Shofyan Hadi Ramadhan, Ida Bagus Suryawan, Made Sukana

Sari


Virus Covid-19 secara resmi diumumkan oleh World Health Organization (WHO) sebagai pandemi pada Maret 2020. Virus ini sangat mempengaruhi berbagai sektor salah satunya adalah sektor pariwisata. Adanya virus Covid-19 ini membuat pariwisata tidak dapat berjalan dengan seharusnya karena wisatawan tidak dapat bepergian dan beberapa destinasi wisata juga harus terpaksa tutup. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penyebaran virus Covid-19. Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Adanya virus Covid-19 ini sangat mempengaruhi jumlah wisatawan yang datang ke Bali berkurang sebanyak 74,18%. Berkurangnya wisatawan yang datang ke Bali sangat berpengaruh terhadap destinasi wisata yang ada di Bali. Salah satu destinasi wisata di Bali yang terkena dampak dari adanya virus Covid-19 adalah Bali Bird Park. Adanya virus Covid-19 ini membuat Bali Bird Park harus memiliki strategi pemasaran yang berbeda dari sebelumnya untuk menarik wisatawan. Maka dari itu, penelitian ini hendak mengidentifikasi pemasaran yang dilakukan oleh Bali Bird Park pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dalam penanganan virus Covid-19 ini Bali Bird Park menerapkan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability). Hal ini diterapkan untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan yang datang ke Bali Bird Park. Selain itu, Bali Bird Park juga menyusun strategi pemasaran baru untuk menangani situasi pariwisata ditengah pandemi. Strategi pemasaran yang baru ini dilakukan dengan segmenting untuk generasi z, targeting ke wisatawan domestik Bali, dan menurunkan positioning harga.


Kata Kunci


Pemasaran Pariwisata, Covid-19, Bali Bird Park

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. 2020. Perkembangan Pariwisata Provinsi Bali Agustus 2020.

Bali Tours Club. Objek Wisata Tegalalang (artikel onlione). (https://www.balitoursclub.net/tegalalang/).

Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar. Sejarah Pariwisata Gianyar (online). (http://diparda.gianyarkab.go.id/index.php/en/history-of-gianyar-tourism)

Kasali, R. 2001. Membidik Pasar Indonesia Segmenting, Targeting, Positioning. Gramedia. Jakarta.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 2020. Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Daya Tarik Wisata Edisi Agustus.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Muljadi, A.J. 2009. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurhalimah, Neneng. 2020. Upaya Bela Negara Melalui Sosial Distancig dan Lockdown Untuk Mengatasi Wabah COVID-19. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3576405

Sanjiwani, Putri & Ardana, A & Sunarni, WO & Sukmadicandra, RA & Sak, LDN. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Citra Destinasi Wisata (Kajian Di Kabupaten Badung). https://www.researchgate.net/publication/343599706_Dampak_Pandemi_Covid-19_Terhadap_Citra_Destinasi_Wisata_Kajian_Di_Kabupaten_Badung

Schiffman dan Kanuk Leslie Lazar 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v13i1.11037

====================================================================

Terbit setiap bulan Maret & September, ISSN : 2655-5433 (online)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License