Pengaruh Persepsi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Ulang di Pantai Baru Yogyakarta
Sari
Abstrak
Minat kunjung ulang wisatawan adalah bagian dari perilaku wisatawan yang merupakan dorongan wisatawan untuk melakukan kunjungan lagi di destinasi wisata yang sama. Faktor yang bisa mempengaruhi minat kunjung ulang diantaranya adalah persepsi wisatawan terhadap daya tarik objek wisata dan motivasi wisatawan untuk melakukan kunjung ulang. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan motivasi wisatawan terhadap daya tarik wisata terhadap minat kunjung ulang di Pantai Baru Bantul Yogyakarta. Rumusan masalah penelitian adalah: 1). Apakah persepsi wisatawan tentang daya tarik objek wisata dan motivasi wisatawan secara bersama-sama mempengaruhi minat kunjung ulang wisatawan; 2). Apakah persepsi wisatawan tentang daya tarik suatu objek wisata mempunyai pengaruh terhadap minat kunjung ulang wisatawan; dan 3). Apakah motivasi wisatawan mempunyai pengaruh terhadap minat kunjung ulang wisatawan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) persepsi wisatawan pada daya tarik objek wisata dan motivasi wisatawan secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap minat kunjung ulang wisatawan; 2) persepsi wisatawan tentang daya tarik suatu objek wisata mempunyai pengaruh positif terhadap minat kunjung ulang wisatawan; dan 3) motivasi wisatawan mempunyai pengaruh positif terhadap minat wisatawan untuk melakukan kunjung ulang.
Kata Kunci: Persepsi, Motivasi, dan Minat Kunjung Ulang
The Influence of Tourist’s Perceptions and Motivations on The Interest of Repeat Visits at Pantai Baru Yogyakarta
Abstract
The interest of returning tourist is part of tourist behavior which is an incentive for tourist to make another visit to the same tourist destination. Factors that can affect the interest in repeat visits include tourists perceptions of the attractiveness of tourist objects and the motivation of tourists to make repeat visits. This research was conducted to determine the effect of perceptions and motivation of tuorists on tourist attractiveness towards revisiting interest in Pantai Baru Bantul Yogyakarta. The formulations of the research problems are: 1). Do tourists perceptions of the attractiveness of a tourist attraction and tourist motivation together influence the interest in visiting tourists’ re-visits 2). Does the perception of tourists about the attractiveness of a tourist object have an influence on the interest in visiting tourist again; and 3). Does tourist motivation have an influence on the interest in visiting tourists again? The sampling method used was nonprobability sampling with a sample size of 100 respondents. The analytical tool used in this research is multiple regression analysis. The results of this study indicate: 1) the perception of tourists on the attractiveness of tourist objects and the motivation of tourists together have an influence on the interest in visiting tourists again; 2) the perception of tourists about the attractiveness of a tourist abject has a positive influence on the interest in returning tourists; and 3) tourist motivation has a positive influence on tourist interest in revisiting.
Keywords: Perception, Motivation, and Revisiting Interest
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP UNDIP
Hayati, 2012. Jurnal “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Wistawan Berkunjung ke Candi Muara Takus Kec. XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar No. 5”
http://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/4409
I Gusti. 2016. Geografi Pariwisata dan
Ekonomi Kreatif, Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada
Mill, Robert C and Morrison Alastair M. 1985. The Tourism System, An Introductory Text, New Jersey: Prentice Hall Inc.
Nuraeni, Sofia. 2014. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang”. Jurnal Bisnis Strategi. Volume 23. 1 Juli 2014
Pitana, I Gede dan Putu G. Gayatri, 2005, Sosiologi Pariwisata, Yogyakarta: Penerbit Andi
Sangaji, Etta Mamang, dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen, Yogyakarta: CV Andi Offset
Umar, Husein. 2003, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan
Witarsana. 2017. Judul “Motivasi dan Persepsi Wisatawan Mancanegara Berwisata Alam Trekking di Taman Wisata Alam Gunung Batur Bukit Payang. Jurnal IPTA Vol. 5 No. 1
https://doi.org/10.24843/IPTA.2017.v05.i01.p03
DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.10579