Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie)

Chriswardana Bayu Dewa, Lina Ayu Safitri

Sari


Abstrak

Pada masa pandemi Covid-19, banyak sekali pelaku usaha kuliner yang mengalami penurunan pendapatan usaha terutama di daerah wisata seperti Yogyakarta. Hal tersebut membuat para pengusaha kuliner mencari jalan keluar untuk tetap memperoleh pendapatan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah melakukan promosi produknya melalui media sosial. Saat ini platform media sosial yang populer adalah Tiktok. Total unduhan aplikasi Tiktok pada tahun 2020 sebanyak 63,3 juta kali dan Indonesia menjadi negara yang paling banyak mengunduh aplikasi tersebut sebesar 11% dari total unduhan aplikasi Tiktok. Berdasarkan fakta tersebut, aplikasi Tiktok berpeluang menjadi media promosi yang efektif dalam memasarkan industri kuliner khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu akun Tiktok yang mempromosikan industri kuliner di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Javafoodie. Akun Javafoodie mempromosikan industri kuliner dengan metode yang unik yaitu story telling dengan nuansa komedi, sehingga diharapkan dapat menarik minat beli konsumen.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menjadikan Tiktok sebagai media promosi yang efektif pada masa pandemi Covid-19. Peneliti menarik kesimpulan bahwa Tiktok menjadi media promosi yang efektif karena Tiktok memiliki banyak pengguna, mudah digunakan, populer di kalangan milenial, sering digunakan oleh selebriti dan memiliki fitur Tiktok ads yang dapat mengoptimalkan penyebaran konten.

Kata Kunci : Media Sosial, Promosi, Tiktok

 

The Utilization Of Tiktok Social Media As A Media For Culinary Industry Promotion In Yogyakarta In The Pandemic Time Of Covid-19

(Javafoodie TikTok Account Case Study)

 

Abstract

During the Covid-19 pandemic, many culinary business actors experienced a decrease in business income, especially in tourist areas such as Yogyakarta. This makes culinary entrepreneurs look for solutions to keep earning income. One effort that can be done is to promote its products through social media. Currently the popular social media platform is Tiktok. The total Tiktok application downloads in 2020 were 63.3 million times and Indonesia became the country with the most downloads of the application, 11% of the total Tiktok application downloads. Based on these facts, the Tiktok application has the opportunity to become an effective promotional media in marketing the culinary industry, especially in the Special Region of Yogyakarta. One of the Tiktok accounts promoting the culinary industry in the Special Region of Yogyakarta is Javafoodie. The Javafoodie account promotes the culinary industry with a unique method, namely story telling with a comedic nuance, so that it is expected to attract consumer buying interest. The purpose of this study is to find out what factors make Tiktok an effective promotional media during the Covid-19 pandemic. Researchers draw the conclusion that Tiktok is an effective promotional media because Tiktok has many users, is easy to use, is popular with millennials, is often used by celebrities and has Tiktok ads features that can optimize content distribution.

Keywords:  Social Media, Promotion, Tiktok


Kata Kunci


Manajemen, Pariwisata, Pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Augustinah, F dan Widayati. 2019. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, Volume 4, Nomor 2 September 2019.

Hasiholan, dkk. 2020. Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Pencegahan Corona Covid-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 5 No. 3 Juni 2020.

Kaplan, .M dan Haenlein, M. 2010. Users of the world, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons.

Kotler and Keller. 2016. Marketing Management. Person : Prentice Hall

Merril, T., Latham, K. Santalesa R, Navetta, D.2011. Social Media : The Business Benefit May Be Enermous, But Can The Risks Reputation, Legal, Operational Bemitigated Information Law Group.

Pertiwi, Wahyunanda Kusuma. 2020. Indonesia Sumbang Angka Unduhan TikTok Terbanyak di Dunia. https://tekno.kompas.com/read/2020/09/11/15010037/indonesia-sumbang-angka-unduhan-tiktok-terbanyak-di-dunia (diakses pada tanggal 16 September 2020)

Rakhmayanti, Intan. 2020. Pengguna TikTok di Indonesia Didominasi Generasi Z dan Y. https://tekno.sindonews.com/berita/1523692/207/pengguna-tiktok-di-indonesia-didominasi-generasi-z-dan-y (diakses pada tanggal 15 September 2020).

Rangkuti, F. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Utama, Lazuardhi dan Novina P.B. 2018. Ini Penyebab Kominfo Putuskan Blokir TikTok. https://www.viva.co.id/digital/digilife/1050527-ini-penyebab-kominfo-putuskan-blokir-tik-tok (diakses pada tanggal 16 September 2020).




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

====================================================================

Terbit setiap bulan Maret & September, ISSN : 2087-0086 (print), 2655-5433 (online)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License