Implementasi Algoritma Winnowing Pada Sistem Penilaian Otomatis Jawaban Esai Pada Ujian Online Berbasis Web

febrilia endah kurniawati, Windha Mega Pradnya

Abstract


Pendidikan di Indonesia dalam sistem pembelajaran saat ini masih menggunakan ujian evaluasi belajar di setiap akhir semesternya. Hampir semua tingkat sekolah bahkan perguruan tinggi menyelenggarakan ujian akhir semester tersebut. Dalam proses peningkatan fasilitas dan kualitas dalam belajar, pemerintah mulai melakukan ujian dengan bantuan komputer yang bertujuan mempermudah siswa dalam pengisian soal dan juga membuat proses penilaian menjadi lebih efektif.  Tetapi pada ujian berbasis komputer dalam penyajian soal masih menggunakan sistem pilihan ganda dan ujian menggunakan soal esai masih jarang digunakan karena proses koreksi dan penilaian belum bisa dilakukan secara otomatis oleh sistem. Tujuan mengambil judul ini adalah mencoba mengimplementasikan algoritma yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian otomatis ujian online khususnya soal esai. Algoritma Winnowing digunakan untuk melakukan pencocokan data yang sudah ditentukan sebagai kunci jawaban pada sistem. Angka kecocokan jawaban diperoleh dari proses pencocokan antara kunci jawaban pada system dengan jawaban siswa. Hasil pencocokan jawaban tersebut dapat digunakan untuk melakukan sistem penilaian otomatis pada ujian esai.


Keywords


algoritma winnowing; esai; penilaian otomatis

Full Text:

PDF

References


Agung Toto Wibowo, K. W. (2013). Comparison Between Fingerprint and Winnowing Algorithm to Detect Plagiarism Fraud on Bahasa Indonesia Documents. International Conference of Information and Communication Technology (ICoICT).

Anak Agung Putri Ratna, D. L. (2018). Automatic Essay Grading System for Japanese Language Examination Using Winnowing Algorithm. International Seminar on Application for Technology of Information and Communication (iSemantic).

Andysah Putera Utama Siahaan, M. R. (2017). K-Gram As A Determinant Of Plagiarism Level In Rabin-Karp Algorithm. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 350-353.

Djaali, P. M. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : PT. Grasindo.

Eric Ganiwijaya Hasan, A. W. (2018). The Implementation of Winnowing Algorithm for Plagiarism Detection in Moodle-based E-learning. ICIS.

Kadek Versi Yana Yoga. (2012). PENGEMBANGAN APLIKASI PENDETEKSI PLAGIARISME PADA DOKUMEN TEKS MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN-KARP . Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI).

Rafi'i, M. (2008). Cara cepat membuat website untuk pemula. Surabaya: Tiara Aksa.

Rhio Sutoyo, I. R. (t.thn.). Detecting Documents Plagiarism using Winnowing Algorithm and K-Gram Method.

Sahriar Hamza, M. S. (2014). Sistem Koreksi Soal Essay Otomatis Dengan Menggunakan Metode Rabin Karp. EECCIS.

Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis Tes suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran. Jakarta: P2LPTK Dirjen Dikti.

Sunardi, A. Y. (2018). IMPLEMENTASI DETEKSI PLAGIARISME MENGGUNAKAN METODE N-GRAM DAN JACCARD SIMILARITY TERHADAP ALGORITMA WINNOWING. TRANSMISI, 105-110.

Sunyoto, A. (2007). AJAX : Membangun WEB dengan Teknologi ASYNCHRONOUSE JAVASCRIPT & XML. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu, Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner dan Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Xuliang DUAN, M. W. (2017). A Plagiarism Detection Algorithm based on Extended Winnowing. MATEC Web of Conferences.

Yanuar Nurdiansyah, F. N. (2018). Implementation of Winnowing Algorithm Based. MATEC Web of Conferences, 164.




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v6i2.7838

Copyright (c) 2020 febrilia endah kurniawati, Windha Mega Pradnya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License