Model Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Nilai Pada SMP Kartika XI-3 Jakarta Timur

Amrin Amrin, Mita Diah Larasati, Irawan Satriadi

Abstract


- Sistem informasi berbasis web pada saat ini sudah menjadi sarana yang efektif untuk mengolah data. Selain itu juga menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan pemakai dalam mencari berbagai macam informasi yang dibutuhkan. SMP Kartika XI-3 Jakarta Timur membutuhkan sekali adanya sistem informasi dalam hal pengolahan data nilai siswa. Untuk itulah penulis mencoba membuat penelitian mengenai sistem pengolahan nilai rapor pada SMP Kartika XI-3 Jakarta Timur yang sampai saat ini belum terkomputerisasi. Sistem yang ada pada SMP Kartika XI-3 Jakarta Timur ini masih dilkukan secara manual, mulai dari pencataan data nilai siswa, sampai penyimpanan data-data lainnya yang berhubungan dengan proses pengolahan hingga sampai pembuatan laporan, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall web ini dapat dibuat, mulai dari komunikasi, perencanaan, perancangan, pembuatan, hingga pengembangan. Sistem informasi pengolahan nilai siswa berbasis web pada SMP Kartika XI-3 Jakarta Timur yang dibuat ini dapat digunakan sebagai sarana informasi bagi siswa dan guru mengenai pelaporan data nilai siswa dengan memanfaatkan sistem komputerisasi yang diolah dengan menggunakan bahasa pemrograman web PHP serta database MySQL.


Full Text:

PDF

References


Astuti, Y. P., & Subhiyakto, E. R. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Dengan Metode Waterfall Untuk Pengarsipan Data Wajib Pajak. Jurnal Teknologi Informasi UDINUS, 16(2), 106–113.

Melan, S. (2016). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK Pasar Minggu Jakarta. Jurnal Informatika, 3(1), 91–99. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/304

Pratama, I. G. Y., Wicaksono, S. A., & Saputra, M. C. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Pada Ruang Baca Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, 2(12), 6669–6678.

Pressman, R. S. (2010). Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak Edisi 7. Yogyakarta: Andi Offset.

Romadhoni, E. N. A., Widiyaningtyas, T., & Pujianto, U. (2015). Implementasi Model Waterfall Pada Pengembangan Sistem Informasi Alumni Smkn 1 Jenangan Ponorogo. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO) Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, (2–3 November 2015), 445–452. Retrieved from http://is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/home/detail/1594

Yulianto, S. V., & Atmaja, A. P. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Web dengan SDLC Waterfall. Jurnal Sisfo ITS, 7(2), 149–164.




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v6i1.6884

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License