Sistem Informasi Akuntansi Peminjaman Pada Koperasi Simpan Pinjam Tirta Mukti PDAM Bekasi

Rahayu Ningsih, Sinta Rukiastiandari, Khopidoh Sayekti, Meilania Linasari

Abstract


Koperasi sebagai salah satu bentuk badan usaha yang penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, karena saat ini koperasi menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan dana dalam upaya memperbaiki taraf  kehidupan, pemenuhan kebutuhan sehari–hari dan mengembangkan usaha, hal tersebut didukung dengan data BPS bahwa capaian kontribusi koperasi PDB naik cukup signifikan dari 1,7% menjadi 4,48% dari jumlah koperasi sebanyak 152 ribu dan anggota 26 juta. Sistem berjalan saat ini Pada Koperasi Simpan Pinjam Tirta Mukti PDAM Bekasi masih manual sehingga membutuhkan sekali adanya suatu sistem yang menunjang dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para anggota koperasi. Oleh karena itulah peneliti melakukan penelitian mengenai sistem Peminjaman Pada Koperasi Simpan Pinjam Tirta Mukti dan sekaligus merangcang sistem yang terkomputerisasi dengan metode waterfall, UML (Unified Modeling Language) dan aplikasi software berupa java netbeans. Sehingga menghasilkan sistem pengolahan data dengan cara yang lebih mudah, efektif dan efisien dari mulai adanya master data, data transaksi, sampai dengan terbentuknya laporan. Dengan sistem ini keamanan data lebih aman karena dibuatkannya validasi login, Dalam segi penyimpanan data lebih aman dan rapi karena disimpan dalam tabel, dalam pencarian data lebih mudah, dan dalam penyajian data yang dibutuhkan lebih cepat dan akurat.

Keywords


Pinjaman, Koperasi, UML

Full Text:

PDF

References


Harjunawati, S. (2016). Sistem informasi akuntansi penjualan berbasis waterfall model untuk perusahaan dagang, 1(2), 44–53.

Hellyana, C. M. (n.d.). KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM.

hutahaean, jeperson. (2015). KONSEP SISTEM INFORMASI. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Irnawati, O. (2017). Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam, 2(1), 31–40.

Muslihudin dan Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi menggunkan model terstruktur dan UML. (Arie Pramesta, Ed.). Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Puspitasari, D., Studi, P., & Informatika, M. (2015). Rancang bangun sistem informasi koperasi simpan pinjam karyawan berbasis web, XI(2), 186–196.

Rosa, A. ., & M.Shalahudin. (2018). Rekayasa perangkat lunak. Bandung: Informatika Bandung.

Sidik, F., & Rahmawati, M. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web Pada SMK Bina Putra Jakarta. Paradigma, XX(1), 119–128.

Sujarweni, V. W. (2015). Sistem Akuntansi. (Mona, Ed.) (pertama). Yogyakarta: pustaka baru press.

Supriyanto, A. (2015). Tata Kelola Koperasi Kredit Atau Koperasi Simpan Pinjam. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

https://www.wartaekonomi.co.id/read211628/kemenkop-ukm-masih-fokus-kereformasi-total-koperasi.html




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v6i1.6823

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License