Pembangunan Sistem Informasi Penjualan Peralatan Kesehatan (Studi Kasus: PT. Kalikandri Banyu Bening)

Dewi Laraswati, Fattya Ariani

Abstract


Perkembangan teknologi informasi, secara otomatis menuntut semua bidang kegiatan untuk terkomputerisasi. PT. Kaliandri Banyu Bening menggunakan sistem penjualan konvensional atau manual, untuk analisa permasalahan digunakan diagram ishikawa, dan pada sistem yang berjalan memiliki banyak kelemahan yang menyebabkan data hilang,data dapat dimanipulasi,pengolahan data tidak efektif dan efisien, informasi tidak akurat, kesulitan pencarian data,pembuatan laporan memakan waktu lama sehingga menghambat dalam mengambil keputusan. Sistem yang terkomputerisasi adalah solusi yang tepat untuk masalah ini. Dengan desain sistem informasi penjualan alat kesehatan dengan metode waterfall, pencatatan, pengarsipan dan pencarian informasi penjualan dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Sehingga dalam pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. komputerisasi juga sangat berguna untuk menjaga keamanan dokumen-dokumen penting perusahaan karena menggunakan kata sandi yang hanya diketahui oleh orang-orang yang terkait dengan sistem penjualan itu sendiri.

Keywords


Information Systems, Health Equipment Sales, Diagram Fishbone

Full Text:

PDF

References


Christian, A., & Ariani, F. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Peminjaman Perangkat Demo Video Conference Berbasis Web Dengan Metode Waterfall. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(1), 131–136.

Laraswati, D., & Ariani, F. (2019). Laporan Penelitian Sistem Informasi Penjualan Peralatan Kesehatan.

Laraswati, D., & Marlina. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi pelayanan Paket Pernikahan Pada Mindo Wedding Organizer. IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering, 5(1), 1–8. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/view/6177

Rachmawati, S. (2015). Analisis Perbandingan Proses Pembuatan Laporan Keuangan Antara Manual Dan Terkomputerisasi. Perspektif, 13(1), 78–90.

Susanto, S., & Irawan, H. (2018). Analisa Dan Desain Sistem Informasi Administrasi Pengadaan Alat Tulis Kantor Menggunakan Unified Modelling Language Studi Kasus: Amik Pakarti Luhur Kota Tangerang. J u r n a l I D E A L I S, 1, 410–415.

Yuni, I. M. N., & Muryani, S. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Perabotan Pada CV . Evamas. Jurnal Paradigma, XX(2), 1–8. https://doi.org/10.31294/p.v20i2.3838




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v6i1.6704

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License