FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT MENGGUNAKAN INSTAGRAM DENGAN THE THEORY OF REASONED ACTION MENGGUNAKAN AMOS 21
Abstract
various social media more and more devotees, well just try or
eventually become active users. Instagram is one of the social media
users today are becoming increasingly expanded and increased, with
a variety of application purposes instagram use more and more are
using. There are several factors that influence a person's intentions
and attitudes in using this application. This study used a variable
confidence instagram app, satisfaction using instagram app,
attitudes in using instagram, instagram and intention using
subjective norm. This study is expected to be able to determine what
factors that significantly affect the intentions of the users using the
application instagram instagram in this. Based on the survey results
revealed that the intention to use instagram app is influenced by trust,
satisfied with the attitude of the users themselves. Int isari — Kian merebaknya media sosial saat ini meningkatkan
keingintahuan masyarakat akan media sosial apa saja yang ada saat ini,
sehingga berbagai media sosial makin banyak peminatnya, baik hanya
sekedar mencoba ataupun pada akhirnya menjadi pengguna aktif.
Instagram merupakan salah satu media sosial yang saat ini
penggunanya semakin hari makin meningkat dan bertambah, dengan
berbagai tujuan penggunaan applikasi instagram ini makin banyak
yang mengunakan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi niat dan
sikap seseorang dalam menggunakan aplikasi ini. Dalam penelitian ini
digunakan variable kepercayaan terhadap aplikasi instagram,
kepuasan menggunakan aplikasi instagram, sikap dalam menggunakan
instagram, niat menggunakan instagram dan norma subjektif.
Diharapkan dengan penelitian ini dapat mengetahui faktor apa saja
yang secara signifikan mempengaruhi niat para pengguna instagram
dalam menggunkan aplikasi instagram ini. Berdasarkan hasil
penelitian diketahui bahwa niat untuk menggunakan aplikasi
instagram ini dipengaruhi oleh rasa percaya, puas serta sikap dari
pengguna itu sendiri.
Kata kunci — AMOS, Instagram, SEM, Theory of Reasoned
Action (TRA), Theory of Planned Behavior (TPB), Structural
Equation Modeling (SEM)
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Albarracín Dolores, Johnson Blair T, Fishbein Martin, Muellerleile
Paige A.“Theories of Reasoned Action and Planned Behavior as
Models of Condom Use: A Meta-Analysis”, Psychological Bulletin,
, Vol 127, No. 1, 142-161. 2001.
Arbuckle James L. IBM SPSS Amos 21 User's Guide, IBM, U.S. 2012.
Denga Zhaohua, Yaobin Lua, Kwok Kee Weib & Jinlong Zhanga
“Understanding customer satisfaction and loyalty: An empirical study
of mobile instant messages in China”, International Journal of
Information Management 30, Vol 30, Pages 289–300, August 2010.
Fishbein & Ajzen, I. Belief, Attitude, Intention and Behavior An
Introduction to Theory and Research, Addison-Wesley, Reading, MA.
Fitria, Eva Melita. Dampak Online Shop Di Instagram Dalam
Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Perempuan Shopaholic Di
Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, Volume 3, Nomor 1, 2015:
-128. 2015.
Ghozali Imam. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi
dengan Program AMOS 21.0, Semarang : Badan Penerbit Universitas
Diponegoro. 2013.
Hamzah Ardi. Evaluasi Kesesuaian Model Keperilakuan dalam
Penggunaan Teknologi Sistem Informasi di Indonesia, Fakultas
Ekonomi Universitas Trunojoyo, Seminar Nasional Aplikasi
Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009) ISSN: 1907-5022,
Yogyakarta. 2009.
Hayati Nur. “The Effect Of Customer Satisfaction, Customer Trust On
Custromer Loyalty Of The Card Users Of PT. Indosat Tbk”,
Proceedings of The 1st International Conference on Information
Systems For Business Competitiveness (ICISBC) . 2011.
HM Jogiyanto. Sistem Informasi Keperilakuan, Yogyakarta : Andi
Offset. 2007.
HM Jogiyanto. Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling
berbasis varian dalam penelitian bisnis, Yogyakarta : UPP STIM
YKPN. 2011.
Kiranasari, Betari. Wiratmojo, Y Bambang. Faktor-faktor yang
menentukan online seller memilih situs jejaring instagram sebagai
media promosi online shop (studi deskriptif kualitatif mengenai faktorfaktor
yang menentukan toko online di yogyakarta memilih media
promosi instagram). Yogyakarta: Universitas Atma Jaya. 2014.
M Ian D Jee, Theory Of Reasoned Action (TRA),
http://www.scribd.com/doc/101688298/Theory-of-Reasoned-Action,
(diakses 14 Juni 2013).
Putri, Sukma Ari Ragil. MINORITISASI LGBT DI INDONESIA:
CYBER BULLYING PADA AKUN INSTAGRAM @denarachman.
JURNAL INTERAKSI, Vol. 4 No. 1, Januari 2015 : 73 – 81. 2015.
Ramadhani Rizki Idesti (2012), Reasoned Action Theory
Issue.http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/mediaconvergence/
-ptik/4088-reasoned-action-theory-issue, (diakses 3
juni 2013). 2012.
Rimer Karen Glanz Barbara K. & Viswanath K..“Health Behaviour
and Health Education : Theory, Reseacrh and Practice”, Jossey-Bass,
San Francisco. 2008.
Salamoon, Daniel Kurniawan. Instagram, Ketika Foto Menjadi
Mediator Komunikasi Lintas Budaya Di Dunia Maya Surabaya:
Universitas Airlangga. 2013.
Salomon, Danielle. Moving on from Facebook Using Instagram to
connect with undergraduates and engage in teaching and learning.
ACRL TechConnect. 2013.
Santoso Singgih. Analisis SEM Menggunakan AMOS, Jakarta : PT.
Elek Media Komputindo. 2012.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,
Bandung : AlfaBeta. 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,
Bandung : AlfaBeta. 2011.
Supiani. Teori-Teori Motivasi,
http://supiani.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/1178/TEORI+
TEORI+MOTIVASI.doc. 2005.
Ting, Hiram. Ming, Winnie wong poh ming. Run, Ernest cyril de.
Choo, sally lau yin. Beliefs about the use of instagram: an exploratory
study. International Journal of business and innovation, Vol. 2, Issue 2
: 15 - 31. 2015.
Widodo, Prabowo Pudjo. Langkah-langkah dalam SEM Pemodelan
Persamaan Struktural, Jakarta.2006.
Wijaya Tony. Analisis Structural Equation Modeling menggunakan
AMOS, Yogyakarta : Universitas Atma Jaya Yogyakarta. 2013.
Wijayanto Setyo Hari. Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8
Konsep dan Tutorial, Yogyakarta : Graha Ilmu. 2008.
Wulansari, Kinanti Bunga.Pengaruh Terpaan Iklan Promosi Penjualan
Melalui Media Sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram) dan
Reference Group Terhadap Minat Belanja Secara Online. Universitas
Diponegoro. 2015.
DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v2i1.364
Copyright (c) 2016 Erni Dwi Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120