PERANCANGAN PRIVATE CLOUD COMPUTING BERBASIS NEXTCLOUD PADA KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN JAKARTA

Mohammad Nurohman, Aziz Setyawan Hidayat, Eri Riana

Abstract


Instansi Kementerian Perindustrian memiliki beberapa unit kerja pada setiap lantai dan belum memiliki data center yang terpusat. Penyimpanan data center yang saat ini digunakan hanya terletak pada setiap unit kerja masing-masing lantai. Perbedaan segmen ip address pada setiap lantai membuat data center pada setiap unit kerja tidak dapat saling sharing files antar unit kerja lain. Permasalahan ini dapat diatasi dengan membangun private cloud server yang dapat diakses dengan menggunakan jaringan Wide Area Network (WAN). Private cloud computing merupakan teknologi yang memberikan pelayanan berupa penyimpanan data, software, dan multimedia melalui jaringan internet dengan model client-server secara internal. Perancangan private cloud computing menggunakan service layer Infrastructure As a Service (IaaS) dan aplikasi nextcloud yang bersifat open source. Dengan menggunakan service layer Infrastructure As a Service (IaaS) sehingga dalam perancangan private cloud computing hanya memanfaatkan jaringan infrastruktur yang sudah ada pada Kementerian Perindustrian tanpa harus melakukan kerja sama terhadap pihak tertentu. Perancangan private cloud computing berbasis nextcloud yang dapat diakses dengan menggunakan jaringan WAN dapat memudahkan pegawai Kementerian Perindustrian untuk saling sharing files antar unit kerja, dan dapat mengakses data pegawai dimanapun selama memiliki jaringan internet.

Full Text:

PDF

References


Kristi, Progri. 2016. Nextcloud an Open-source Drop Box, Google Drive Alternative. Diambil dari : https://www.sitepoint.com/nextcloud-an-open-source-dropbox-google-drive-alternative/. (14 Mei 2017).

Kurnianto, Catur Andi, Suraya, dan Erna Kumalasari Nurnawati. 2013. Manajemen Bandwidth Menggunakan Delay Pools di Squid Proxy (Studi Kasus: SMA N 1 Sragen). Sragen. ISSN: 2338-6313. Jurnal JARKOM, Vol.1, No.1, Desember 2013.

Nextcloud, 2017. Introducing Nextcloud. Diambil dari: https://nextcloud.com/about/. (18 Mei 2017).

Sofana, Iwan. 2012. Teori dan Praktik Cloud Computing (OpenNebula, VMware, dan Amazon AWS). Bandung: Informatika.

Okatavianus, Yoppi Lisyadi. 2013. Membangun Sistem Cloud Computing Dengan Implementasi Load Balancing Dan Pengujian Algoritma Penjadwalan Linux Virtual Server Pada FTP Server. ISSN: 2302-2949. Padang: Jurnal Nasional Teknik Elektro Universitas Andalas, Vol.2, No.1, Maret 2013.




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v4i1.2453

Copyright (c) 2018 Mohammad Nurohman, Aziz Setyawan Hidayat, Eri Riana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License