ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN PAKAIAN ADAT TRADISIONAL PADA SMP PGRI 1 BEKASI

Yugo Bhekti Utomo, Herlawati ., Erene Gernaria Sihombing

Abstract


ne"> Abstract — Interactive animation is a medium of learning is quite
interesting for students. This is because learning how to use the
animation is not as boring as learning in school just by paying
attention to the teacher who was explaining to the class material. In
this interactive animation writer tries to make the material
introduction to traditional indigenous clothing intended for junior
high school students, especially for grade 8. This animation was
created to provide knowledge to the students about the role of
traditional indigenous clothing in human life. It also can be a
method of learning that is different from what is taught in schools.
In this study the authors will use some of them, namely software
Adobe Flash CS3 and Adobe Photoshop CS3. The results of the
analysis show the learning process through interactive animated
media have a big impact in improving students 'understanding of
the material and the student an introduction to the introduction of
the traditional custom clothing, this is due to male and female
students' understanding of the explanation is better to use images,
sound effects, and animations.
Intisari Animasi interaktif merupakan media pembelajaran
yang cukup menarik bagi pelajar. Hal ini dikarenakan cara
belajar menggunakan animasi tidak membosankan seperti
belajar di sekolah yang hanya dengan memperhatikan guru yang
sedang menerangkan materi di depan kelas. Pada animasi
interaktif ini penulis mencoba untuk membuat materi
pengenalan tentang pakaian adat tradisional yang ditujukan
untuk pelajar sekolah menengah pertama khususnya untuk kelas
8. Animasi ini dibuat untuk dapat memberikan pengetahuan
bagi pelajar tentang peran pakaian adat tradisional di dalam
kehidupan manusia. Selain itu juga dapat menjadi sebuah
metode pembelajaran yang berbeda dari apa yang diajarkan di
sekolah. Pada penelitian ini penulis akan menggunakan
beberapa perangkat lunak yang diantaranya yaitu Adobe Flash
CS3 dan Adobe Photoshop CS3. Hasil dari analisa menunjukkan
proses pembelajaran melalui media animasi interaktif
berpengaruh besar dalam meningkatkan pemahaman siswa dan
siswi terhadap materi pengenalan tentang pengenalan pakaian
adat tradisional, hal ini dikarenakan pemahaman siswa dan siswi
lebih baik terhadap penjelasan yang menggunakan gambar, efek
suara, dan animasi.
Kata kunci : Animasi Interaktif, Media Pembelajaran,
Adobe Flash CS6, Adobe Photoshop CS3.


Full Text:

PDF

References


Binanto, Iwan. Multimedia Digital Dasar Teori Dan Pengembangannya.

Yogyakarta: ANDI. 2010.

Chandra. 7 Jam Belajar Interaktif Flash CS3 Untuk Orang Awam.

Palembang: MAXIKOM. 2007.

Hartono, dan Supiyarto. Pembuatan Media Pembelajaran KKPI Pada

Muhammadiyah 01 Boyolali. ISSN: 2302-1136 Vol 2, No.1 Maret 2013.

Diambil dari:

http://unsa.ac.id/ejournal/index.php/seruni/article/view/691 (3 Mei 2014).

Ladjamudin, Al-Bahra Bin. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta:

GRAHA ILMU. 2006.

Madcoms. Adobe Flash CS3 Professional. Madiun: ANDI. 2008.

Miskowati, Mina. Pembangunan Media Pembelajaran Geografi Untuk

Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Karangpandan

Berbasis Multimedia Interaktif. ISSN: 1979-9330 Vol 10, No.1 Februari

Diambil dari:

http://www.unsa.ac.id/ejournal/index.php/speed/article/view/660/381 (3

Mei 2014). 2012.

Rizky, Soetam. Rekayasa Perangkat Lunak Software Reengeneering.

Bandung: PRESTASI PUSTAKA. 2012.

Santi, Rina Chandra Noor, dan Edy Supriyanto. Rancang Bangun Model

Pembelajaran Fisika SMA Dengan Flash Studi Kasus Gerak Benda.

ISSN: 0854-9524 Vol XIV, No.1 Januari 2009. Diambil

dari:http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/viewFile/90/85

(2 Mei 2014). 2009.

Seta, Mahadewa Adi.. Mengenal Adat Dan Budaya 34 Provinsi Di

Indonesia. Yogyakarta: LAKSANA KIDZ. 2013.

Sukamto, Rosa Ariani dan Muhammad Shalahuddin. Rekayasa Perangkat

Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: INFORMATIKA.

Waluyo, Teguh. Pembangunan Media Pembelajaran Peralatan Teknologi

Informasi dan Komunikasi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 7

Pati Berbasis Multimedia Interaktif. ISSN: 2302-1136 Vol 2, No.1

Maret 2013. Diambil dari:

http://www.unsa.ac.id/ejournal/index.php/seruni/article/view/690 (1 Mei

. 2013.




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v1i1.242

Copyright (c) 2015 Yugo Bhekti Utomo, Herlawati ., Erene Gernaria Sihombing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License