Media Edukasi Interaktif sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar pada MI Al-Khairiyah Bekasi

Siti Nurajizah

Abstract


Bahasa inggris merupakan salah satu bahasa internasional selain bahasa Arab dan mandarin. Pelajaran bahasa inggris sudah menjadi kurikulum pada pendidikan dasar. Sistem pembelajaran yang masih konvensional membuat siswa kesulitan untuk memahami materi pelajaran bahasa inggris tersebut. Selain itu, siswa menjadi kurang antusias dalam belajar karena proses pembelajaran hanya bersifat satu arah yaitu dari guru saja yang menerangkan. Melihat fenomena tersebut, diperlukan sebuah inovasi dalam proses belajar bahasa inggris. Penggunaan media edukasi berupa animasi dapat menjadi salah satu cara meningkatkan minat belajar siswa serta sebagai sarana pengenalan teknologi informasi. Siswa dapat memahami cara membaca kalimat bahasa inggris dengan baik dan benar. Tampilan yang menarik disertai audio visual yang baik juga menjadi salah satu daya tarik siswa. Di pihak guru, animasi edukasi ini membantu mempermudah guru dalam memberikan materi bahasa inggris yang sedang dibahas. Hasil yang ingin dicapai dari pembuatan media edukasi ini adalah peningkatan kemampuan siswa dalam membaca maupun berbahasa inggris dengan baik dan benar.

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional:Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Bandung: INTI, 2009.

Binanto, Iwan. Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi, 2010.

Maesaroh, Siti dan Nur Malkiah. “Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Pengenalan Huruf & Membaca Berbasis Multimedia untuk Sekolah Dasar.” Jurnal Sisfotek Global (2015): 1.

Ramadianto, Yuda Anggara. membuat Gambar Vektor dan Animasi Atraktif dengan Flash Profesional 8. Bandung: Yrama Widya, 2008.

Sukamto, Rosa A dan M Shalahuddin. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika, 2013.

Sutopo, Ariesto Hadi. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Vaughan, Tay. Multimedia: Making It Work Eight Edition. Hill Companies: McGraw, 2010.




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v3i2.1961

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License