Perancangan UI/UX Aplikasi Booking Self Photo Studio Menggunakan Metode Design Thinking

Yuni Eka Achyani, Ayu Retno Andini

Abstract


Dalam era teknologi informasi yang berkembang pesat, terutama dalam bisnis e-commerce, Sinar Mulya Studios menghadapi kendala pemesanan manual dan pengelolaan data yang lambat. Tujuan dari perancangan ini adalah merancang sebuah aplikasi pemesanan online booking online self photo studio berbasis website serta media promosi yang bertujuan meningkatkan kemudahan dan kualitas pelayanan bagi pelanggan. Penelitian ini menerapkan metode design thinking untuk merancang solusi pada website Self Photo Studio. Dengan populasi sebanyak 20 responden, sampel diambil secara acak (simple random sampling) dengan jumlah minimum 17 orang. Pendekatan gabungan data kualitatif dan kuantitatif melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Proses pengolahan data mengikuti tahapan Empathize hingga Testing, dengan pengujian kepada calon pengguna. Keseluruhan penelitian bertujuan memastikan desain UI/UX yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian ini, pendekatan design thinking berhasil menghasilkan sistem booking online self photo studio yang mengatasi permasalahan pemesanan di Sinar Mulya Studios. Dengan melibatkan pengguna dari tahap awal, seperti pembuatan user persona dan empathy map, serta melalui proses iteratif dari tahap Ideate hingga Testing, desain antarmuka yang responsif dan intuitif berhasil diciptakan. Pengujian usability dengan System Usability Scale (SUS) menunjukkan skor rata-rata 80, menandakan penerimaan yang baik dari pengguna. Diharapkan sistem ini memberikan efisiensi dan kenyamanan lebih dalam pemesanan, serta meningkatkan pengalaman pelanggan di Sinar Mulya Studios.


Keywords


Perancangan Sistem Informasi, Design Thinking, UI/UX, System Usability Scale (SUS)

Full Text:

PDF

References


Albert Chipman. (2021). UX / UI Design 2022: A Complete Beginners to Pro Step by Step Guide to UX/UI Design and Mastering the Fundamentals of Web Design with Latest Tips & Techniques.

Ariska, D., & Nurlela, S. (2022). Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Infortech, 4(2), 86–91. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech/article/view/13234%0Ahttps://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech/article/download/13234/5717

Branson, S. (2020). UX/UI DESIGN: Introduction Guide To Intuitive Design And User-Friendly Experience.

Cornel Hillmann. (2021). UX for XR: User Experience Design and Strategies for Immersive Technologies (Design Thinking).

Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730

Madawara, H. Y., Tanaem, P. F., Wacana, K. S., Salatiga, K., & Tengah, J. (2022). PERANCANGAN UI / UX APLIKASI KTM MULTIFUNGSI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. 5, 111–125.

Prehanto, D. R., Kom, S., & Kom, M. (2020). Buku Ajar Konsep Sistem Informasi. Scopindo Media Pustaka.

Ratama, N., Munawaroh, & Mulyati, S. (2022). Sosialisasi Penggunaan Ecommerce Dalam Perkembangan Bisnis Di Era Digital. Abdi Jurnal Publikasi, 1(1), 6–12.

Shally, H. (2023). Analisa Dan Perancangan Ui / Ux Aplikasi Penjualan. 9(1), 46–53.

Shirvanadi, E. C. (2021). PERANCANGAN ULANG UI / UX SITUS E-LEARNING AMIKOM ( STUDI KASUS : AMIKOM CENTER ) PERANCANGAN ULANG UI / UX SITUS E-LEARNING AMIKOM CENTER DENGAN METODE DESIGN THINKING ( STUDI KASUS : AMIKOM CENTER ).




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v10i1.17006

Copyright (c) 2024 Ayu Retno Andini, Yuni Eka Achyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License