Analisa Kualitas Website Pondok Pesantren Al Fatah Maos Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0

Rahmat Syaefullah, Sartini Sartini

Abstract


Suatu lembaga dapat memanfaatkan website sebagai sarana untuk menyampaikan informasi, promosi, penyampaian layanan secara online kepada masyarakat. Pondok Pesantren Al Fatah Maos merupakan lembaga pendidikan berbasis pesantren yang memiliki website dan mengalami banyak kendala, seperti konten yang tidak diperbaharui secara berkala, informasi dasar pesantren belum tersampaikan, dan penerimaan layanan online yang masih terbatas. Pada penelitian ini digunakan metode WebQual 4.0 untuk menganalisis kualitas dari website dari lembaga tersebut. Indikator yang digunakan yaitu Usability (Kegunaan), Information Quality (Layanan Informasi), Interaction Quality (Layanan Interaksi), dan User Satisfaction (Kepuasan Pengguna).  Pada hasil yang diperoleh menggunakan uji koefisien determinasi yaitu variabel Kegunaan, Layanan Informasi, dan Layanan Interaksi diketahui memiliki pengaruh terhadap variabel Kepuasan Pengguna yang tergolong baik sebesar 60%. Kemudian pada uji F menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh kepada Kepuasan Pengguna secara bersamaan berdasarkan f hitung 38,930 > f tabel 2,72. Dan hasil pada uji T menunjukan bahwa Layanan Interaksi tidak berpengaruh kepada Kepuasan Pengguna dengan t hitung 0,323 < t tabel 1,990.

Keywords


Metode WebQual 4.0, Kualitas Website, Kepuasan Pengguna

Full Text:

PDF

References


Athallah, M. A., & Kraugusteeliana, K. (2022). Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis. CogITo Smart Journal, 8(1), 171-182.

Firdaus, M. B., Puspitasari, N., Budiman, E., Widians, J. A., & Bayti, N. (2019, September). Analysis of the effect of quality mulawarman university language center websites on user satisfaction using the webqual 4.0 method. In 2019 2nd International Conference on Applied Information Technology and Innovation (ICAITI) (pp. 126-132). IEEE.

J. Simarmata dan et al, Pengantar Teknologi Informasi, vol. I. Kota Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Marliana, R. R. (2020). Partial Least Square-Structural Equation Modeling Pada Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dan Kualitas Google Classroom Berdasarkan Metode Webqual 4.0. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 16(2), 174-186.

Nada, N. Q., & Wibowo, S. (2015). Pengukuran kualitas layanan sistem informasi akademik menggunakan metode webqual 4.0. Jurnal Informatika UPGRIS, 1(2 Desember).

N. S. Febriani dan W. W. A. Dewi, Perilaku Konsumen Di Era Digital, vol. I. Malang: UB Press, 2019.

Ovan dan A. Saputra, CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Realibilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web, vol. 1. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2020.

Rerung, R. R., Fauzan, M., & Hermawan, H. (2020). Website quality measurement of higher education services institution region IV using Webqual 4.0 method. International Journal of Advances in Data and Information Systems, 1(2), 89-102.

Saputro, K. E. (2022). Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik dengan Metode WebQual 4.0, Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) Terpadu. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 9(3), 2112-2126.

Suharto, Y., & Hariadi, E. (2021). Analisis kualitas website badan pengembangan sumber daya manusia menggunakan metode webqual 4.0. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 12(2), 109-121.




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v10i1.16865

Copyright (c) 2024 Rahmat Syaefullah, Sartini Sartini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License