Implementasi Algoritma Klasifikasi Naïvebayes Untuk Menentukan Kesulitan Soal Quiz Menggunakan Renpy

Fathur Rosy, Sukma Wardhana

Abstract


Banyak game edukasi berjenis trivia dikembangkan dengan tujuan menguji kemampuan berfikir pemain. Namun, seringkali  pemain menghadapi kesulitan dalam menjawab pertanyaan yang diberikan, Salah satu faktornya disebabkan oleh pertanyaan yang tidak seimbang, terlalu sulit atau terlampau mudah. Sehingga rasa monoton dan ketidaksesuaian dengan kemampuan si pemain membuat pengalaman bermain menjadi kurang memuaskan. Peluang untuk menghasilkan pertanyaan yang sesuai dengan kemampuan pemain sebenarnya bisa diprediksi berdasarkan data dari pemain dengan suatu metode. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan teknik dalam data mining yaitu klasifikasi naïve bayes. Algoritma naïve bayes digunakan untuk mengklasifikasikan tingkat kesulitan soal berdasarkan parameter yang dihasilkan oleh pemain yaitu kecepatan menjawab soal,jawaban benar atau salah dan berapakali pemain salah dalam menjawab soal yang didesain dalam bentuk healtbar. Sedangkan parameter untuk keputusan tingkat kesulitan soal adalah Mudah, Sedang, dan Sulit. Hasil pengujian naïve bayes dengan sepuluh orang pemain mampu memberikan tingkat kesulitan soal yang sesuai dengan akurasi tertinggi sebesar 92.85% dan akurasi terendah sebesar 35.29% Sedangkan rata-rata akurasi yang didapat 66.5%. secara keseluruhan rata-rata akurasi Naïve Bayes menunjukkan tingkat keberhasilan yang cukup baik dalam pengujian tersebut.

Keywords


Naïve Bayes, Trivia, Game Edukasi

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. A., Afirianto, T., Sanjaya, S. W., & Dewi, R. K. (2019). NPC Braking Decision for Unity Racing Game Starter Kit Using Naïve Bayes. Fountain of Informatics Journal, 4(2), 61-68.

https://doi.org/10.21111/fij.v4i2.3591

Basri, H., Azis, M. S., Malau, Y., Fridayanthie, E. W., Rizal, K., & Rianto, H. (2022). Penerapan Particle Swarm Optimization Pada Algoritma Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Hasil Belajar. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS: Journal of Information System, 6(2), 97-106.

https://doi.org/10.51211/isbi.v6i2.1752

Budiyanto, M. A., & Wahab, A. (2019). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Sekolah Dasar Kelas 3 Berbasis Multimedia. JURNAL ILMIAH FIFO, XI (1).

Hamzah, A. N., & Widodo, D. W. (2021, August). Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Metode Naïve Bayes. In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) (Vol. 5, No. 3, pp. 007-014).

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1070

Imran, B., Hambali, H., Subki, A., Zaeniah, Z., Yani, A., & Alfian, M. R. (2022). Data Mining Using Random Forest, Naïve Bayes, and Adaboost Models for Prediction and Classification of Benign and Malignant Breast Cancer. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 18(1), 37-46.

https://doi.org/10.33480/pilar.v18i1.2912

Marfu'ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022, February). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 50-54).

Nuraeni, R., Sudiarjo, A., & Rizal, R. (2021). Perbandingan Algoritma Naïve Bayes Classifier dan Algoritma Decision Tree untuk Analisa Sistem Klasifikasi Judul Skripsi. Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS), 3(1).

https://doi.org/10.37058/innovatics.v3i1.2976

Prasetia, I., Siregar, M. N. H., & Saragih, R. Model berbasis Sistem Kecerdasan Buatan yang Efektif: Analisis Kebijakan bagi Siswa Mengulang. JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), 7(2), 293-299.

http://dx.doi.org/10.26418/jp.v7i2.47524

Prilidiningrum, S. A., Eriyani, R. N., & Kusmayati, N. B. (2021, December). Pengembangan Media Pembelajaran Game Trivia pada Materi Teks Anekdot. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Seni (Vol. 1, pp. 54-63).

Rusli, A. (2018). Ekstraksi Kebutuhan Aplikasi Berdasarkan Feedback Pengguna Menggunakan Naïve Bayes dan Gamifikasi. Ultimatics: Jurnal Teknik Informatika, 10(1), 34-40.

Setyo, W. N., & Wardhana, S. (2019). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Di Cv Cahaya Setya Menggunakan Algoritma Fp-Growth.

https://doi.org/10.33322/petir.v12i1.416

Siswanto, E., & Suni, A. F. (2021). Aksi Penyerangan Non-Player Character (Npc) Menggunakan Metode Naïve Bayes Pada Shooter Game. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 8(6), 1187-1194.

http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.2021863804

Sastypratiwi, H., Yulianti, Y., & Muhardi, H. (2022). Uji Komparasi Algoritma Naïve Bayes dan Decision Tree Classification Menggunakan Covid-19 Dataset. JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), 8(1), 1-6.

http://dx.doi.org/10.26418/jp.v8i1.49841

Sulistyowati, D. N., Yunita, N., Fauziah, S., & Pratiwi, R. L. (2020). IMPLEMENTATION OF DATA MINING ALGORITHM FOR PREDICTING POPULARITY OF PLAYSTORE GAMES IN THE PANDEMIC PERIOD OF COVID-19. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer), 6(1), 95-100.

https://doi.org/10.33480/jitk.v6i1.14256.

Wijaya, H. D., & Dwiasnati, S. (2020). Implementasi Data Mining dengan Algoritma Naïve Bayes pada Penjualan Obat. Jurnal Informatika, 7(1), 1-7.

https://doi.org/10.31294/ji.v7i1.6203




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v9i2.15895

Copyright (c) 2023 Fathur Rosy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License