PERANCANGAN GAME SIMULASI RAKIT KOMPUTER MENGGUNAKAN UNITY

Muh Yusuf Zahir, Muhammad sabiq, Muhammad said, Rismayani Rismayani

Abstract


Perkembangan Teknologi ditandai dengan indikator perkembangan game yang sangat pesat, baik platform berbasis mobile maupun desktop. Sebuah tantangan pengembang untuk mengembangkan game yang menarik untuk minat masyarakat, namun tidak dipungkiri bahwa game yang tidak memuat kualitas konten yang berbobot akan berdampak negatif bagi pengguna game dalam jangka waktu lama, Maka dari itu kehadiran gamen edukasi.Game adalah salah satu media pembelajaran yang cukup menyenangkan. Belakangan ini telah banyak game yang dirilis sebagai media edukasi. Bermain game juga salah satu cara untuk mengetahui sesuatu dalam media belajar dan edukasi, dimana pemain bisa mengetahui apa saja yang ada di dalam game yang mereka mainkan.Salah satu genre game yang banyak digunakan untuk edukasi adalah simulasi. Game simulasi ini adalah game untuk menyimulasikan perakitan sebuah komputer. Game ini dibuat dengan menggunakan engine unity untuk memudahkan perancangan. Permainan reproduksi dibuat dengan tujuan agar pemain mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang berasal dari permainan mengingat latihan yang dilakukan secara nyata.. Pemain juga diberikan jangkauan dan pengalaman yang tidak bisa dijangkau pemain didunia nyata. Hasil yang diharapakan dari simulasi game ini adalah dapat membantu pengguna game dalam mempelajari perakitan komputer.

Keywords


simulasi,komputer, unity,game

Full Text:

PDF

References


Alauddin, M., Afirianto, T., & Akbar, M. A. (n.d.). Perancangan Gim Simulasi Perakitan Komputer menggunakan Metode 7 Steps For Designing Serious Games. 7.

Canta, D. S. (2018). Implementasi Game Simulasi Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Semester 1 Kelas XI SMK Bina Prestasi Balikpapan. Jurnal Sistem Informasi, 1, 8.

Herdiana, Y. (n.d.). GAME SIMULASI KERJA PRAKTEK MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS BALE BANDUNG MENGGUNAKAN UNREAL ENGINE 4. Jurnal Informatika, 06, 9.

Indonesian Journal on Information System. (n.d.). 12.

Kuzmic, J., & Rudolph, G. (2020). Unity 3D Simulator of Autonomous Motorway Traffic Applied to Emergency Corridor Building: Proceedings of the 5th International Conference on Internet of Things, Big Data and Security, 197–204. https://doi.org/10.5220/0009349601970204

Rostianingsih, S., Budhi, G. S., & Wijaya, H. K. (n.d.). GAME SIMULASI FINITE STATE MACHINE UNTUK PERTANIAN DAN PETERNAKAN. 6.

Sehang, J. D., Tulenan, V., & Sambul, A. M. (2018). Perancangan Game Simulasi Kewirausahaan. 00, 10.

Sy, H., & Layuk, N. S. (n.d.). APLIKASI INTERNET OF THINGS (IoT) MONITORING SUHU RUANGAN PADA STMIK DIPANEGARA MAKASSAR. 10.

Utama, S. F. W., & Wibawa, H. A. (2015). Implementasi Logika Fuzzy Mamdani Dalam Game Simulasi Memancing. 11(2), 6.

Yendrianof, D., Romindo, R., Sari, A. N., Tantriawan, H., Putri, E. E., Manuhutu, M. A., Turaina, R., Defiariany, D., Putri, N. E., Priyantoro, T., Jamaludin, J., Simarmata, J., Rismayani, R., & Aisa, S. (2022). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yayasan Kita Menulis.




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v8i2.12986

Copyright (c) 2022 Muh Yusuf Zahir, Muhammad sabiq, Muhammad said, Rismayani Rismayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License