Sistem Pakar Berbasis Android Untuk Diagnosa Penyakit Gigi Dengan Metode Forward Chaining

Muhammad Rizki Hidayat, Andry Maulana

Abstract


Mempunyai gigi yang baik bukan hanya untuk menjaga penampilan fisik manusia namun juga untuk kesehatan. Gigi adalah bagian terpenting pada bagian tubuh manusia karena dengan tergantungnya kesehatan gigi maka dapat mengganggu aktifitas dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu untuk dapat  mencapai kesehatan gigi yang diinginkan harus dilakukan perawatan secara rutin. Namun minimnya suatu informasi terkait kesehatan gigi dapat menimbulkan suatu masalah. Untuk itu dibutuhkan suatu aplikasi yang menginformasikan kepada pasien tentang penyakit yang dialaminya. Melihat pada masalah yang dihadapi pasien tersebut maka dibuatlah sistem pakar diagnosa penyakit gigi dengan menerapkan pengetahuan dokter gigi ke dalam suatu aplikasi yang terkomputerisasi. Sistem pakar merupakan salah satu bagian dari kecerdasan buatan manusia yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasukan oleh satu atau banyak pakar ke dalam satu lingkup pengetahuan tertentu, sedangkan metode yang digunakan adalah forward chaining. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membuahkan solusi berupa informasi yang tepat sebagai langkah awal untuk menangani penyakit yang dialami oleh pasien.


Keywords


gigi, sistem pakar, android, forward chaining

Full Text:

PDF

References


Abadi, N. Y. W. P., & Suparno, S. (2019). Perspektif Orang Tua pada Kesehatan Gigi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 161–169.

Aeni, K. (2018). Penerapan Metode Forward Chaining Pada Sistem Pakar Untuk Diagnosa Hama dan Penyakit Padi. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 79–86.

Fadjeri, I., Anggreni, E., Nurilawaty, V., Lestari, S. Y., & Ardina, S. W. (2020). FAKTOR PENYEBAB TINDAKAN PENCABUTAN GIGI PERMANEN DI KLINIK KEMANG CONFI DENTAL CARE PERIODE JANUARI-DESEMBER 2019: CAUSATIVE FACTOROF PERMANENT TOOTH EXTRACTION IN KEMANG CONFI DENTALCARE CLINIC JANUARY-DECEMBER 2019. JDHT Journal of Dental Hygiene and Therapy, 1(1), 21–25.

Fajar, H., & Suharyanto, S. (2019). APLIKASI PENGETAHUAN KEHAMILAN DAN PERHITUNGAN MASA KEHAMILAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA NAEGELE. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 4(2), 231–238.

Fanny, R. R., Hasibuan, N. A., & Buulolo, E. (2017). Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Penulusuran Forward Chaining. Jurnal Media Informatika Budidarma, 1(1).

Hayadi, B. H. (2018). Sistem pakar. Deepublish.

Hidayat. (2019). PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT GIGI PADA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS ANDROID (Hidayat, Ed.). Hidayat.

Lesmana, D. I. (2020). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pneumonia Dengan Penelusuran Forward Chaining Menggunakan Metode Certainty Factor. Pelita Informatika: Informasi Dan Informatika, 5(3).

Nurajizah, S., & Saputra, M. (2018). Sistem Pakar Berbasis Android Untuk Diagnosa Penyakit Kulit Kucing Dengan Metode Forward Chaining. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(1), 7–14.

Nurlaela, F. (2013). Sistem Pakar untuk mendeteksi penyakit gigi pada manusia. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 5(4).

Priambodo, R. (2019). Rekam Medis Elektronik Menggunakan Sistem Penyimpanan Foto Intraoral Gigi untuk Aplikasi Teledentistry berbasis Internet of Things. INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, 4(2), 121–131.

Sholekhah, N. K. (2021). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Kejadian Karies Gigi pada Anak Balita di Posyandu Wiratama. Indonesian Journal of Dentistry, 1(1), 20–23.

Tristiani, E. A., Ariyanto, R., & Puspitasari, D. (2016). SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT GIGI DAN MULUT MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING (Studi Kasus: Rs. Brawijaya Malang). Seminar Informatika Aplikatif Polinema.

Wasil, M., Samsu, L. M., & Putra, Y. K. (2020). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN HOMESTAY DI LOMBOK TIMUR BERBASIS ANDROID. Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 3(1), 15–19.

Yuwono, B. (2015). Pengembangan sistem pakar pada perangkat mobile untuk mendiagnosa penyakit gigi. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(4).




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v8i2.12659

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License