Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Pada PT. Citra Prima Batara Dengan Metode AHP

Muhammad Adi Prawira, Ruhul Amin

Abstract


Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik dengan Metode Analytical Hierarchy Process. Penghargaan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan terbaiknya dapat mendorong setiap karyawan untuk selalu memberikan kinerja yang terbaik bagi perusahaan dalam melaksanakan tugas dan kewajibanya di perusahaan. Pengambilan keputusan untuk menentukan karyawan terbaik dapat dilakukan perusahaan dengan cara menilai kinerja yang telah dilakukan oleh karyawannya dalam jangka waktu tertentu. Penilaian kinerja karyawan di pada PT. Citra Prima Batara dipengaruhi oleh beberapa kriteria yaitu perilaku kerja, disiplin kerja, kualitas kerja, tanggung jawab kerja, kehadiran, kejujuran. Sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan terbaik menggunan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), dimana proses pengambilan keputusan dilakukan dengan menilai alternatif pilihan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Perhitungan dari metode AHP memberikan hasil yaitu urutan tingkat kepentingan kriteria dan rekomendasi karyawan terbaik, dimana urutan kriteria yang paling penting dimulai dari kejujuran, tanggung jawab kerja, kehadiran, kualitas kerja, perilaku kerja, dan disiplin kerja. Perhitungan matriks alternatif menghasilkan nilai 35,3% untuk Bapak Rega, 22,1% untuk Ibu Dian, 14,4% untuk Bapak Sean, 14,2% untuk Bapak Henky, dan 14% untuk Ibu Febri dan karyawan yang direkomendasikan sebagai karyawan terbaik untuk PT. Citra Prima Batara adalah karyawan dengan memiliki nilai tertinggi yaitu Bapak Rega.

 


Keywords


AHP, karyawan terbaik, sistem pendukung keputusan.

Full Text:

PDF

References


I. H. Firdaus et al., “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KARYAWAN TERBAIK,” vol. 2016, no. Sentika, pp. 18–19, 2016.

S. Pendukung, K. Pemilihan, K. Safitri, and F. T. Waruwu, “BERPRESTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIEARARCHY PROCESS ( Studi Kasus : PT . Capella Dinamik Nusantara Takengon ),” vol. 1, no. 1, pp. 17–21, 2017.

A. H. Hasugian, H. Cipta, P. I. Komputer, and P. Matematika, “Analisa Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pasangan Hidup Menurut Budaya Karo Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process ( AHP ) Abstrak,” vol. 6341, no. April, pp. 14–30, 2018.

P. Seminar and N. Aplikasi, “Kombinasi metode topsis dan saw dalam mendukung keputusan seleksi kelayakan proposal penelitian dosen,” no. September, pp. 141–151, 2018.

A. Wulan and B. Hendrawan, “ANALISIS PEMILIHAN JASA FORWARDER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( AHP ) DI PT . XYZ,” vol. 2, no. 2, pp. 294–306, 2018.

S. Pendukung, K. Pemilihan, and R. Hidayatullah, “Sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan terbaik pada pt. kreasi inspirasi sahabat dengan metode simple additive weight (saw),” 2019.

S. Customer, R. Management, S. A. Weighting, and S. Bisnis, “Social Customer Relationship Management, Simple Additive Weighting, Strategi Bisnis,” vol. 7, no. 1, pp. 12–19, 2020.




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v8i1.11641

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License