Sistem Informasi Pendaftaran Balita Dan Ibu Hamil Berbasis Website Pada Posyandu Flamboyan

Titik Misriati, Rahmat Hidayat, Muhammad Arif Sulistiyo

Abstract


Sistem pada Posyandu Flamboyan masih dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan pendaftaran balita, sampai penyimpanan data-data yang berhubungan dengan proses pendaftaran hingga pembuatan laporan. Hal ini memungkinkan terjadi penumpukan antrian pendaftaran, kesalahan dalam pencatatan, kurang akurat laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Selain itu, dampak pandemi covid-19 yang memerlukan adanya pembatasan jarak dan supaya tidak terjadi kerumuman dalam jumlah banyak karena antrian pendaftaran untuk pemeriksaan balita dan ibu hamil.  Posyandu Flamboyan membutuhkan suatu sistem informasi yang dapat menunjang dan memberikan pelayanan yang efektif dan efisian bagi masyarakat dan kader posyandu. Sistem informasi ini diharapkan menjadi solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan- permasalahan yang terjadi pada Posyandu Flamboyan serta dapat menunjang aktifitas pada Posyandu Flamboyan. Oleh sebab itu, penelitian ini membahas tentang sistem informasi registrasi balita dan ibu hamil pada Posyandu Flamboyan.


Keywords


pendaftaran, posyandu, website

Full Text:

PDF

References


Afnarius, S., & Putra, H. Y. (2017). Pengembangan Aplikasi Web GIS Pariwisata Backpacker. Deepublish.

Indrajani. (2015). Database Design. PT. Elex Media Komputindo.

Kristania, Y. M., & Yulianti, F. D. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pada Posyandu Pepaya Purwokerto. EVOLUSI - Jurnal Sains Dan Manajemen, 7(1), 68–75. https://doi.org/10.31294/evolusi.v7i1.5015

Lanoh, M., Sarimin, S., & Karundeng, M. (2015). Hubungan Pemanfaatan Posyandu Dengan Status Gizi Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Ranotana Weru Kota Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 3(2), 108988.

Mardiana, N., Yusran, S., & Erawan, P. E. M. (2016). Peran Posyandu Dalam Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak di Wilayah Kerja Puskesmas Konda Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan Tahun 2016. 1(4), 1–9.

Pratama, K. A., Nasution, M., & Munandar, M. H. (2020). Sistem Informasi Pendaftaran Imunisasi Posyandu Anggrek Di Desa Tanjung Medan Berbasis Web. 27–33.

Rusmawan, U. (2017). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. PT. Elex Media Komputindo.

Sugiarti, I., Tarmansyah, A., & Junaedi, F. A. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Posyandu Terintegrasi (Sipter) Di Wilayah Puskesmas Tawang Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Seminar Nasional Dan Diseminasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Riset Politeknik Kesehatan Kemenkes Tasikmalaya, April, 118–123.




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v8i1.11536

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License