Aplikasi Monitoring Kehadiran Siswa Berbasis Web Untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh

Mia Rosmiati

Abstract


Di masa Pandemi Covid-19 yang tengah dihadapi di Indonesia, Pembelajaran Jarak Jauh bagi seluruh siswa/siswi merupakan salah satu jalan yang ditempuh untuk mengurangi penyebaran virus corona. Penerapan kegiatan pembelajaran jarak jauh di Indonesia mengalami banyak kendala karena baik guru, siswa/siswi terbiasa melakukan kegiatan belajar mengajar dengan bertatap muka secara langsung. Permasalahan yan terjadi adalah banyak siswa yang tidak mengikuti kegiatan belajar, tidak mengerjakan tugas sehingga mengakibatkan siswa tersebut dianggap tidak hadir. Sulitnya guru melakukan monitoring terhadap siswa merupakan alasan dikembangkannya aplikasi monitoring kehadiran siswa berbasis web yang dibahas dalam penelitian ini. Sistem yang dikembangkan menggunakan Model SCRUM yang terdiri dari Requierement Gathering, Product Backlog, Sprint Backlog, Sprint, dan Information System Develpoment.  Dengan dikembangkannya aplikasi monitoring kehadiran siswa dapat membantu guru maupun wali kelas dalam melakukan pengolahan data kehadiran siswa secara cepat, tepat dan akurat. Menghasilkan laporan kehadiran siswa yang akurat dapat membantu pihak sekolah yang terkait dalam proses evaluasi sistem Pembelajaran Jarak Jauh dan juga sebagai bahan pertimpabngan kepala sekolah dalam pengambilan keputusan.


Keywords


kehadiran, monitoring, scrum

Full Text:

PDF

References


Ependi, U. (2018). Implementasi Model Scrum pada Sistem Informasi Seleksi Masuk Mahasiswa Politeknik Pariwisata Palembang. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 49–55. http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/640

Firdaus, M. A. (2017). Implementasi Kerangka Kerja Scrum Pada Manajemen Pengembangan Sistem Informasi. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2017, 1(2), 283–288.

Hanafri, M. I., Triono, & Luthfiudin, I. (2018). Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global, Vol.8(No.1), 81–86. http://journal.stmikglobal.ac.id/index.php/sisfotek/article/view/175

Hutrianto, H., & Putra, A. (2020). IMPLEMENTASI SCRUM MODEL DALAM PENGEMBAGNAN APLIKASI pelAPORAN SAMPAH SEBAGAI WUJUD SMART CLEANING. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 5(1), 9. https://doi.org/10.29100/jipi.v5i1.1552

Kurniawan, F. I., & Akbar, R. M. (2020). Pengembangan dan analisis kualitas sistem monitoring kegiatan belajar mengajar siswa tingkat sekolah menengah atas negeri di Indonesia. Teknologi, 10(1), 10. https://doi.org/10.26594/teknologi.v10i1.1941

Putri, M. E., Ayu, D., & Wulandari, N. (2016). Sistem Informasi Monitoring Siswa Berbasis Web Dan SMS Gateway Pada SMK Negeri 37 Jakarta. Jurnal Teknik Komputer, II(2), 49–55. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/1620

Riyandi, A., Aulianita, R., Wiyatno, A., Triantori, V., & Musyaffa, N. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 2(2), 37–42. https://doi.org/10.33480/abdimas.v2i2.1682

Rosmiati, M. (2020). Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web. Indonesian Jurnal on Software Engineering, 6(3), 182.

Setiawan, F. (2017). Aplikasi Monitoring Kehadiran Siswa Smkn 1 Bandung Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 1(1), 747–754.

Sumarna, S., Suhendry, M. R., Riana, E., Riyanto, V., & Nurdin, H. (2021). Rancang Bangun Learning Management System Menggunakan Framework CodeIgniter Pada PT. Rekayasa Industri. Jurnal Teknik Komputer, 7.




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v7i2.10418

Copyright (c) 2021 Mia Rosmiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License