PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BERKUNJUNG DI TAMAN OBJEK WISATA SITU PATENGGANG

Siti Fatimah, Oda I.B. Hariyanto

Sari


ABSTRAK

Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah suatu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan , Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Ciwidey. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik. Situ patenggang juga memiliki pemandangan alam yang asri, karena disekitarnya terdapat hamparan kebun teh. Pengelola harus dapat memberikan kualitas pelayanan terbaik untuk menciptakan suatu kepuasan konsumen. Populasi penelitian ini adalah pengunjung taman objek wisata Situ Patenggang, dengan sampel sebanyak 30 responden dan teknik pengambilannya dengan Nonprobability sampling. Metode pengumpulan data dengan angket (kuesioner) yang dibagikan kepada 100 pengunjung taman objek wisata Situ Patenggang disamping metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pengunjung taman objek wisata Situ Patenggang sebesar 47,9%, sedangkan sisanya, yaitu 52,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di taman objek wisata Situ Patenggang, terlihat dari pengkategorian skor dan nilai rata-rata pada statistik data hasil penelitian tentang kualitas pelayanan ke ke taman objek wisata Situ Patenggang secara keseluruhan dikategorikan cukup baik, dengan persentase 52,1% berada pada rentang skor 4069. Sedangkan berdasarkan pengkategorian skor dan nilai rata-rata pada statistik data hasil penelitian tentang kepuasan pengunjung ke taman objek wisata Situ Patenggang secara keseluruhan dikategorikan tidak baik, dengan persentase 52% berada pada rentang skor 2080. Maka kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan berkunjung, jika kualitas pelayanan baik maka muncul rasa nyaman dan puas dari wisatawan atas kunjungannya.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Obyek Wisata

ABSTRACT

Situ Patenggang or Situ Patengan is a lake located in South Bandung nature tourist attraction, Jawa Barat, Indonesia, Ciwidey, to be exact. Located 1600 metres above see level, this lake has a really exotic view. Situ Patenggang has a beautiful natural view as well, because of the tea garden surrounding it. The managers should give their best service to make the customers satisfied. This research’s population is the visitor of Situ Patenggang Tourist Attraction Park, with a sample of 30 respondents and the technique used was nonprobability sampling. Data collection method was by using questionnaire given to 100 visitors of Situ Patenggang Tourist Attraction Park and documentation method. The result shows that service quality affects the satisfactory of 47.9% visitors of Situ Patenggang Tourist Attraction Park while the rest, which is 52.1%, was affected by other variables which was not investigated in this research. According to the result of the research done in Situ Patenggang Tourist Attraction Park, it can be seen from the score and mean categorization in the research result’s statistics data regarding the service quality of Situ Patenggang Tourist Attraction Park can be categorized as well enough, with the percentage of 52.1% at the score range of 4069. Whereas according to the score and mean categorization in the research result’s statistics data regarding the customer satisfactory of Situ Patenggang Tourist Attraction Park can be categorized as not good, with the percentage of 52% at the score range of 2080. Therefore, the service quality really takes effect to the satisfaction in visiting, if the service quality is good then the customers will be pleasant and satisfied of their visit.

 

Keywords: Service Quality, Satisfaction, Tourist Attraction.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darmawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Daryanto (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung : PT.Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Gusneli. (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Ke Objek Wisata Air Terjun Bayang Sani.

Handayani, R. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran. Universitas Diponegoro Semarang.

Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. Jakarta:Grasindo

Kotler, P. Dan Keller, K. (2011). Maeketing Management, 14th Edition, Prentice Hall, New Jersey.

Noor, Juliansyah. (2014). Analisis Data Penelitian Ekonomi & Manajemen. Jakarta: Grasindo.

Parasuraman, A., Zeihaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A conceptual model of service quality and its implications for future research. Jurnal of Marketing, 49, 41-50.

Prasetyo, Dwi. (2009). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Obyek Wisata Taman Rekreasi Pantai Kartini.Rembang.

Siregar, S. (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT. Bumi Aksara

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

_______. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Sunaryo, B. (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata konsep dan aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Supranto. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Rineka Cipta.

Tjiptono, F. (2004). Strategi Pemasaran, Edisi II. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yamit, Z. (2013). Manajemen Kualitas Produk & Jasa, Cetakan ke-6, Yogjakarta




DOI: https://doi.org/10.31311/par.v3i1.905

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License