PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI MUSEUM GEOLOGI BANDUNG

Yuliana Pinaringsih Kristiutami

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana pengaruh dari bauran pemasaran terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Museum Geologi Bandung. Penulis menggunakan metode inferensial dengan analisis kuantitatif. Metode inferensial dipilih karena sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah besar, sehingga untuk meminimalisir terjadinya distorsi data yang didapat dari sampel. Analisis kuantitatif merupakan analisis yang menekankan pada analisis pada data numerical yang diolah dengan metode statistik. Hasil analisis data membuktikan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Berdasarkan hasil analisis, didapati bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan variabel-variabel lain terhadap keputusan berkunjung.

 

Kata kunci : Bauran pemasaran, keputusan berkunjung.

 

ABSTRACT

This research is to find out how the impact of the marketing mix to the decision to visit Museum Geology Bandung. This research used inferential method by the quantitative analysis. Inferential method is choosed to minimize the distortion of the sample data, because the main sample number is big. The quantitative analysis is the type of analysis that based on numerical data to process using statistical method. The result of the analisys has prove that marketing mix have positif and significant influence to the decision to visit. Based on the analysis result, the marketing mix influence is bigger than the other variable to the decision to visit.

 

Keyword : Marketing mix, decision to visit.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cooper, Donald R. dan Schindler, Pamela S. (2011). Business Research Methods, Eleventh Edition. New York: McGraw-Hill.

Kotler, Philip. Et al. (2010). “Marketing for Hospitality And Tourism, Fifth Edition”, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Muljadi, A.J. (2010). Kepariwisataan dan Perjalanan, Jakarta: Rajawali Pers.

Pitana, I Gde dan Gayatri, Putu G. (2005). Sosiologi Pariwisata, Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sevilla, Consuello G, et al. (1992). Research Methods, Revised Edition, Philipine: Rex Book Store, Inc.

Simamora, Bilson. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Solomon, Michael R. (2011). Consumer Behavior; Buying, Having, and Being. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Sugiyono. (2004), Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, CV.

Walker, R. John. (2009). “Fifth edition, Introduction to Hospitality”, Ney Jersey: Pearson Education Inc.

Data Statistik Data Pengunjung Museum Kota Bandung. (2013). (Online) http://www.disparbud.jabarprov.go.id/applications/frontend/index.php?mod=statistik-wisatawan&catid=8. Diakses tanggal 25 April 2015: 14.00.

Hasan, Husaen. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Dalam Melakukan Kunjungan Wisata Di Kota Tidore Kepulauan”. (Online) http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/1d64662f5dc278778fa42c9e570effd6.pdf Diakses tanggal 29 April (2015): 16.53

Praditya, Bayu. (2012). “Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Bukit Cinta Ambarawa”(Online) http://eprints.dinus.ac.id/8372/1/abstrak_11088.pdf) Diakses tanggal 29 April 2015: 15.32.

Sejarah dan Struktur Organisasi Museum Geologi, (2015)

The World Museum Community, (Online) http://icom.museum/the-vision/museum-definition/ Diakses tanggal 29 April (2015): 14.32.




DOI: https://doi.org/10.31311/par.v2i2.894

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License