PENGARUH ATRIBUT TUJUAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN: STUDI PADA WALKING TOURISM

Filda Rahmiati, Ahmad Nur Dani

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kualitas Atribut Tujuan (Aksesibilitas, Atraksi, Fasilitas, Kegiatan, Paket yang Tersedia, Layanan Tambahan) mempengaruhi kepuasan wisatawan pada Walking Tourism atau disebut juga dengan berwisata dengan berjalan kaki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan sampling non probabilitas dengan purposive sampling. Kuisioner yang terdiri dari 38 pertanyaan dengan skala likert dibagikan kepada 319 responden. Hasil ini menegaskan bahwa Daya Tarik, Kegiatan, dan Fasilitas memiliki pengaruh signifikan parsial terhadap kepuasan wisatawan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa semua atribut tujuan (Aksesibilitas, Daya Tarik, Fasilitas, Kegiatan, Paket yang Tersedia, dan layanan tambahan) memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap kepuasan wisatawan pada Walking Tourism. Penelitian ini hanya fokus pada satu tujuan wisata yang merupakan tujuan wisata dengan berjalan kaki (Walking Tourism). Walking tourism tidak terbatas pada pengembangan pariwisata juga berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat dan mendukung ekonomi pedesaan setempat.

Kata Kunci: Atribut Tujuan, Kepuasan Wisatawan, Walking Tourism.

 

 

ABSTRACT

 

This research was conducted to determine how the quality of Destination Attributes (Accessibility, Attractions, Amenities, Activities, Available Packages, Ancillary Services) influences on tourist satisfaction on Walking Tourism. This research used a quantitative research method and Non-probability sampling with purposive sampling. Questionnaires consisting of 38 questions with the Likert scale was distributed to 319 respondents. The result affirmed that Attraction, Activities, and Amenities have a partial significant influence towards tourist satisfaction in Dieng Plateau. This study also showed that all destination attributes (Accessibility, Attractions, Amenities, Activities, Available Packages and Ancilliary services) have simultaneously significant influence towards tourist satisfaction on Walking Tourism of Dieng Plateau. This research only focuses on one tourism destination represent walking tourism destination. Walking tourism are not limited to tourism development also contributes to improving the quality of life of communities and support the local rural economy.

Keywords: Destination Attributes, Tourist Satisfaction, Walking Tourism


Kata Kunci


Atribut Destinasi, Kepuasan Wisatawan, Walking Tourism

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aimah, HU (2016). Atribut Destinasi Wisata (Aksesibilitas, Daya Tarik, Fasilitas, Kegiatan, Paket yang Tersedia, dan layanan tambahan) Yang Ditawarkan Desa Wisata Pentingsari Kabupaten Sleman, 1–51.

Aliman, NK, Hashim, SM, Wahid, SDM, & Haridun, S. (2014) .Ekspektasi Wisatawan, Kualitas Persepsi, dan Tujuan Gambar: Efek pada Nilai Persepsi dan Kepuasan Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Langkawi, Malaysia. Jurnal Bisnis dan Manajemen Asia, 02(03), 212–222.

Barutcu, S., Dogan, H., & Ungurren, E. (2011). Persepsi wisatawan dan kepuasan berbelanja di wilayah Alanya: Analisis komparatif dari berbagai negara. Procedia - Ilmu Sosial dan Perilaku, 24, 1049-1059. Https: // doi .org / 10.1016 / j.sbspro.2011.09.101

BBC-News. (2018, 23 Oktober). Dataran tinggi dan Kepulauan di daftar Lonely Planet "Best in Travel". Diperoleh dari https://www.bbc.com/news/ uk-scotland-highlands-islands-45940644

Bowen, D., & Schouten, AF (2008). Kepuasan wisatawan dan yond: turis migran di Mallorca. International Journal of Tourism Research, 10(2), 141–153.

Buhalis, D. (2000). Pemasaran Destinasi kompetitif di masa depan. Manajemen Pariwisata, 21, 97-116.

Biro Pusat Statistik Indonesia. (2018). Statistik Indonesia Tahun 2018.

Choi, S.-J., Ham, J.-Y., & Koo, C.-M. (2017). Mengembangkan dan Menerapkan Kerangka Kerja untuk Keselamatan dalam Wisata Berjalan Domestik. Jurnal Sistem Informasi, 26 (3), 247-271.

Christian, M., Fernandez-Stark, K., Ahmed, G., & Gereffi, G. (2011). Rantai Nilai Global Pariwisata: Peningkatan Ekonomi dan Pengembangan Tenaga Kerja. Pusat Globalisasi, Tata Kelola & Daya Saing (CGGC). https://doi.org/10.13140/RG.2.1.4327.7284

Coban, S. (2012). Pengaruh Gambar Destinasi pada Kepuasan Wisatawan dan Loyalitas. Kasus Kapadokia. Jurnal Ilmu Sosial Eropa, 29(2), 222-232.

Cooper, C., Fletcher, J., Fyall, A., Gilbert, D., & Wanhill, S. (2008). Pariwisata: Prinsip dan Praktek (Edisi ke-4). Harlow, Inggris Raya: Pearson Education.

Darsono, R. (2013). Pengaruh Kualitas Daya tarik Wisata Terhadap Tingkat Kepuasan Wisatawan Waduk Jatiluhur Kabupaten Purwakarta. Jurnal Nasional Pariwisata, 05(01), 14-22.

Ferdinand. (2002). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gallarza, MG, Ruiz-Molina, ME, & Gil-Saura, I. (2016). Memperluas rantai nilai-kepuasan-loyalitas dengan menambahkan dimensi nilai dan kepuasan kognitif dan afektif: Model sebab-akibat untuk ritel. Keputusan Manajemen, 54 (4), 981-1003. https://doi.org/10.1108/MD-07-2015-0323

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM dan SPSS.In aplikasi analisis multivariat dengan program ibm spss 19.

Giovenco, S., Cantis, S. De, & Parroco, AM (2018). Wisata jalan kaki di tujuan perkotaan: beberapa hasil awal dari survei di Malaga dengan teknologi berbasis gps. Dalam Konferensi Internasional Pariwisata Kepulauan 10.

Gnanapala, WKA (2015). Persepsi dan Kepuasan Turis: Implikasi untuk Manajemen Destinasi. American Journal of Marketing Research, 1 (1), 7-19.

Hall, CM, Ram, Y., & Shoval, N. (2018). The Routledge International Handbook of Walking. Abingdon: Routledge.

Hamza, F., Hermawan, H., & Wigati (2018). Evaluasi Dampak Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata, 5(3), 195-202.

Hidayati, EW (2014). Kinerja Tim Kerja Pemulihan Dieng dalam Pelaksanaan Program Pemulihan Dieng DI Kawasan Dataran Tinggi Dieng, 3.

Indonesia Investment. (2016). Industri Pariwisata Indonesia.

Indonesia Ministry of Finance. (2016). Kementerian Keuangan. Retrieved April 10, 2018, from https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/siaran-pers-lama/menangkan-whta-world-halal-tourism-award-untuk-pariwisata-ind

Kirom, NR, & Adi Putra, IWJ (2018). The Influence of Tourist Attractions Towards the Tourists' Satisfaction. In KnE Social Sciences (pp. 270–288). https://doi.org/10.18502/kss.v3i3.1889

Lubis, A. (2011). Upaya PT. Mutiara Holidays Medan Mempromosikan Objek Wisata Di Sumatera Utara Melalui Penjualan Paket Wisata. Universitas Sumatera Utara. Retrieved from http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/30546/ChapterII.pdf?sequence=3&isAllowed=y, Universitas Sumtra Utara, Medan

Mansur, A. (2017). Pemerintah Diminta Tuntaskan Kendala Wisata Dieng | Republika Online.

Mansouri, M., & Ujang, N. (2016). Tourist' expectation and satisfaction towards pedestrian networks in the historical district of Kuala Lumpur, Malaysia. Asian Geographer, 33(1), 35–55.

Mayasari, W. ., & Budiatmo, A. (2017). Pengaruh Atribut Wisata Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Taman Margasatwa Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1).

Meng, F., Tepanon, Y., & Uysal, M. (2008). Measuring tourist satisfaction by attribute and motivation: The case of a nature-based resort. Journal of Vacation Marketing, 14(1), 41–56. https://doi.org/10.1177/1356766707084218

Ministry of Tourism Indonesia. (1990). RI Law UU 9/1990, Kepariwisataan, 1990.

Ministry of Tourism Indonesia. (2011). Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor KM.18/HM.001/MKP/2011 Tentang Pedoman Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata. Retrieved from https://ejournal.unisnu.ac.id/JDPT/article/view/262/626

Ministry of Tourism of Indonesia. (2018). Ministry of Tourism Accountability Report 2017. Jakarta.

Nugraha, AS (2013). Pusaka Saujana Dataran Tinggi Dieng Dampak Kegiatan Pariwisata dan Pertanian Terhadap Kemenerusan Pusaka Saujana di Dataran Tinggi Dieng. Digital Times. Retrieved from http://www.dt.co.kr/contents.html?article_no=2012071302010531749001

Nurcahyo, R., Fitriyani, A., & Hudda, IN (2017). The Influence of Facility and Service Quality towards Customer Satisfaction and Its Impact on Customer Loyalty in Borobudur Hotel in Jakarta. Binus Business Review, 8(1), 3.https://doi.org/10.21512/bbr.v8i1.1790

Ram, Y., & Hall, CM (2018). Walking tourism in cities: introducing the special issue. INTERNATIONAL JOURNAL OF TOURISM CITIES, 4(3), 281–284.

Renold, Teng, B. A., Anjarsari, H, & Badollahi, M. Z., (2020). Pengembangan Destinasi Wisata Budaya Berdasarkan Mitos Sejarah Dan Bangunan Kota Makassar (Studi Etnografi). Jurnal Pariwisata, 7(1), 12-19.

Sofi, MR, Hakin, IA, & Gadoo, MR (2016). “Service Quality Variables and Tourist Satisfaction at Destination Level - A Study of J&K Tourism”. International Journal of Applied Research and Studies, 3(2), 1–9.

Sumar'in, Andiono, & Yuliansyah. (2017). Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Wisata Budaya: Studi Kasus pada Pengrajin Tenun di Kabupaten Sambas. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(1), 1–17.

Suwantoro, G. (2004). Dasar-dasar Pariwisata Pariwisata,. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Syahriyah, DR (2013). Perancangan Hotel Resort di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah Dengan Pendekatan Arsitektur Hijau, 1–10.

Ujang, N., & Muslim, Z. (2014). Walkability and attachment to tourism places in the city of Kuala Lumpur, Malaysia. Athens Journal of Tourism, 2(1), 53–65.

Wardhani, UE (2008). Usaha Jasa Pariwisata (Jilid 2). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

World Tourism Organization. (2019). Walking Tourism - Promoting Regional Development. Executive Summary UNWTO. Madrid. https://doi.org/https://doi.org/10.18111/9789284420520

Wu, S.-I., & Zheng, Y.-H. (2014). The Influence of Tourism Image and Activities Appeal on Tourist Loyalty – A Study of Tainan City in Taiwan. Journal of Management and Strategy, 5(4), 121–135. https://doi.org/10.5430/jms.v5n4p121

Yuksel, A., Yuksel, F., & Bilim, Y. (2010). Destination Attachment: Effects on Customer Satisfaction and Cognitive, Affective, and Conative Loyalty. Tourism Management, 31(2), 274–284.

Zebua, FN (2018). Persepsi wisatawan terhadap fasilitas objek wisata dataran tinggi dieng provinsi jawa tengah, 5, 897–902.




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v7i2.8728

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License