IDENTIFIKASI TAMAN SAFARI BOGOR SEBAGAI DESTINASI INCENTIVE

Fetty Nurmala Rossi

Sari


ABSTRAK

 

Faktor penting keberhasilan suatu perjalanan insentif berasal dari pemilihan destinasi yang dituju. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan atribut destinasi incentive yang dikaitkan dengan Kawasan Taman Safari sebagai Destinasi Incentive. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan deskriptif kualitatif yang didukung dengan Analisa Triangulasi Sumber dengan cara membandingkan berbagai sumber informasi yang menjadi objek penelitian. Metode Pengumpulan data yang diusulkan dalam penelitian ini adalah observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian adalah perusahaan atau organizer yang menangani di bidang incentive dan pengelola Kawasan Taman Safari. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa atribut destinasi incentive yang terdiri dari Akomodasi (Accommodation), Fasilitas Restoran (Restaurant Facility), Akses Destinasi (Destination Accessibility), Kesadaran Destinasi (Destination Awareness), Pembaruan destinasi (Destination Novelty), Citra Destinasi (Destination Image), Keamanan dan keselamtan (Safety and security), Hiburan dan peluang selain meeting (Entertainment and extra meeting opportunities), Kualitas dan Efisiensi Karyawan (Quality and Efficient of industry personnel), Pengaturan fisik dan sosial budaya (Physical and Socio Cultural Setting), Ekspektasi Cuaca  (Expected Weather), dan Keterjangkauan keseluruhan (Overall Affordability). hanya dua atribut yang tidak dipenuhi oleh Kawasan Taman Safari sebagai Destinasi Incentive yaitu Citra Destinasi (Destination Image) dan Pengaturan fisik dan sosial budaya (Physical and Socio Cultural Setting) 

 

Kata kunci: Perjalanan Insentif, Destinasi, Atraksi, Taman Safari

 

ABSTRACT

The success of Incentive Travel from the selection of destinations. This study aims to identify attributes of Incentive Destination on Safari Park area. This research uses a qualitative descriptive method with triangulation analysis by comparing various source. Data collection methods proposed in this study are pbservation, interviews, and documentation. Respondent from organizer who handle in incentive management and safari park management. The result in this research have been identified twelve of attributes incentive destination consisting of Accommodation, Restaurant Facility, Destination Accessibility, Destination Awareness, Destination Novelty, Destination Image, Safety and security, Entertainment and extra meeting opportunities, Quality and Efficient of industry personnel, Physical and Socio Cultural Setting, Expected Weather, and Overall Affordability. There are two attributes not covered by Safari Park area as  Incentive Destination are Destination Image and Physical and Socio Cultural Setting.

 

Keywords: Incentive Travel, Destination, Attraction, Safari Park



Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31311/par.v7i2.8647

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License