STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA JOLLONG DI KABUPATEN PATI

Remaylian Nurani, Wiludjeng Roessali, Titik Ekowati

Sari


ABSTRAK

 

Keberlanjutan bisnis agrowisata perlu dipertahankan dengan menciptakan strategi pengembangan guna mengatasi ketidakpastian jumlah pengunjung. Strategi yang disusun diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke Agrowisata Jollong. Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan strategi alternatif yang dapat diterapkan dalam pengembangan Agrowisata Jollong. Penelitian dilaksanakan pada Desember 2019 – Januari 2020 di Agrowisata Jollong dengan metode survei. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive dengan alasan bahwa Agrowisata Jollong menjadi salah satu objek wisata populer di Kabupaten Pati yang menawarkan konsep wisata alam dan edukasi.  Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 20 pengunjung Agrowisata Jollong, 3 orang perwakilan dari pengelola Agrowisata Jollong, 1 orang perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Pati, 1 orang perwakilan dari PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) IX dan Kepala Desa Sitiluhur, dipilih secara sengaja/purposive berdasarkan pertimbangan bahwa responden sampel penelitian berpengaruh terhadap perkembangan agrowisata dan paham dengan isi kuesioner. Metode analisis yang digunakan yaitu SWOT (Strength, Weakness, Opportunities and Threat). Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi Agrowisata Jollong berada pada kuadran I artinya memiliki posisi internal dan eksternal yang kuat sehingga perlu dipertahankan. Pemilihan alternatif strategi yang dapat diterapkan yaitu strategi S-O (Strength-Opportunities) dengan  menonjolkan konsep back to nature sebagai daya tarik wisatawan dan memanfaatkan dukungan pemerintah dalam membuat jalur penghubung antara lahan Kebun Jollong ke Kebun Jurang guna memudahkan akses kunjungan wisatawan ke Agrowisata Jollong.

 

Kata kunci: agrowisata, Jollong, strategi pengembangan, SWOT

 

ABSTRACT

 

The sustainability of the agro-tourism business needs to be maintained by creating a development strategy to overcome the uncertainty of the number of visitors. The strategy are formulated be expected to increase the number of visits to Jollong Agrotourism. The purpose of the research to make alternative strategies that can be applied in Jollong Agro-Tourism. The study was conducted in December 2019 - January 2020 in Jollong Agro Tourism, using survey method. The location of study was determined purposively based on Jollong Agro-tourism is one of the populer tourist object in Pati Regency that provided of nature and education learning concept. The sample used in the study were 20 visitors to Jollong Agro-Tourism, 3 representatives from management of Jollong Agro Tourism, 1 representative from Pati District Tourism Office, 1 representative from PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) IX and Head of Sitiluhur Village, were chosen purposively based on the consideration that the research sample respondents affected the development of agrotourism and understood contents of questionnaire. Analytical method used is SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threat). SWOT analysis results show that Jollong Agro Tourism position is in quadrant I which means it has a strong internal and external position so it needs to be maintained. Selection of alternative strategies that can be applied is S-O (Strength-Opportunities) strategy by highlighting concept of back to nature as a tourist attraction and utilizing government support in making connecting path between the Kebun Jollong to Kebun Jurang fields to access Jollong Agrotourism easier.

 

Keywords: agrotourism, Jollong, SWOT, the development strategy


Kata Kunci


agrowisata; Jollong; strategi pengembangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arioditha, G. dan Djuwendah, E. (2016). Analisis kepuasan pengunjung berkunjung ke agrowisata dengan konsep edufarming di PT. Jendela Alam Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian, 1(1), 1 – 94.

Departemen Pertanian Republik Indonesia. (2004). Agrowisata. http://database.pertanian.go.id/agrowisata/

Fazlur, R. (2019). Analisis tingkat kepuasan pengunjung Agrowisata Kolong Langit Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Disertasi. Universitas Andalas. Sumatera Barat.

Ismaya, R., Napitupulu, D. dan Malik, A. (2015). Analisis Strategi Pengembangan Agroindustri Sirup Kulit Manis di Kabupaten Kerinci. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 18(1), 43 – 53.

Karyono, H. (1997). Kepariwisataan. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indah.

Kemenparekraf. (2019). Siaran Pers: Menpar Tekankan Pentingnya Komitmen CEO untuk Jadikan Pariwisata Primadona Daerah. http://www.kemenparekraf.go.id/index.php/post/siaran-pers-menpar-tekankan-pentingnya-komitmen-ceo-untuk-jadikan-pariwisata-primadona-daerah

Patikab. (2009). Kecamatan Gembong. https://www.kecamatangembong.patikab.go.id.

PTPN IX. (2017). Agrowisata Jollong. https://ptpnix.co.id/jollong.

Rangkuti, F. (1997). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI (Edisi Pertama). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Setyorini, H., Effendi, M. dan Santoso, I. (2016). Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi dan Manajemen Agribisnis, 5(1), 46 – 53.

Suhalim, S. (2015). Aplikasi metode analisis SWOT untuk merumuskan strategi bersaing pada PT Berkat Karya Lestari. Agora, 3(2), 392 – 399.

Swastika, I. P. D., Budhi, M. K. S. dan Dewi, M. H. U. (2017). Analisis pengembangan agrowisata untuk kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6(12), 4103 – 4136.

Umar, H. (2003). Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Utama, I. G. B. R. dan Junaedi, I. W. R. (2019). Agrowisata sebagai Pariwisata Alternatif Indonesia: Solusi Masif Pengentasan Kemiskinan. Yogyakarta: Deepublish.

Zulkarnaen, H. O., dan Sutopo. (2013). Analisis strategi pemasaran pada Usaha Kecil Menengah (UKM) makanan ringan (Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo). Diponegoro Journal of Management, 2(3), 1 – 13.




DOI: https://doi.org/10.31311/par.v7i2.8206

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License