MEMPERTAHANKAN KUALITAS PRODUK DAN KULITAS PELAYANAN BARISTA DI SENJA COFFEE AND MEMORIES YOGYAKARTA

Syafnur Saputra, Emmita Devi Hari Putri, M. Fathurrahman Nurul Hakim

Sari


ABSTRAK

Perkembangan minuman coffee sangat menarik untuk di pelajari karena akan memberikan nilai ekonomi yang sangat tinggi, dalam serat centhini minuman coffee sudah ada di sebut dengan wedhang Kahwa dinikmati dengan gula batu atau gula siwalan, dalam perkembanganya pada masa penjajahan coffee menjadikan komoditas ekspor yang bernilai tinggi untuk perdangangan VOC, sehingga banyak sekali pembudidayaan tanaman coffee dengan berbagai  varian seperti Robusta, Arabica, Excelsa, dalam perkembanganya industry coffee mengalami pasang surut. Pada era milenial seperti sekarang minuman coffee sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan hidup banyak kedai-kedai yang mewarkan minuman ini dengan berbagai macam variannya serta tehnik pengolahannya salah satunya Senja Coffee Memories, diharapkan pelanggan yang menikmati coffee di tempat ini mempunyai kenangan yang terbaik dalam menikmati coffee dengan berbagai macam variannya. Penelitian ini mengunakan methode deskriptif kualitatif menggambarkan dari informasi tentang tempat penelitian. Metode pengumpulan data yang diusulkan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi literatur. Untuk mempertahankan kualitas produk dan pelayanan Barista di senja Coffee dan memories harus menjaga dan meningkatkan serta mengadakan pelatihan yang berkesinambungan untuk menjaga tampilan produk. Proses produksi dan konsistensi rasa di samping harus memiliki pribadi pelayanan prima didukung dengan penampilan diri yang terbaik sesuai dengan Standart Operasional Perusahaan.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Barista

ABSTRACT

In the development of coffee drinks is very interesting to learn because it will give a very high economic value, in the centhini books coffee drink is already called the Kahwa wedhang enjoyed with sugar cystal or siwalan sugar, in its development during the colonial period of coffee made high-value export commodities for VOC trade, so there is a lot of coffee plant cultivation with various variants such as Robusta, Arabica, Excelsa, in its development the coffee industry experiences ups and downs. In the millennial era like now coffee drinks have become a lifestyle and the necessities of life of many shops that deliver this drink with a variety of variants and processing techniques one of which is expected to be that customers who enjoy coffee at this place have the best memories of enjoying coffee with various kinds of variants. This study uses a qualitative descriptive method describing information about the research site. Data collection methods proposed in this study are interviews, observation and literature study.To maintain the quality of Barista's products and services at dusk, Coffee and memories must maintain and improve and hold ongoing training to maintain the appearance of the product, the production process and the consistency of taste in addition to having personal service excellence supported by the best personal appearance in accordance with the Company's Operational Standards.

Keyword: Product Quality, Service Quality, Barista


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badri, markoni.2011. pengaruh Dimensi kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan, Jurnal ilmiah orasi bisnis ke-VI

Baiquni, Sandy Yusta, Nuning Kurniasih dan Rully Khairul Anwar. 2015. Pertukaran informasi Oleh Oleh Mahasiswa Jurusan Ilmu Jurnalistik Melalui Media Kompasiana. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, III(1), 71-80. Diambil dari: https://jurnal.unpad.ac.id/jkip/article/view/9490

Brata, atep. 2013. Dasar-dasar Pelayanan Prima, Jakarta, Gramedia

Derianto, Panji Septian dan Yuliana Pinaringsing Kristiutama. 2015. Standar Operasional Prosedur Room Service Amarossa Hotel Bandung. Jurnal Pariwisata, II (1), 19-20. Diambil dari: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/259/282

Irawan. 2007. 10 prinsip kepuasan pelanggan, Yogyakarta, Elex Media Komputindo

Kotler, keller. 2013. Manajemen pemasaran, Jakarta Erlangga

Perfecto, Ivette dan John Vandermeeter. 2015. Coffee Agroecology: A New Approach to Understanding Biodiversity, Ecosystem Services, and Sustainable Development. Routledge.

Prastowo, Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahardjo, Pudji. 2017. Berkebun Kopi. Jakarta: Media Kita.

Rahman, Lutfi dan Emmita Devi Hari Putri. 2019. Upaya Meningkatkan Kinerja Barista Untuk mengurangi Keluhan Tamu di Rock Gilis Coffee Lombok. Jurnal Khasanah Ilmu, X(1)

Raimond, Feil. 2016. Coffee Roasting Made Simple. California: Coffee Roasting Book.

Rukmana, Rahmat. (2015) Agribisnis Kopi, Yogyakarta, Andi

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung Alfabeta

Sulistyo.2005. Kamus istilah kearsipan, Yogyakarta, Kanisius

Wijayanti, Ani, Janianto Damanik Chafid Fandeli dan Sudarmadji. 2017. Upaya Mewujudkan Peran Edukasi Melalui Budaya Berfikir Di Museum Biologi Yogyakarta, III (1), 83. Diambil dari http://khasanah.web.id/jurnal/index.php/khasanah/article/view/20

Yahya, Manshur. 2015) Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Barista Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Kopi Espresso Bar Solo. Jurnal Keguruan dan Ilmu pendidikan, II(4), 11-13. Diambil dari: https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2c5&q=dgs_qabs3dCpp

https://majalah.ottencoffee.co.id/sekilas-tentang-barista/ di unduh tanggal 18 April 2020




DOI: https://doi.org/10.31311/par.v7i1.8137

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License