PENGARUH ATRIBUT PRODUK WISATA, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE OBYEK WISATA BRUJUL ADVENTURE PARK KEBUMEN

Siti nur azizah

Sari


This research aims to test the effect of tourism product attributs, electronic word of mouth and promotion of tourist decision to visiting tourist attraction Brujul Adventure Park Kebumen. This research is motivated by a  in the increasing number of tourists who visited that attraction Brujul Adventure Park (BAP) Kebumen.

The collection of data by using a questionnaires with a number of samples 100 respondents who visited attraction Brujul Adventure Park (BAP) and find out Brujul Adventure Park (BAP) information via internet. This research method, using the technique of non-probability sampling with purposive sampling method. Data obtained from questionnaires, then processed and analyzed using multiple linear regression analysis through the SPSS 23 software.

The result of this research shows that independent variables the tourism product attributs, and electronic word of mouth has a positive and significant effect on the dependent variable that is the decision to visit by using t test. While the attributes of tourism products have no significant effect on the decision of visiting by using t test. Then through f test shows that the three independent variables are proper to examine the dependent variable. Adjusted R Square of 0,683 shows that the independent variables can explain 68,3% the dependent variable that is decision to visit, while the remaining 31,7% is explained by other variables outside of variable that used in this research.


Kata Kunci


tourism product attributes, electronic word of mouth, promotion and the decision to visit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fitroh, A.K.S dkk. 2017. “Pengaruh atraksi wisata dan motivasi wisatawan terhadap keputusan berkunjung (Survei pada pengunjung wisata Alam Kawah Ijen)”. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 42 Nomor 2. Surabaya. Universitas Brawijaya.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Multivariate dengan Menggunakan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hadi, Sutrisno. 2004. Metode penelitian Administrasi Untuk Ekonomi dan Bisnis. Edisi ke 1. Yogyakarta: BPFE.

Hapsari, Retno N dkk. 2014.”Pengaruh atribut produk wisata dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan berkunjung pada obyek wisata umbul sidomukti Kabupaten Semarang”. Jurnal Imu Administrasi Bisnis, Volume 3 Nomor 4. Diambil 24 Oktokber 2017 dari layanan_eresources@perpusnas.go.id.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid Pertama Edisi Ke delapan. Jakarta:Erlangga.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. (Edisi Kesebelas Jilid 1). Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip & Ketler, K.L. 2009. Manajemen Pemasaran (Edisi 13. Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Mayasari, Widyamuna dkk. 2016. “Pengaruh atibut produk wisata dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung pada objek wisata taman margasatwa Semarang”. Jurnal Administrasi Bisnis.ac.id.

Mustikasari, Ati pada. 2016. “Pengaruh E-WOM Terhadap keputusan berkunjung ke tempat wisata di kota Bandung”. Jurnal Manajemen Indonesia, Volume 16 Nomor 1.

Priyanto, Rizky. 2016. “Pengaruh produk wisata, destination image, dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung (Studi kasus pada pengunjung objek wisata goa kreo semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Volume 5 Nomor 1. Semarang: E-prints UNDIP.

Semuel, H dan Lianto, A. S. 2014. “Analisis Ewom, Brand Image, Brand Trust Dan Minat Beli Produk Smartphone Di Surabaya”. Jurnal Manajemen Pemasaran, Volume 8 Nomor 2. Diambil 17 Februari dari database Petra.ac.id

Schiffman, Leon dan Lesslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Diterjemahkan oleh Drs. Zoelkifli Kasip Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Indeks.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Kencana: Jakarta.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Bisnus. Alfabeta: Bandung.

Sutopo, Surgawi I. 2016. “Analisis pengaruh produk wisata, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan wisatawan dalam mengunjungi objek wisata (Studi pada wisata puri maerokoco kota Semarang)”. Volume 5, Nomor 4,Tahun 2016, Halaman 1-10

Tjiptiono, Fandy Ph,D. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptiono, Fandy Ph,D. 2014. Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan dan Penelitian. ANDI OFFSEt: Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v6i1.4614

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License