Potensi Pasar Melalui Penilaian Karakteristik Wisatawan Jawa Barat

Yudi Aziz, Rita Komaladewi, Deru R Indika, Aldina Shiratina, Bayu Perisha

Sari


Sektor pariwisata diIndonesia perkembangannya sangat pesat. Adapun potensi pariwisata di provinsi Jawa Barat sangatlah besar walaupun terdapat dugaan potensi tersebut perlu digali secara optimal. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, penilaian karakteristik wisatawan dengan memahami dan memasuki pasar wisatawan global, dan memperluas sumber pasar wisatawan Jawa Barat (ekspansi pasar wisatawan), serta mengungkap potensi pasar dengan memetakan perubahan eksternal, mengetahui peluang dan tantangan, serta mengantisipasi pesaing pariwisata Jawa Barat, sebagai dasar dalam pengambilan strategi promosi pariwisata Jawa Barat. Kajian literatur menggunakan teori pemasaran wisata dan perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan metode penarikan sampel yaitu dengan metode cluster dengan perolehan data kualitatif. Dan didapat hasil bahwa penentuan target cenderung target utama dengan segmen wisatawan backpacker dan leisure, untuk target kedua lebih kepada segmen wisatawan family, untuk target ketiga lebih fokus kepada segmen wisatawan business. Serta strategi positioning dapat disesuaikan dengan karakteristiknya target pasar tersebut untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan kepuasan wisatawan, yaitu dapat melalui investasi website pariwisata Jawa Barat, strategi “power of review”.


Kata Kunci


Pemasaran Pariwisata, Segmentting, Targetting, Positioning, Perilaku Konsumen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Collis, J, David. And Montgomery. A. Chyntia. 2005. Corporate Strategy: A Resource-Based Aproach. 2md ed. Boston : McGraw-Hill.

Harun, Rochajat. 2012. Sosial Budaya dan Sejarah Jawa Barat Sebagai Daya Tarik Wisata. http://www.bbpp-lembang.info/index.php/en/arsip/artikel-umum/134-sosbud-jabar.

Keller and Kevin Lane, Sww Hoon Ang, Siew Meng Leong, and Chin Tiong Tan. 2009. Marketing Management: An Asian Perspective. 5th Edition. Singapore: Pearson Education South Asia.

Keller and Kevin Lane. 2012. Marketing Management Management : Analysis, Planning, Implementation, and Control. 14th edition. Englewood Cliffs: Prentice Hall International, Inc. A Divison of Simon & Scuster.

Middleton Victor, and Clarke, Jackie R. 2001. Marketing in Travel and Tourism. 3th Edition, Butterworth/Heinemann.

Mill, Christie, Robert and Morrison, M. Alastair. 2002. The Tourism. Sytsem.4th Edition. Kendall/Hunt.

Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor : 42 Tahun 2011, tertanggal 27 Juli 2011, tentang SUSUNAN ORGANISASI DAN TATA KERJA BADAN PROMOSI PARIWISATA JAWA BARAT (BPPD-JB).

Prahalad, C. K. and Hamel, Gary. 1990. The Core Competence of the Corporation. Harvard Business Review, vol.68, no.3 May-June 1990, pp.79-91. Available at SSRN : http://ssrn.com/abstract=1505251.

Severin, Werner. J & T Tankard, James W.,JR. (2005). Teori Komunikasi : Sejarah, metode, dan terapan di dalam media massa. Jakarta : Kencana.

Smith, J, Brock and Colgate, mark. 2007. Customer Value Creation : A Practical Framework. Journal of Marketing Theory and Practice ; Winter 2007; 15,1;Abi/inform Global pg.7.

Sumarwan, Ujang, 2011, Perilaku Konsumen.

Undang-Undang Nomor 10/2009, tentang Kepariwisataan Indonesia

Yoeti, Oka. 2008. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Pradnya Paramita, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v5i3.4461

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License