MEMBANGUN PENGALAMAN POSITIF SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN KEPUASAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA LEDOK SAMBI

Wisnu Hadi, Atun Yulianto, Yulianto -, Lina Ayu Safitri

Sari


ABSTRAK

 

Setiap kunjungan wisatawan menghasilkan pengalaman positif, yang mencakup aspek fisik seperti keindahan alam dan kenyamanan akomodasi serta interaksi emosional yang tercipta selama kunjungan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kepuasaan wisatawan dari pengalaman positif yang didapat para wisatawan berkunjung di Ledok Sambi Sleman Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, studi literatur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 44% pengunjung menyatakan mereka akan membicarakan pengalaman positif mereka selama di Ledok Sambi kepada orang lain, dan 44% lainnya menilai hal tersebut baik. Penilaian terhadap fasilitas dan pelayanan menunjukkan bahwa 48% responden menilai sangat baik, 32% menilai baik, dan 20% menilai cukup baik. Citra obyek wisata yang meliputi  rasa aman, nyaman, keramahtamahan, kebersihan, harga tiket masuk dan makanan yang terjangkau yang menjadi bagian dari pengalaman positif wisatawan. Selain itu data 44% pengunjung akan membicarakan pengalaman positif mereka selama di Ledok Sambi kepada orang lain, dan 44% lainnya menilai hal tersebut baik. Namun, terdapat 4% pengunjung merasa cukup baik dan hanya 8% yang merasa kurang baik mengenai pengalaman selama berwisata. Pengalaman positif sebagai strategi untuk meningkatkan kepuasan wisatawan yang berkunjung di Ledok Sambi, menunjukkan bahwa pengelola wisata telah berhasil memberikan pelayanan yang baik dalam hal fasilitas, atraksi, aksesibilitas, dan citra destinasi.

Kata Kunci : Pengalaman Positif, Kepuasan, Wisatawan

 

ABSTRACT 

Every tourist visit produces a positive experience, which includes physical aspects such as natural beauty and accommodation comfort, as well as emotional interactions created during the visit. This research aims to understand tourist satisfaction from the positive experiences obtained by tourists visiting Ledok Sambi, Sleman, Yogyakarta. The method used is qualitative data analysis with data collection through questionnaires, observations, literature studies, and documentation. The results show that 44% of visitors stated that they would share their positive experiences during their time at Ledok Sambi with others, and another 44% rated this as good. Evaluations of facilities and services indicate that 48% of respondents rated them as very good, 32% rated them as good, and 20% rated them as satisfactory. The image of the tourist attraction, which includes feelings of safety, comfort, hospitality, cleanliness, and affordable ticket prices and food, is part of the tourists' positive experience. Additionally, data shows that 44% of visitors would discuss their positive experiences at Ledok Sambi with others, and another 44% rated it as good. However, 4% of visitors felt it was satisfactory, and only 8% felt it was not good regarding their experience during the visit. Positive experiences serve as a strategy to enhance tourist satisfaction for those visiting Ledok Sambi, indicating that tourism managers have successfully provided good service in terms of facilities, attractions, accessibility, and destination image.

 

Keyword: Positive Experience, Satisfaction, Tourists


Kata Kunci


Pengalaman Positif, Kepuasaan, Wisatawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. Undang-Undang Republik Indonesia, No. 10 Tahun 2009, Kepariwisataan.

Andi Prastowo,(2011). Memahami Metode Penelitian.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitriana, Rina dan Sarmadi, Kiki Amalia.(2019). Pengaruh Daya Tarik Taman Potret Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal IKRA-ITH Humaniora Vol 3 No 3 Bulan November 2019. Hal : 155-162.

Girsang, Meyga Kristina., dkk (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung Ke Taman Bunga Sapo Juma Tongging Karo. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB). Volume 22 Nomor 2, September 2022. Hal : 399-413.

Husna, Faizah Khotimatul. (2022). Analisis dampak sektor pariwisata bagi perekonomian warga sekitar kawasan Wisata Siblarak Polanharjo Kabupaten Klaten. Journal of Economics Research and Policy Studies, Volumen 2 No. 2 Tahun 2022, Hal : 104-117.

Jayadi,dkk.(2017). Karakteristik Dan Motivasi Wisatawan Berkunjung Ke Pantai Green Bowl, Ungasan, Kuta Selatan, Bali. Jurnal Analisis Pariwisata. Vol. 17 No. 2, 2017.Hal 69-77. ISSN : 1410 – 3729 .

Limantoro Lim, Florin,. dkk(2021). Meningkatkan Kualitas Pengalaman Wisatawan Dengan Pelayanan Kepemanduan Dan Penerapan Protokol Kesehatan Di Desa Wisata Nglanggeran – Studi Pendahuluan. Undergraduate Conference on Language, Literature, and Culture (UNCLLE) Vol. 1 No. 1, April 2021 e-ISSN: 2798-7302. Hal : 45-64.

Samtono, dkk(2021). Strategi peningkatankepuasan Pengunjung Obyek Wisata Bukitcinta Banyubirukabupaten Semarang. Jurnal Media Wisata, Volume 19, Nomor1,Mei 2021. Hal 110-118

Wardiyanta(2006). Metode Penelitian Pariwisata, Yogyakarta : CV. Andi. Offset

Yanti, D. (2018). Pemanfaatan Web Blog sebagai Media Distribusi Informasi Pariwisata. Jurnal Darma Agung, Volume 26 No.1 Agustus 20218 Hal: 600–605.




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v12i1.25206

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License