PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA DI DESA PERKEBUNAN BUKIT LAWANG
Sari
ABSTRACT
Social media has entered various aspects of people's lives, including influencing tourists in carrying out tourism activities in Perkebunan Bukit Lawang Village. The purpose of this study is to determine the role of social media in promoting tourism in Perkebunan Bukit Lawang Village, as well as to formulate efforts to optimize social media as a means of tourism promotion. This study uses a descriptive qualitative method by taking primary data in the form of observations and interviews with several tourism management involved in Perkebunan Bukit Lawang Village. Meanwhile, secondary data is in the form of village report documents for 2023. The results of the study show that the role of social media in promoting tourism in Perkebunan Bukit Lawang Village can be grouped into three major groups, namely social media is used as a tool for planning tourist trips, social media is used as a tool assistance during the tour, and social media is used as an evaluation tool for the tour that has been carried out. To optimize the role of social media in promoting tourism, management of tpurism in bukit lawang is needed regarding skills and knowledge in developing digital marketing strategi
Keywords: Social Media, Tourism Promotion, Bukit Lawang
ABSTRAK
Media sosial telah memasuki berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk mempengaruhi wisatawan dalam melakukan aktivitas wisata di Desa Perkebunan Bukit Lawang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media sosial dalam mempromosikan pariwisata di Desa Perkebunan Bukit Lawang, serta merumuskan upaya optimalisasi media sosial sebagai sarana promosi pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengambil data primer berupa observasi dan wawancara terhadap beberapa pelaku wisata yang terlibat di Desa Perkebunan Bukit Lawang. Sedangkan data sekunder berupa dokumen laporan desa tahun 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media sosial dalam mempromosikan pariwisata di Desa Perkebunan Bukit Lawang dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar, yaitu media sosial digunakan sebagai alat perencanaan perjalanan wisata di Desa Perkebunan Bukit Lawang, media sosial digunakan sebagai alat pendampingan selama berwisata, dan media sosial digunakan sebagai alat evaluasi terhadap wisata yang telah dilaksanakan di Desa Perkebunan Bukit Lawang. Untuk mengoptimalkan peran media sosial dalam mempromosikan pariwisata, diperlukan pelatihan SDM mengenai keterampilan dan pengetahuan dalam mengembangkan strategi pemasaran digital terutama dengan menggunakan social media sesuai strategi yang telah disarankan.
Kata Kunci: Media Sosial, Promosi Pariwisata, Bukit Lawang
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anang Sugeng, C. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik: Universitas Tulungagung, 9(1), 140-157.
Burhan, B. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Dwyer, L., & Kim, C. W. 2003. Destination Competitiveness: Determinants adn Indicators. Current Issues in Tourism.
Fatimah, S., & Mukarramah, S. K. (2023). Pendampingan Pengembangan Pemasaran Digital di Desa Wisata Rinding Allo. Jurnal IPMAS, 3(3), 165–173. https://doi.org/10.54065/ipmas.3.3.2023.360
Karmila, K., & Ardan, T. (2022). Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Dalam Upaya Promosi Desa Wisata Curugagung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 447-454. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i2.369
Suryadinatha Gorda, A. A. N. O. ., Widya Hadi Saputra, W. H. S., & Yunita Anggreswari, N. P. (2020). Komunikasi Pemasaran Pariwisata Berbasis Digital (Studi pada Desa Sambangan Kabupaten Buleleng) . Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.37329/ganaya.v3i1.418
Yanti, D., Sibarani, R. ., Purwoko, A., & Emrizal, E. (2022). The Information and Communication Technology (ICT) Literacy of Local Community in Tourism Village of Karo Regency, Indonesia. International Journal of Advances in Social Sciences and Humanities, 1(3), 172–178. https://doi.org/10.56225/ijassh.v1i3.55
Yanti, Dewi., et al (2022). Short Videos & Social Media Algorithms : Effective Communication in Tourism Marketing, 1(2) https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.585
Yanti, Dewi., et al (2022). The implementation of smart village in the development of denai lama tourism village, Deli serdang
Hamzah, Y. I. 2013. Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 8(3), 1-9.
Hanifah, R. D. 2019. The Influence of Instagram Travel Influencer on Visiting Decision of Tourist Destination for Generation Y. 235-247. Retrieved from http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/Proceeding/article/download/1 286/136.
I, Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Pitana, I. Gede, Diarta, I, Ketut Surya. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi.
Sugiarto. 2015. Metodologi Penelitian Hospitaliti dan Pariwisata. Tangerang: Matana Publishing Utama.
Umami, Z. 2015. Social Strategy pada Media Sosial untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. 4(20), 195-201. https://doi.org/10.14710/interaksi,4,4,195-201.
Yoeti, Oka A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.
Yusuf, M. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Yulianto, Atun & Brahmanto, E. 2023. Favorite Photo Spot for Models of Tourist Destinations and Trends for Tourist Selfies in Special Region of Yogyakarta. Trisakti Institute of Tourism : Tourism Research Journal, Vol 7 No 1 (2023). p. 51-66. https://doi.org/10.30647/trj.v7i1.206
DOI: https://doi.org/10.31294/par.v11i1.21228