Pengaruh Iklan Dan Harga Dalam Meningkatklan Tingkat Hunian Kamar Hotel Sutan Raja Hotel Dan Convention Centre Kabupaten Bandung

Ani Solihat, Heri Hamzah, Eli Susana

Sari


ABSTRAK

Sutan Raja Hotel and Convention Centre Kabupaten Bandung diklasifikasikan sebagai hotel bintang empat karena memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan merupakan salah satu hotel unggulan di Kabupaten Bandung. Dengan semua fasilitasnya dan keunggulan yang dimiliki Sutan Raja Hotel and Convention Centre Kabupaten Bandung, tentunya hotel ini perlu melakukan strategi promosi yang baik guna memperkenalkan produknya agar bisa bersaing dengan hotel-hotel lain yang ada di Kabupaten Bandung. Sutan Raja Hotel and Convention Centre Kabupaten Bandung  menggunakan media internet untuk melakukan kegiatan promosinya terhadap jasa yang mereka tawarkan serta pada penjualan jasa akomodasi yaitu perhotelan, meningkatnya tingkat hunian kamar tidak hanya tergantung pada promosi yang dilakukan perusahaan tetapi juga tergantung pada layanan kebijakan harga yang diberikan, misalnya berupa potongan harga. Variabel terdiri dari independen iklan (X1) dan harga (X2) terhadap variabel dependen tingkat hunian kamar (Y). Metode menggunakan  analisis regresi dengan populasi adalah jumlah penginap dari bulan januari 2015 sampai dengan bulan Desember 2015 dengan sempel berjumlah 100 responden yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian terlihat bahwa variabel iklan (X1) berpengaruh signifikan terhadap tingkat hunian kamar (Y) sebesar 0,258 variabel harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap tingkat hunian kamar (Y) sebesar 0,295. Pada uji F terlihat bahwa kualitas iklan dan harga, berpengaruh signifikan secara simultan terhadap tingkat hunian kamar sebesar 13,172. Pada analisis koefisien determinasi terlihat bahwa besarnya hubungan iklan dan harga terhadap tingkat hunian kamar adalah 21,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Iklan, Harga, Tingkat Hunian Kamar

 

ABSTRACT

Sutan Raja Hotel and Convention Centre Bandung regency is classified as a four star hotel because it has a fairly complete facilities and is one of the featured hotels in Bandung regency. With all the amenities and advantages of the Sutan Raja Hotel and Convention Centre Bandung District, this hotel certainly need to do a good promotion strategy to introduce products that can compete with other hotels in Bandung regency. Sutan Raja Hotel and Convention Centre Bandung Regency uses the internet to carry out promotional activities to the services they offer as well as the sale of accommodation services, namely hospitality, increasing occupancy rate depends not only on the sale of the company but also depends on the service policy of a given price, for example in the form of a rebate. The variable is composed of independent advertising (X1) and the price (X2) on the dependent variable occupancy rate (Y). Methods used regression analysis to the population is the number of sleepovers from January 2015 to December 2015 with a sample of 100 respondents drawn amounted use for Simple random sampling technique. The research result shows that the advertising variables (X1) significantly affects the occupancy rate (Y) amounted to 0.258 price variable (X2) significantly affects the occupancy rate (Y) of 0.295. In the F test seen that ad quality and price, the simultaneous significant effect on the level of occupancy at 13.172. On the coefficient of determination analysis shows that the magnitude of the relationship between advertising and the price of the room occupancy rate was 21.4% and the rest influenced by other variables that are not proposed in this study.

Keywords: Advertising, Price, Room Occupancy Rate

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andy Offset

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, (2012). Marketing Managemen. Edisi 14. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Subagyo. (2010). Marketing In Busisness. edisi I. Jakarta: Mitra Wacana Media

Paul Peter, J dan Jemes H Donnely. (2010). Marketing Managemen. Edisi 10. New York :McGraw-Hill

Moriarty, Sandra., Nancy Mitchell., dan William Wells. (2011). Advertising. Edisi kedelapan. Jakarta: Kencana

Sufren., dan Natanael, Y. (2014). Belajar Otodidak SPSS Pasti. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Yulianto Atun, Analisis Faktor-Faktor Pertumbuhan Keuangan Hotel Menggunakan Metode Analisis Statis dan Dinamis (Studi Kasus : PT Hotel Mandarine Regency Tbk), Khasanah Ilmu, Vol. III No.1 Maret 2012. ISSN 2087-0086

Z Zulkarnain. (2016) Pengaruh Harga Kamar Terhadap Tingkat Hunian pada Hotel Karya Tapin 1 di Tenggarong. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, ejurnal.unikarta.ac.id

http://www.bandungkab.go.id

http://www.sutanrajasoreanghotel.com

http://www.kabarindonesia.com




DOI: https://doi.org/10.31311/par.v4i2.2112

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License