PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI TAMAN LITERASI MARTHA CHRISTINA TIAHAHU

Cindy Damayanti, Fetty Nurmala Rossi, Mochamad Amboro Alfianto

Sari


ABSTRAK

 

Kepuasan wisatawan merupakan hal yang penting bagi sebuah usaha bisnis wisata, dan kepuasan bisa didapatkan jika pengunjung mendapatkan pengalaman yang berkesan ketika berkunjung ke atraksi wisata. Oleh karena itu perlu adanya upaya strategi marketing melalui experiential marketing agar pengunjung mendapatkan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan wisatawan di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang datang ke Taman Literasi Martha Christina Tiahahu dengan sampel berjumlah 100 responden. Metode pengumpulan data dengan melakukan observasi dan menyebarkan kuesioner berdasarkan skala likert 1 sampai 4. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Taman Literasi Martha Christina Tiahahu memiliki pengalaman yang diperoleh wisatawan dengan panca Indera, kualitas pelayanan yang diberikan oleh pengelola, serta kegiatan edukasi menarik, sehingga dapat menciptakan kepuasan karena memberikan pengalaman yang bermakana dan berkesan. Hal tersebut menunjukkan bahwa Taman Literasi Martha Christina Tiahahu telah berhasil menciptakan lingkungan yang menarik dan interaktif bagi masyarakat.

 

Kata Kunci : Experiential marketing, Kepuasan Wisatawan, Wisata Literasi

 

 

ABSTRACT

 

Tourist satisfaction is essential for business tourism, and it can happen if tourists have a memorable experience when visiting a tourist attraction. Therefore, there is a need for marketing strategy efforts through experiential marketing so that visitors get satisfaction. This study analyzes how experiential marketing influences tourist satisfaction at Martha Christina Tiahahu Literacy Park. This type of research is quantitative descriptive using multiple linear regression analysis. The population in this study were all visitors who came to Martha Christina Tiahahu Literacy Park, with a sample of 100 respondents. The data collection method is observing and distributing questionnaires based on a Likert scale of 1 to 4. The sampling technique uses purposive sampling. The results of this study show that experiential marketing has a significant effect on tourist satisfaction. The Martha Christina Tiahahu Literacy Park has the experience that tourists gain with the five senses, the quality of service provided by the management, and engaging educational activities, which can create satisfaction because it allows for a meaningful and memorable experience. It shows that Martha Christina Tiahahu Literacy Park has successfully created an exciting and interactive environment for the community.

 

Keywords : Experiential Marketing, Tourist Satisfaction, Urban Tourism

 


Kata Kunci


Experiential marketing, Kepuasan Wisatawan, Wisata Literasi

Referensi


Andreani, Fransisca. (2007). (Sebuah Pendekatan Pemasaran). Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 2, No. 1, hal, 1-8.

Christiany, P., & Megawati, A. (2016). Analisis Terhadap Kepuasan Konsumen Vip Club Di Sheraton Hotel Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 4(1), 304-320

Husba, Z. M., Husba, D. P. S., Djo, M. C., Aqmarina, A. S. F., Sahih, A., Lutfi, M., Alzadiman, R., Izza, H., Haris, S., Wulandari, I. W., Aprina, W., Ena, A., & Gani, S. (2018). Remaja, literasi, dan penguatan karakter (Nomor 0401). Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara.

Istania Widayati Hidayati, Nurodin Usman, (2020). Peningkatan Minat Baca Masyarakat Melalui Wisata Literasi. Jurnal BERDIKARI Vol.8 No.1 Februari 2020 pp. 59-64.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 2.

Lin, K. M., Chang, C. M., Lin, Z. P., Tseng, M. L., & Lan, L. W. (2009). Application of Strategy To iIdentify Factors Affecting Guests’ Leisure Behaviour in Taiwan Hot-Dpring Hotel. WSEAS Transactions on Business and Economics, 6(5), 229- 240

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi, 3rd edn, Salemba Empat. Jakarta

Prasetyo, H., & Rini, H. P. (2021). Meningkatkan Keterampilan Literasi Informasi Masyarakat Melalui Program Wisata Literasi. Baca: Jurnal Dokumentasi dan Indormasi, 42(2), 277-286

Schmitt, B.H., (1999). : How To Get Customers To Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands. New York: The Free Press

Smilansky, S. (2017). : A practical guide to interactive brand experiences. Kogan Page Publishers

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suwena, I Ketut,. Widyatmaja, I Gst Ngr. (2010). Pengetahuan dasar Ilmu Pariwisata. Cetakan pertama. Udayana University Press.

Tetanoe, V. R. (2014). Pengaruh Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening Di Breadtalk Surabaya Town Square. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-12.

Tjiptono, Fandi. (2014). Pemasaran Strategik, Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.

Wu, M. Y., & Tseng, L. H. (2014). Customer Satisfaction And Loyalty In An Online Shop : An Perspective. International Journal Of Business And Management, 10(1), 44–60.

Yang, C. Y. (2009). The Study of Repurchase Intentions in -An Empirical Study of The Franchise Restaurant. International Journal of Organizational Innovation, 2(2).

Zena, P. A., & Hadisumarto, A. D. (2013). The Study of Relationship among , Service Quality, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty. ASEAN Marketing Journal, 4(1), 37–46.




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v11i1.19196

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License